22 Bulan Perjalanan, Misi Menjajaki Tugu Khatulistiwa di Indonesia telah Usai

Indomoto.com – Perjalanan Touring keliling Indonesia dengan nama perjalanan Ekspedisi Khatulistiwa Indonesia yang dilakukan oleh seorang bikers Bernama Adnan Photology telah tiba di Papua, Salah satu misi perjalanan Ekspedisi Khatulistiwa Indonesia ini adalah mendatangi Tugu Khatulistiwa yang berada di indonesia dan saat ini misi tersebut sudah selesai. Total ada 12 Tugu Khatulistiwa yang sudah dijajaki.

Sekilas tentang misi menjajaki tugu khatulistiwa

Pada tahun 2018 ada petualang senior bernama Zamri Taib seorang petualang sepeda motor asal Malaysia yang datang ke Indonesia hanya untuk menjajaki tugu Khatulistiwa dan pada saat itu berhasil menjajaki 10 tugu ditahun 2018. Tentu sebagai Anak Bangsa yang negaranya di lintasi Garis Khatulistiwa, Adnan Photology melihat sepertinya belum ada satupun petualang sepeda motor dari Indonesia yang melakukan misi yang sama. Pada akhirnya Adnan Photology memustuskan untuk mengambil misi tersebut, dan pada Agustus 2021 dia memulai perjalanan keliling Indonesia dengan salah satu misi menjajaki tugu Khatulistiwa yang ada di Indonesia.

Adnan Photology berhasil menyelesaikan 12 dari 14 tugu Khatulistiwa yang ada di Indonesia. Sementara om Zamri Taib menyelesaikan 10 dari 12 Tugu yang ada di Indonesia (tahun 2018 tugu khatulistiwa Sasak Pasaman Barat dan Lalubi Halmahera Selatan belum dibuat).

Ada 2 tugu khatulistiwa yang akhirnya Adnan Photology sendiri terpaksa untuk tidak di jajaki yaitu Tugu Khatulistiwa Pulau Kayoa Halmahera Selatan dan Tugu Khatulistiwa Pulau Kawe Raja Ampat. Untuk mendatangi kedua Tugu ini diperlukan biaya yang tidak sedikit karna letaknya yang berada di pulau tersendiri dan biaya penyebrangan serta muat kendaraan yang cukup mahal, sehingga Adnan Photology sendiri kesulitan untuk pergi kesana dengan kondisi dana yang terbatas. Mungkin ini salah satu alasan petualang sepeda motor dari Malaysia Zamri Taib pada saat itu tidak mendatangi kedua tugu tersebut.



Adnan Photology sendiri berharap Semoga suatu saat nanti bisa mendatangi kedua tugu tersebut ketika faktor logistik tidak menjadi masalah lagi dalam perjalanan dan semoga ada orang Indonesia lainnya yang bersemangat menjalani misi yang sama dan menjajaki semua Tugu Khatulistiwa yang ada.

Misi menjajaki Tugu Khatulistiwa memang sudah selesai. Tapi masih ada beberapa misi yang harus Adnan Photology tuntaskan sambil menyelesaikan touring Keliling Indonesia, perjalanan ini masih terus berlanjut menjelajah Papua, Maluku, NTT, NTB, Bali hingga tiba di Pulau Jawa nanti yang rencananya perjalanan ini selesai di tahun 2023 ini.

Add Comment

Tulis komentarmu

%d blogger menyukai ini: