Wahana Jadikan Ramadhan Momen Bangkit Bersama

Chief Marketing Officer Wahana Artha Group, Edi Setiawan

Indomoto.com – Puji dan syukur, adalah ucapan yang dilontarkan jajaran manajemen Wahana Artha Group (WAG) karena setelah absen selama 2 tahun, akhirnya momen ramadhan kali ini kegiatan apresiasi secara tatap muka dengan rekan media massa, blogger dan vlogger kembali digelar di Hotel Santika Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (20/4).

Semenjak masa pandemi pada 2020 hingga kini, kegiatan ‘pengakraban diri’ jajaran manajemen WAG dengan rekan media yang terus dukung perkembangan bisnis dengan publikasi positif terpaksa banyak dilakukan secara virtual online. Namun, semakin membaiknya kondisi pandemi serta makin luasnya penggunaan vaksin beberapa waktu terakhir ini, akhirnya ajang ramah tamah sambil berbuka puasa bersama dapat dilakukan kembali dengan angkat tema “Momen Ramadhan, Sinergi Untuk Bangkit Bersama”.

“Dengan rasa syukur, kami sangat senang akhirnya dapat bertatap muka lagi dengan rekan jurnalis, blogger dan vlogger yang selalu mensupport perjalanan bisnis grup dengan pemberitaan yang positif,” papar Chief Marketing Officer Wahana, Edi Setiawan dalam sambutan acara buka puasa bersama dengan rekan Jurnalis, blogger dan vlogger.

Selain Edi Setiawan, turut hadir tim manajemen yang mendampingi sekaligus narasumber adalah Direktur Hotel Operation PT. Sahari Multi Investama, Fenfira Tedja, Chief Executive Officer PT. Kyochon Indonesia, Priscilla Soekamto, Head of Retail PT. Wahanaartha Ritelindo, Budi Setiawan dan beberapa pimpinan lini bisnis Wahana Artha Group lainnya.



Sesuai dengan tema acara, momen bulan penuh berkah ini WAG berharap dapat memperkuat sinergi antara pelaku bisnis dan media massa untuk bangkit bersama setelah ‘gempuran’ Covid-19. Keterkaitan dan rasa saling membutuhkan untuk bangkit bersama adalah satu kunci untuk kembali menggairahkan pergerakan ekonomi masyarakat.

Momen special ini dihadiri jajaran manajemen dari semua lini bisnis Wahana Artha Group yaitu lini otomotif dan bisnis Hospitality, Food and Beverage. Mulai dari jajaran direksi hingga pimpinan perusahaan hadir mewakili seperti Main Dealer sepeda Motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), PT. Wahanaartha Ritelindo (WARI), PT. TristarTransindo (TST), dan PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM). Sedangkan pada lini hospitality, food and beverage hadir tim manajemen dari PT. Sahari Multi Investama (SMI) serta perusahaan pemegang master franchise resto ayam goreng khas korea, PT. Kyochon Indonesia danTemmu Co-Living.

Publikasi Positif

Tidak dipungkiri, publikasi positif ikut berikan dampak terhadap beragam lini bisnis WAG, salah satunya lini otomotif. Meski sempat terdampak pandemi, seiring membaiknya kondisi pandemi, dukungan publikasi positif ikut bangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis roda dua di Jakarta Tangerang khususnya terhadap brand Honda.

WMS mendata pada kuarter pertama 2022 (Januari – Maret), pasar roda dua Jakarta dan Tangerang mampu menyerap hingga 72.000 unit (all type). Angka ini naik sebanyak 17.3 persen dibandingkan dengan penjualan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kondisi ekonomi masyarakat naik positif seiring dengan menurunnya pandemi. Selain itu, meski kegiatan penjualan sempat dibatasi kebijakan pemerintah dalam rangka menekan penularan, konsumen tetap terbantu dengan beragam artikel dan publikasi yang disuguhkan rekan-rekan media,” jelas Edi Setiawan.

Selain penjualan wilayah Jakarta Tangerang, WAG juga bermain di lini bisnis retail sepeda motor Honda skala nasional lewat PT. Wahanaartha Ritelindo (WARI). Membidik wilayah potensial di Indoensia, kini WARI telah memiliki 34 cabang Dealer yang tersebar di berbagai daerah mulai dari pulau Sumatera, Jawa, hingga Nusa Tenggara Timur. Melihat besarnya perkembangan bisnis sepeda motor di Indonesia, WARI focus mencari berbagai wilayah potensial lain untuk membuka penjualan dan perawatan sepeda motor Honda.



Sementara itu, perusahaan yang awal lahirnya didirikan untuk memperlancar distribusi sepeda motor Honda Wahana, PT. Tristar Transindo terus perkuat armada logistik untuk berbagai kebutuhan klien. Terdata tidak hanya sediakan motor carrier berkapasitas 5 hingga 90 unit, kini TST juga miliki car carrier berkapasitas 1 hingga 8 unit. Perluas segmen logistik, tersedia cargo dengan kapasitas 4 hingga 30 ton. Seluruh armada siap berikan layanan terbaik untuk pengiriman nasional mulai dari Sumatera, Bangka, Jawa, Madura, Lombok, Sumbawa, Kalimantan hingga Sulawesi.

Berikan kenyamanan maksimal untuk konsumen sepeda motor Honda, selain perkuat jaringan dan sarana layanan, Wahana mengembangkan platform digital paling terintegrasi, jawab semua kebutuhan konsumen. Aplikasi Wanda hadir layaknya asisten pribadi untuk menyelesaikan semua kebutuhan konsumen setia Honda mulai dari info produk, layanan after sales, pemesanan suku cadang, aksesories, hingga apparel dapat dilakukan dalam satu sentuhan jari dan konsumen juga akan mendapatkan Hepigo Point yang dapat ditukarkan dengan berbagai voucher menarik. Selain Aplikasi, konsumen juga dapat berinteraksi dengan chatbot Wanda melalui whatsapp 0811-2281-700 untuk mendapatkan info terkini terkait program promosi, kesediaan unit dan pusat bantuan.

Di lini hospitality, SMI selaku pemilik property dari 7 hotel dan 1 hostel (Amaris Bogor Padjajaran, Santika Kelapa Gading, Santika Banyuwangi, Santika Pekalongan, Amaris Sriwedari Solo, Santika Radial Palembang, Yello Manggarai dan Hostel Temmu di Bandung) terus berkomitmen menghadirkan hunian dengan standar prokes ketat selama masa pandemi. Meski kondisi berangsur membaik, SMI tetap konsisten dengan kebijakan untuk menghadirkan hunian aman dan nyaman.

“Dalam pengembangan bisnis kedepannya, selain melihat potensi suatu daerah SMI juga hadir untuk ikut membangun perekonomian masyarakat sekitar”, jelas Fenfira.

Puaskan selera pecinta kuliner Korea, Kyochon Indonesia juga terus berikan layanan terbaik di berbagai lokasi di Jakarta dan Tangerang. Kini Kyochon miliki 6 outlet yaitu Mall Pacific Place, Mall Kota Kasablanka, Mall Kelapa Gading, Gandaria City, Summarecon Mall Serpong dan Pondok Indah Mall 1. Berikan servis terbaik sesuai keinginan konsumen, Kyochon Indonesia juga perkuat delivery outlet yang tersebar di beberapa tempat seperti, Kemang, Kebagusan, BSD Tangerang, Pluit, Pintu Air, Belmont dan Thamrin.

Gift of Love

Spesial, tahun ini tepatnya 6 Agustus mendatang, WahanaArtha Group genap berusia 50 tahun dalam melayani konsumen. Sadar dan bersyukur dengan usia yang semakin matang ini, WahanaArtha Group berusaha bernilai lebih dan bermanfaat untuk orang banyak.

Rasa kepedulian untuk dapat sebarkan manfaat kepada orang banyak, tahun ini WAG angkat semangat “Gift of Love“ dengan tiga unsur utama didalamnya To Serve (Melayani), Care and Grow (Peduli dan Berkembang).

“Kami Ucapkan terimakasih yang tertinggi untuk konsumen setia kami yang tetap mempercayai Wahana. Apresiasi ini coba kami tuangkan dalam bentuk dan upaya Wahana agar dapat memberikan nilai lebih atau bermanfaat pada orang banyak tidak hanya berbisnis,” tambah Edi.



Manfaat demi manfaat telah disebarkan melalui kegiatan CSR. Terdata, hingga Maret 2022, sebanyak 19.767 jiwa yang telah menerima manfaat baik dibidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hingga pemberdayaan.

“Pandemi telah banyak menyebabkan anak-anak kehilangan orang tuanya. Meringankan beban tersebut, kami berikan beasiswa untuk siswa-siswi SMA kelas 10 hingga tamat,” tambah Vica Vayerawita.

Keberlangsungan Lingkungan

Masih dalam rangka HUT ke 50 tahun, WAG juga jalankan misi peduli lingkungan dengan usung program ‘Sustainability’. Program dengan ‘roh’ peduli terkait keberlanjutan lingkungan yang baik dan terjaga untuk semua telah miliki beragam rencana yang akan dijalankan kedepannya.

Langkah peduli diawali dengan mengupayakan penanganan sampah plastik. Memulainya, WAG coba mengolah botol plastik bekas oli yang dikumpulkan dari AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) PT. Wahanaartha Ritelindo di Jakarta dan Tangerang. Wahana berkolaborasi dengan Sweet Potato Project (SPP), Potato Head Bali yang telah memiliki pengalaman pengolahan limbah, botol plastik ini ‘disulap’ menjadi suvenir gantungan kunci untuk konsumen premium Honda Big Bike.

Keseriusan menjadi salah satu pelaku penjaga keberlanjutan lingkungan tidak slogan semata, pada awal April lalu, WAG telah menandatangani kontrak kerjasama penggantian instalasi listrik di lima sarana bisnis untuk beralih gunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Kelima sarana tersebut adalah tiga lokasi lini bisnis otomotif sepeda motor Honda (WAG head office, Distribution Center Jatake, Distribution Center Cimanggis 2) dan dua lokasi lini bisnis hospitality (Hotel Santika Radial Palembang dan Hotel Santika Banyuwangi).

Sustainability Project dengan tiga semangat, Initiative (inisiatif), Execution (Pelaksanaan), dan Consistency (Konsisten) tidak hanya berjalan dalam skala korporat. Kini, seluruh departemen internal juga wajib miliki satu program sustainability dalam agenda tahunan.

“Kami harap semangat bangkit secara bersinergi, dukung mendukung untuk lahirkan semangat yang sama agar dapat bangkit bersama-sama,” tutup Edi.

Add Comment

Tulis komentarmu

%d