Rafid Topan Juara Race 1 AP250 ARRC Thailand, Mario Crash Ditabrak Pembalap Cewek

Rafid Topan juara race 1 AP250 ARRC Buriram Thailand

Indomoto.com – Rafid Topan Sucipto berhasil menjuarai race 1 kelas Asia Production 250cc (AP250), Asia Road Racing Championship (ARRC) Buriram, Thailand. Disusul Ahwin Sanjaya di podium kedua, dan pembalap tuan rumah, Muklada Sarapuech di podium ketiga.

Race berlangsung seru sejak start. Sekitar 5 pembalap terdepan saling meng-overtake, hingga akhirnya terjadi insiden di tikungan terakhir menjelang garis finish.

Pembalap cewek, Muklada berusaha masuk melalui sisi dalam, sayangnya dia malah menyeret rekan teamnya, Kritchaporn ke gravel. Setelah menubruk bagian belakang Ahwin, Muklada berusaha kembali ke jalur tengah, tapi dia memotong jalur Mario Suryo Aji, sehingga “super” Mario terjatuh (lihat video singk di bawah).

Pembalap Astra Honda Motor Racing Team (AHRT), Rheza Danica yang telah mengunci gelar juara umum di kelas ini, finish di posisi ke-5. Sedangkan pembalap Yamaha Racing Indonesia, Galang Hendra yang menggantikan Faeroz finish di posisi ke-8.



“Saya mencatat hasil cukup bagus saat kualifikasi. Upaya maksimal yang saya lakukan sejak sesi latihan untuk mendapatkan setting motor yang tepat, membantu saya mengunci posisi start keempat. Sayangnya, pada balapan pertama saya melakukan start yang kurang baik,” kata Ahwin Sanjaya pasca race.

“Akan tetapi, saya berusaha fokus agar tetap berada di rombongan terdepan. Setelah melewati persaingan yang ketat dan rapat pada lap terakhir, khususnya di tikungan terakhir, akhirnya saya harus puas finis di posisi kedua. Semoga saya bisa mempertahankan penampilan optimal saya pada balapan kedua besok,” lanjutnya.

UPDATE: Podium Muklada Sarapuech akhirnya dibatalkan oleh race direction. Pembalap cewek ini dinyatakan bersalah karena menyebabkan 2 pembalap kecelakaan di tikungan terakhir menjelang finish. Muklada juga mendapat hukuman tidak boleh ikut race 2 yang bakal digelar besuk.

Dengan dibatalkannya podium Muklada, maka Anupab Sarmoon naik ke podium ke-3, dan Rheza Danica naik ke posisi ke-4.

“Saya menjalani hari yang cukup sulit. Saya tidak bisa mencatatkan waktu terbaik dalam sesi kualifikasi sehingga harus start dari posisi ke-11. Pada balapan pertama, saya memulai balapan dengan baik. Walaupun sempat berada di rombongan belakang, saya akhirnya bisa menyusul rombongan di depan. Alhamdulillah, saya bisa finis di posisi keempat,” kata Rheza Danica.

Advertisements

Tuliskan komentarmu

%d bloggers like this: