DFSK Glory i-Auto, SUV Cerdas Yang Mengerti Perintah Suara

DFSK Glory i-Auto

Indomoto.com – Pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung di ICE BSD City Tangerang, 18 – 28 Juli 2019, dimanfaatkan oleh PT Sokonindo Automobile (DFSK Indonesia) untuk memperkenalkan mobil cerdas mereka, Glory i-Auto.

SUV ini disebut mobil cerdas karena memiliki banyak fitur canggih yang serba otomatis. Di antaranya fitur autolights yang dapat menyalakan lampu depan secara otomatis saat kondisi sekiatar gelap. Selain itu mobil ini juga dilengkapi fitur auto wiper yang otomatis menyala saat hujan.

Fitur cerdas lain yang disematkan pada mobil ini sistem kamera parkir 360°, serta sensor parkir depan belakang, dan tentu saja fitur andalannya, i-Talk, di mana pengemudi dan penumpang dapat mengoperasikan berbagai fungsi elektronik di dalam mobil hanya dengan perintah suara (voice command).

Terdapat lima kategori perintah suara yang dipahami oleh teknologi i-Talk ini, yaitu untuk fungsi mobil, multimedia, menjawab panggilan, navigasi suara dan Bluetooth. Mobil ini dapat menjalankan perintah suara seperti: “Open Sunroof“, “Close Window“, “Turn On GPS“, dan lain-lain.

Saat ini sistem i-Talk hanya diprogram untuk mengolah perintah suara dalam bahasa Inggris, namun pihak DFSK pada talkshow di GIIAS (Kamis, 25/07/2019) menyatakan bahwa tidak menutup kemungkinan pada perkembangannya nanti i-Talk juga dapat mengerti perintah suara dalam bahasa Indonesia.

Eksterior DFSK Glory i-Auto

Secara sekilas, penampilan DFSK Glory i-Auto memang mirip dengan DFSK Glory 580 yang telah mengaspal lebih dahulu. Namun pihak DFSK menyatakan bahwa Glory i-Auto ini adalah produk yang sama sekali baru, jadi bukan merupakan upgrade dari Glory 580.

Setidaknya ada 20 perbedaan antara kedua mobil tersebut, termasuk engine dan perangkat elektroniknya, sehingga tidak ada opsi bagi pemilik Glory 580 untuk meng-upgrade mobilnya menjadi Glory i-Auto.

Tampak depan, DFSK Glory i-Auto terlihat modern dengan lampu utama Elevated Eagle Eye Shaped yang tajam. LED Daytime Running Lights (DRL) dan Fog Lamps tampil manis dan sangat menyatu dengan garis bodi dan grills yang futuristik.

DFSK Glory i-Auto tampak samping

Tampak samping, SUV ini berkesan sporty dan kokoh. Apalagi dengan pelek palang dengan diameter 18 inci yang tidak dimiliki SUV lain di kelasnya.

Tampak belakang, lampu belakang dengan hammer shaped LED tampil keren. Lampu ini tampak semakin manis ketika sequential turn signal dinyalakan. Meskipun mobil ini hanya memiliki satu ujung knalpot pada bagian kiri belakang, tapi terdapat ornamen chrome pada bagian kanan, sehingga mengesankan mobil ini punya dua buah knalpot.

Interior DFSK Glory i-Auto

Bagian dalam DFSK Glory i-Auto terlihat sangat modern dan elegan dengan material soft touch pada setiap panelnya. Begitu masuk ke dalam kabin, Smart Screen berukuran 9 inch menjadi salah satu poin yang sangat menarik perhatian. Tak cuma mampu menghadirkan berbagai hiburan audio dan video, tapi smart screen ini juga dapat menampilakn berbagai informasi penting seperti GPS Navigation, Mirroring Smartphone (iOS dan Android), serta display kamera belakang untuk memudahkan parkir.

stang kemudi DFSK Glory i-Auto

Duduk di belakang kemudi terasa cukup lega, joknya yang berbahan kulit membuat semakin nyaman. Setir kemudi berpalang tiga dengan balutan bahan kulit terasa lembut digenggam. Beberapa tombol praktis tersemat pada kedua sisi kemudi, sehingga pengemudi dapat melakukan aktivitas seperti pengaturan audio tanpa perlu melepas kemudi.

jok di baris kedua juga juga memiliki pengaturan maju-mundur yang membuat duduk menjadi nyaman. Uniknya di sini ada sandaran siku yang juga berfungsi sebagai tatakan botol atau gelas.

Seperti halnya Glory series yang lain, jok belakang belakang dapat dilipat dengan rata, sehingga bagasi menjadi cukup luas untuk mengangkut barang-barang bawaan.

Panoramic sunroof membuat bagian dalam SUV ini tampak semakin mewah.

Performa DFSK Glory 560

DFSK Glory i-Auto mengusung engine 1.5 L Turbocharged yang sama dengan Glory 580, tapi dengan CVT generasi terbaru yang menawarkan performa lebih halus dan responsif. Engine 4 silinder ini mampu memuntahan tenaga hingga 148,5 Hp (150 Ps) pada 5.600 rpm dan torsi maksimum 220 Nm yang diraih di putaran 1800 – 4000 rpm.

Pencapaian torsi maksimal di putaran rendah seperti ini tentu membuat SUV ini sangat nyaman untuk stop-and-go pada kemacetan atau kondisi jalan yang kurang bagus.

Menurut pihak DFSK mengakui bahwa ajang GIIAS ini hanya mereka gunakan untuk memperkenalkan DFSK Glory i-Auto sekaligus menampung berbagai masukan dari calon konsumen mengenai fitur dan harganya. Sedangkan peluncuran resminya baru akan dilakukan pada kuartal keempat 2019 mendatang.

Gosipnya, DFSK Glory i-Auto bakal dijual dengan harga di bawah 250 juta rupiah. Wow, sangat menarik!

Tuliskan komentarmu

%d bloggers like this: