Honda CB650R Resmi Mengaspal Di Indonesia, Harga 265 Juta Rupiah

Honda CB650R



Indomoto.com – Momen kehadiran Marc Marc Marquez di Bandung dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh PT Astra Honda Motor (AHM) untuk meluncurkan produk baru, Honda CB650R. Motor dengan konsep Neo Sport Café ini menjadi pilihan yang menarik buat pecinta moge alias big bike di Indonesia.

Honda CB650R mempunyai desain yang sporti, modern, namun memiliki kesan retro juga dengan disematkannya lampu utama berbentu bulat yang besar, serta handle bar yang lebar. Cocok banget buat biker yang pengin terlihat unik dan berbeda.

Secara keseluruhan, motor ini tampak kekar di setiap sisinya, terutama pada sektor tengah, di mana tampak tangki bahan bakar yang simpel tapi borotot. Rangka diamond dan 4 pipa muffler yang tersusun rapi di depan engine, membuatnya semakin garang.

Lampu Honda CB650R

Lampu Depan dan Belakang Honda CB650R

Sektor belakang kelihatannya sengaja dibikin minimalis untuk menambah kesan retro, tapi tetap gagah dengan swing arm aluminim yang kokoh dan ban belakang yang gambot.

Tak cuma desainnya yang keren, Honda CB650R juga mempunyai fitur serta spesifikasi yang menawan. Lalu bagaimana dengan harganya?

Fitur Dan Spesifikasi Honda CB650R

Engine Honda CB650R

Mesin Honda CB650R

Engine
Engine Type Liquid-Cooled, 4-Stroke, DOHC Four Cylinder
Displacement 648,72 cc
Fuel Supply System PGM-FI (Programmed Fuel Injection System)
Bore × Stroke 67 x 46 mm
Compression Ratio 11,6 1
Max. Power 66,5 kW/11.000 rpm
Max. Torque 60,7 Nm/8.000 rpm
Transmission Constant mesh, 6 Speed
Starting System Electric
Clutch System Wet, Multiple with Coil Spring
Oil Capacity 2,3 L (Periodic Exchange)

Honda CB650R dibekali dengan engine 4 langkah, 4 silinder, DOHC, 6 perpindahan gigi, dengan kapasitas ruang bakar 648,72cc. Engine ini mampu memuntahkan tenaga hingga 66,5 kW pada putaran 11.000 rpm, serta torsi maksimal 60,7 Nm pada 8.000 rpm.

Teknologi assist slipper clutch yang disematkan pada engine ini membuat tuas kopling menjadi lebih ringan serta mengurangai efek engine break ketika melakukan penurunan gigi dengan cepat.

Sementara itu dengan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC), tenaga mesin dapat disesuaikan untuk untuk mengoptimalkan torsi di roda belakang dan mengurangi selip pada roda belakang, sehingga dapat menambah kenyamanan dalam berkendara.

Gas sisa pembakaran dari engine ini dibuang lewat knalpot yang memiliki desain compact, sehingga menambah kesan maskulin sekaligus memberikan performa optimal pada putaran bawah-tengah dan menghasilkan suara yang mantab.

Dimension
Dimension 2.128 x 784 x 1.076 mm
Fuel Tank Capacity 15,4 L
Ground Clearance 148 mm
Curb Weight 203 kg
Seat Height 810 mm
Wheel Base 1.449 mm

Motor ini memiliki dimensi panjang 2.128mm, lebar 784mm, serta tinggi 1.076mm. Meskipun punya dimensi yang besar, tapi motor ini tampak compact dan padat. Fueltank-nya mampu menampung bahan bakar hingga 15,4L.

Tinggi tempat duduknya 810mm masih cukup bersahabat dengan ukuran sebagian besar orang Indonesia. Jok untuk belakang juga tidak terlalu tinggi, jadi masih cukup nyaman buat pembonceng. Secara desain, motor ini membuat posisi pengendara agak condong ke depan.

Honda CB650R memiliki rangka diamond steel yang kokoh berbentuk elips yang dirancang untuk memberikan kesan compact. Keseimbangan kekuatan didapatkan melalui penyetelan secara khusus yang lebih kaku di sekitar headstock dan lebih fleksibel di sisi spar, sehingga memberikan karakter pengendalian yang diinginkan pengendara.

Frame
Frame Type Diamond, Steel
Front Tires 120/70-17M/C (58W)
Rear Tires 180/55Z-17M/C (73W)
Front Brake Hydraulic Double 310 mm Disc with Four Piston Calipers
Rear Brake Hydraulic Single 240 mm Disc with Single Piston Caliper
Brake System ABS 2 Channel
Front Suspension Showa 41 mm Inverted Telescopic Fork
Rear Suspension Aluminum Swing Arm, Adjustable Monoshock

Honda CB650R menggunakan ban depan ukuran 120/70-17 dan ban belakang yang gambot dengan ukuran 180/55-17. Untuk keamanan berkendara disematkan kaliper rem depan berpiston empat dengan disk berukuran 310mm dan rem belakang piston tunggal dengan disk 240mm yang mampu menghasilkan daya pengereman yang berlimpah dengan ABS 2-channel terpasang sebagai standar.

Suspensi depan inverted telescopic berwarna gold buatan Showa dengan ukuran 41mm, tak cuma menambah ganteng, tapi juga meningkatkan kenyamanan dan handling saat berkendara.

Suspensi belakang dengan lengan ayun alumunium menghadirkan bentuk kurva dengan busur berada di atas knalpot di sisi kanan. Suspensi belakang yang memiliki pengaturan hingga 10 level disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Electrical
Ignition Type Full Transisterized, Battery
Spark Plug Type NGK IMR9E-9HES
Front Headlight Hi 9,3 W x 1 (LED)
Rear Headlight Low 9,3 W x 1 (LED)

Sistem penerangan pada Honda CB650R telah seluruhnya mengadopsi teknologi LED yang modern dan hemat energi.

Full digital panelmeter yang lebar dengan pencahayaan berwarna biru, mampu menampilkan berbagai informasi penting untuk pengendara, seperti Gear Position, Shift Up Indicator, putaran mesin, kecepatan, odometer, bahan bakar, trip meter, rata-rata konsumsi bahan bakar, serta penunjuk waktu yang sangat bermanfaat.

Speedometer Honda CB650R

Speedometer Honda CB650R

Penyematan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada Honda CB650R menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak, dimana ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Pilihan Warna dan Harga Honda CB650R

Honda CB650R dipasarkan dengan harga Rp. 265.000.000,- untuk on the road (OTR) Jakarta. Dengan desain yang keren, engine yang powerful, serta fitur-fitur yang menarik, tampaknya ini merupakan harga yang cukup pantas untuk moge ini.

Honda CB650R tersedia dengan 2 pilihan warna, yaitu Candy Chromosphere Red (merah) dan Graphite Black (hitam). Galeri fotonya dapat disimak di bawah ini:

Honda CB650R Warna Candy Chromosphere Red (Merah)

Honda CB650R Warna Candy Chromosphere Red (Merah)

Honda CB650R Warna Graphite Black (Hitam)

Honda CB650R Warna Graphite Black (Hitam)

Tuliskan komentarmu

%d bloggers like this: