Review Honda Vario 150 Terbaru 2018: Fitur, Spesifikasi, Pilihan Warna, Dan Harga

Honda Vario 150 eSP Versi Terbaru 2018



Indomoto.com – Seperti sudah disinggung sebelumnya di sini, Honda Vario 150 eSP generasi terbaru 2018 resmi mengaspal di tanah air. Jika dibandingkan dengan generasi Vario sebelumnya, banyak perubahan yang disuguhkan oleh PT Astra Honda Motor, termausuk fitur, spesifikasi, pilihan warna, juga harga dari motor skutik ini.

Dari sisi penampilan, perubahan yang paling menyolok adalah cover handle front alias batok kepala Vario yang lebih ramping dan sporty. Lampu utama punya desain baru, dan lampu sein depan kini terpisah dengan lampu utama tersebut, menyatu dengan DLR (daytime running light) yang punya bentuk seperti alis.

Di bagian belakang, spakbor alias rear fender berubah menjadi model gantung, layaknya motor sport. Perubahan ini dibarengi dengan penempatan lampu sein yang terpisah dari lampu belakang. Selain itu, velg dengan desain baru yang lebih menarik, serta cover knalpot juga berubah.

Fitur Berlimpah

Ubahan Vario ternyata tak cuma pada sisi penampilan, tapi juga pada fitur-fiturnya yang semakin menawan hati, di antaranya:

  • Full digital panel meter dengan multi informasi, seperti jam digital, speedometer, tripmeter, smart key, pergantian oli, indikator dan tegangan aki. Keren banget.
    Speedometer Honda Vario
  • Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Kini menghidupkan mesin gak perlu lagi kunci mekanis, alias keyless. Fitur ini sebelumnya sudah disematkan ada skutik premium Honda PCX.
    Honda Vario Keyless
  • Lampu LED di semua sistem pencahayaan
  • ACG Starter yang terintergrasi pada teknologi eSP mampu menghidupkan mesin dengan suara yang lebih halus saat pertama dinyalakan.
  • Idling Stop System (ISS) yang secara otomatis mematikan mesian saat mesin berhenti bekerja lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk dapat menghidupkan mesin kembali.
  • Standar otomatis (Side Stand Switch) yang mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila posisi standar dalam kondisi turun.
  • Brake Lock System mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam keadaan diam saat pengendara berhenti di jalanan menanjak.
  • kapasitas bagasi terbesar yaitu 18 liter yang dapat menyimpan helm standar.

Spesifikasi

Mesin
Tipe Mesin 4 Langkah, Sohc Dengan Pendingin Cairan
Sistem Suplai Bahan Bakar Pgm-Fi (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah 57,3 X 57,9 Mm
Tipe Transmisi Otomatis, V-Matic
Rasio Kompresi 10,6 : 1
Daya Maksimum 9.7 Kw (13.1 Ps) / 8500 Rpm
Torsi Maksimum 13.4 Nm (1.37 Kgf.M) / 5000 Rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type

All New Honda Vario 150 eSP mengusung mesin berkapasitas ruang bakar 150cc, 4 Langkah, SOHC, dengan pendingin cairan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 9.7 Kw (13.1 Ps) pada putaran 8.500 Rpm, dan torsi maksimal 13.4 Nm (1.37 Kgf.M) pada putaran 5.000 Rpm. Teknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang disematkan pada mesin ini diklaim mampu meminimalkan gesekan sehingga pembakaran menjadi lebih efisien.

Berdasarkan press release yang dilansir situs resmi AHM, kemampuan akselerasi Vario 150 dapat menempuh jarak 0 – 200 meter dalam waktu 11,6 detik, sedangkan top speed-nya bisa mencapai 105 km/jam.

Untuk kelas 150cc konsumsi bahan bakar Vario 150 sangat iit, yaitu adalah sebesar 46,9 km/liter (metode ECE R40 Euro 3, dengan mengaplikasikan Fitur Idling Stop System) dengan hasil emisi gas buang yang telah memenuhhi regulasi EURO 3.

Rangka Dan Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Tipe Suspensi Depan Telescopik
Tipe Suspensi Belakang Swing Arm Dengan Suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan 90/80 – 14M/C 43P Tubeless
Ukuran Ban Belakang 100/80 – 14M/C 48P Tubeless
Rem Depan Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem Belakang Tromol
Sistem Pengereman Combi Brake System

Pada bagian kaki-kaki, Vario 10 mengusung ban tubeless berukuran 90/80 – 14M di bagian depan, dan ukuran 100/80 – 14 untuk bagian belakang. Ban ini membalut velg dengan desain baru yang punya palang 5.

Honda Vario 150

Untuk pengerema Vario 10 mempunyai Wavy Disc Brake berukuran 190mm, dengan Cakram Hidrolik berpiston Tunggal pada roda depan, sedangkan roda belakang masih menggunakan tromol. Teknologi Combi Brake System (CBS) membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara lebih optimal.

Dimensi Dan Berat
Panjang X Lebar X Tinggi 1919 X 679 X 1062 Mm
Tinggi Tempat Duduk 769 Mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 Mm
Jarak Terendah Ke Tanah 132 Mm
Curb Weight 112 Kg

Secara dimensi, Vario tidaklah segambot saudaranya, Honda PCX. Tapi ini bisa jadi kelebihannya, bisa lincah di jalan yang padat. Bobot yang juga lebih ringan membuat Power to Weight rationya lebih besar.

Kapasitas
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 5,5 Liter Bahan Bakar
Kapasitas Minyak Pelumas 0,8 Liter Pada Penggantian Periodik

Kapasitas tangki BBM Vario adalah 5,5 liter, lumayan besar untuk motor matic. Jika terisi full, dengan konsumsi BBM 46,9 km/liter, maka bisa menempuh 250 km. Lumayan jauh kan, cocok buat touring.

Kelistrikan
Tipe Baterai Atau Aki Mf 12V-5 Ah
Sistem Pengapian Full Transisterized
Tipe Busi Ngk Cpr9Ea-9 / Denso U27Epr9
Lampu Depan Led 2.6 W X 2 (Low), 5,2 W X 2 (High)

Vario mengandalakan aku kering, alias MF (maintenance free). Sesuai tipenya, aki ini tidak butuh perawatan khusus. Sekali dipasang, sudah lupakan . . . Dengan sistem penerangannya yang sudah menggunakan LED seharusnya kerja aki juga semakin ringan. Asal sistem charging-nya tidak bermasalah, aki bakalan tahan lama.

Pilihan Warna

Honda Vario 150 tersedia dengan 4 pilihan warna menarik, yaitu warna Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Red, Exclusive Matte Silver dan Exclusive White. Grafisnya minimalis dengan dominasi warna matte yang memang lagi nge-trend.

Masih seperti generasi sebelumnya, Vario 150 mempunyai emblem 3 dimensi (3D) logo Honda pada sayap bagian depan, dan logo Vario 150 pada bodi samping yang membuatnya tampak mewah dan elegan.

Sayangnya velg warna emas yang ada di generasi sebelumnya, justru dihilangkan pada versi terbaru ini.

Seperti apa penampakannya? Silahkan simak galeri foto Vario 150 di bawah ini:

Honda Vario 150 eSP Warna Exclusive Matte Black

Honda Vario 150 eSP Warna Exclusive Matte Red

Honda Vario 150 eSP Warna Exclusive Matte Silver

Honda Vario 150 eSP Warna Exclusive White

Harga Vario 150

Dengan penampilan yang menarik dan fitur berlimpah, kamu yang sudah ngebet pasti penasaran dengan harga Vario 150 versi 2018 ini. Nah, kira-kira berapa harga yang cocok buat skutik keren ini?

Berdasarkan situs resmi PT Astra Honda Motor, ternyata motor skutik ini dipasarkan dengan harga yang lumayan terjangkau, yaitu Rp. 22.500.000,-. Harga ini adalah harga untuk on the road (OTR) Jakarta, untuk daerah lain mungkin akan sedikit berbeda.

Harga Honda Vario 150

Aksesoris Vario 150

Seperti biasa, AHM juga menghadirkan beragam aksesoris untuk Vario 150 ini. Nah ini cocok buat kamu yang pengin tampil beda.

Berikut daftar aksesoris yang tersedia, bisa jadi bahan modifikasi:

  • Visor pada Cover Handle Front – harga Rp. 110.000,-
  • Garnish Headlight – harga Rp. 150.000,-
  • Rubber Step Floor – harga Rp. 195.000,-
  • Garnish Back Mirror – harga Rp. 63.000,-
  • Garnish Cover Muffler – harga Rp. 115.000,-
  • Garnish Radiator – harga Rp. 140.000,-
  • Wheel List Stiker – harga Rp. 56.000, –


Advertisements

Tuliskan komentarmu

%d bloggers like this: