Tekiro Gelar Kompetisi Mekanik untuk Siswa SMK se-Jabodetabek, Begini Caranya Ikutan

Tekiro Mechanic Competition 2022

Indomoto.com – Tekiro Tools menggelar kompetisi otomotif yang bertajuk Tekiro Mechanic Competition (TMC) untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan digelar di Jakarta pada tahun 2022 ini. Kompetisi dengan hadiah total senilai ratusan juta rupiah berupa uang tunai, piala bergilir, sertifikat, perkakas otomotif, hingga prioritas menjadi karyawan Tekiro.

Tekiro Tools menargetkan 5000 siswa SMK dari jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dari 400 sekolah baik sekolah swasta maupun sekolah negeri dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi akan berpartisipasi di kompetisi ini.

“Acara yang pertama kali kami gelar ini selain bertujuan untuk mengasah keterampilan para siswa untuk terampil di dunia kerja juga merupakan bentuk kepedulian Tekiro di dunia pendidikan”, ujar Hery, Ketua Pelaksana Tekiro Mechanic Competition 2022.

Menurut Novitasari, Brand Marketing Manager Tekiro, TMC 2022 merupakan ajang kompetisi pelajar SMK yang diadakan Tekiro dalam rangka menerapkan pemahaman materi dan kemampuan keterampilan dalam ruang lingkup otomotif. Kompetisi yang diselenggarakan secara online dan offline ini tidak dikenakan biaya ke peserta alias gratis dan pihak sekolah bisa mengirimkan perwakilan siswa sebanyak-banyaknya.



Untuk tes online yang akan diikuti ribuan peserta siswa SMK ini akan diuji dengan menjawab soal-soal tentang teori dasar otomotif, dasar konstruksi, komponen engine dan pengetahuan seputar produk handtools otomotif.

Babak Semifinal secara offline akan diikuti 20 team dari 20 sekolah terbaik yang dipilih dari hasil tes di babak penyisihan. Konsep Tes di semifinal berupa kerja bangku dalam bentuk mengerjakan soal dan praktek secara langsung yang dibagi menjadi beberapa pos.

Dalam setiap pos, peserta diberikan berbagai permasalahan yang harus diselesaikan secara team dalam waktu yang telah ditentukan. Adapun soal yang akan diuji disetiap pos seperti Alat Ukur, Sistem Kelistrikan, Sistem Pengapian, Sistem Transmisi, Sistem Pelumasan dan Pendinginan.

Babak Final akan diikuti 10 team dari 10 sekolah terbaik yang diambil dari hasil tes di babak Semifinal. Babak Final para peserta akan menjalani uji Troubleshooting motor dan presentasi terbuka di depan juri yang terdiri dari perwakilan Tekiro, Influencer dan Praktisi Bengkel. Untuk uji Troubleshooting, ujian yang dilakukan adalah analisa masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang motor dan penanganan masalah pada motor.

Bagi sekolah yang akan mengikutsertakan siswanya di TMC 2022, maka perlu memperhatikan jadwalnya sebagai berikut :

Pendaftaran

Proses Pendaftaran dilakukan melalui website www.tekiro.com mulai bulan April hingga 11 Juni 2022.

Semifinal – Final

Babak Semifinal dan Final berlangsung Sabtu-Minggu, 27-28 Agustus 2022 di kantor Tekiro, Jakarta Utara.

“Kami berterima kasih atas dilaksanakannya kegiatan Tekiro Mechanic Competition 2022, kami berharap kegiatan ini bisa dijadikan agenda tahunan sebagai ajang kompetensi siswa baik untuk jurusan TKR maupun TSM”, ujar Sahabat Bancin Mpd, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) provinsi DKI Jakarta.

Agar lebih meningkatkan kualitas kompetisi dengan penggunaan tools yang lengkap dan bervarian, Tekiro Mechanic Competition 2022 didukung sepenuhnya oleh Rexco Multipurpose Lubricant, Ryu Powertools dan Altama Goes To School.



Add Comment

Tulis komentarmu

%d