Yamaha Memperkenalkan New Yamaha MT-10, The Next Level Of MT-Series!!

Yamaha MT-10

Gelaran pameran otomotif EICMA 2015 yang sedang dihelat di kota Milan, Italia, memang menawarkan banyak motor-motor konsep baru yang cukup menyita perhatian!

Tak terkecuali motor yang satu ini. Yamaha MT-10 yang dikabarkan akan memakai mesin yang sama plek dengan Yamaha R1 versi 2015. MT-10 menjadi varian monster yang paling tinggi semenjak Yamaha MT-01 didiscontinue pada tahun 2012 lalu. Hmm, mantap banget nih motor!

Yamaha MT-10

MT-10 dikabarkan akan mengusung mesin 998cc crossplane crankshaft yang berasal dari Yamaha R1. Yamaha mengklaim mesin ini akan distel untuk torsi yang lebih rendah di putaran mid range, sehingga sangat nyaman untuk cruising maupun dalam kota. Besaran tenaganya masih dirahasiakan

Yamaha MT-10

Yamaha MT-10

Mengutip dari Motorcycle, MT 10 punya mesin 998 cc crossplane yang berasal dari R1. Yamaha mengklaim mesin tersebut sudah disetel untuk torsi yang lebih rendah di putaran mid range . Mengenai berapa besaran tenaga yang dikeluarkan mesin itu, Yamaha masih menyembunyikannya. Namun, yang pasti output power yang keluar tidak akan jauh berbeda dengan saudara sekandungnya, Yamaha R1, sekitar 200 ps. Mantap!

Ngomong-ngomong soal desain, MT-10 punya desain yang futuristik banget, bahkan kalau boleh saya bilang, desain ini lebih keren dan gahar dibanding pendahulunya, MT-09. MT-10 memiliki headlamp dual keen eyes layaknya “Alien” dan shroud garang dengan tangki besar, serta tak lupa mesin 4 silinder segaris 998 cc yang terlihat sangat padat!

Yamaha MT10

Posisi riding yang tegak,membuatnya cukup nyaman untuk dikendarai di tengah belantara hutan besi perkotaan. Wheelbasenya yang pendek, sekitar 1.400 mm, membuatnya mudah untuk ditekuk-tekuk ditengah kemacetan.

“Setelah sudah membuat beberapa model yang paling inovatif dan sukses di pasar Eropa, Yamaha telah mengembangkan motor 1.000 cc yang memiliki potensi untuk menantang semua pendatang di kelas naked bike. MT-10 yang radikal ini siap untuk melebihi harapan dan menarik bagi mereka pengendara yang mencari pengalaman bermotor yang baru, kapan saja dan pada setiap kecepatan,” Ujar Yamaha di konferensi persnya.

Hmm, apakah MT-10 akan menjadi acuan modif atau acuan desain bagi motor-motor Yamaha dengan cc yang lebih kecil? Contohnya saja bagi MT-15 yang tengah ramai dibicarakan akhir-akhir ini? Kita lihat saja nanti, apakah MT-15 akan nampak segarang MT-10 yang bikin gak bisa tidur ini!!

Salam,
(MG/AR)

Add Comment

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: