Yamaha MT-15 Resmi Mengaspal Di Indonesia, Harga 35 Jutaan

Yamaha MT15 Indonesia

Indomoto.com – Motor terbaru keluaran Yamaha Indonesia, MT-15 resmi mengaspal di tanah air. Sejak kemunculannya di Thailand beberapa waktu lalu, naked bike ini memang cukup menyedot perhatian penggemar motor di Indonesia, terutama karena tampilannya yang sangat agresif dengan desain headlamp-nya yang sangar banget.

Lampu depan ini menyerupai wajah predator yang terbentuk oleh dua position light LED serta serta satu utama yang telah mengusung teknologi Projector LED. Teknologi ini diklaim mampu menghasilkan cahaya yang lebih terang dan lebih fokus.

MT-15 memiliki handle bar yang lebar yang menunjang posisi duduk yang lebih tegak, sehingga pengendara tampak lebih gagah. Motor ini dilengkapi dengan speedometer full digital dengan tone warna negative yang menarik. Speedometer ini memiliki fitur shift timing light yang berfungsi untuk memberi tahu kepada pengemudi kapan harus melakukan perpindahan gigi guna meraih performa berkendara yang optimal.

speedometer MT-15

Speedometer MT-15

Secara sekilas, MT-15 ini mirip dengan Yamaha Xabre. Apakah MT-15 ini adalah penganti Xabre? Ternyata bukan. Petinggi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyatakan bahwa Xabre akan tetap diproduksi setelah meluncurnya MT-15 ini.

Selain tampilan yang menarik, MT-15 juga dibekali dengan berbegai fitur, spesifikasi, pilihan warna, serta harga yang menarik pula. Seperti apakah itu? Yuk, kita simak bareng-bareng!

Spesifikasi Yamaha Mt-15

Mesin
Tipe mesin Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA
Jumlah/posisi silinder Silinder tunggal
Diameter x Langkah 58,0 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi 11,6 : 1
Daya maksimum 14.2 kW/ 10000 rpm
Torsi maksimum 14.7 Nm/ 8500 rpm
Sistem starter elektrik starter
Sistem pelumasan basah
Kapasitas oli mesin Total = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Volume Silinder 155 cc
Tipe Kopling Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch
Tipe Transmisi Manual
Pola Pengoperasian Transmisi 1-N-2-3-4-5-6

Tak cuma tampilannya yang sangat, MT-15 juga dibekali dengan mesin yang gahar. Mesin 4 langkah, SOHC, 4 valve, dengan pendingin cairan ini mampu memuntahkan tenaga maksimum 14.2 kW pada putaran 10.000 rpm, serta torsi maksimum 14.7 Nm pada 8.500 rpm. Mesin ini telah dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang dapat menjaga torsi merata di setiap putaran mesin.

Mesin ini juga diklaim 3x lebih awet, 3x lebih kuat, dan 3x lebih ringan berkata teknologi Diasil Cylinder & Forged Piston yang diusungnya.

Mesin MT-15 juga mengusung teknologi Assist & Slipper Clutch yang umumnya pada motor gede, kini mulai disematkan pula pada motor-motor “kecil”, termasuk MT-15 ini. Fitur ini mampu membuat kopling lebih ringan, serta membuat perpindahan gigi lebih halus, sehingga akselerasi dapat menjadi lebih cepat.

Dimensi
P x L x T 1965 X 800 X 1065 mm
Jarak sumbu roda 1335 mm
Jarak terendah ke tanah 155 mm
Tinggi tempat duduk 810 mm
Berat Isi 133 kg
Kapasitas tangki besin 10.4 Liter

MT-15 mempunyai dimensi panjang 1965 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 1065 mm. Jika dibandingkan dengan Yamaha Vixion, maka MT-15 ini memiliki bodi yang lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi. Posisi tempat duduk juga lebih tinngi, yaitu 810 mm, sedangkan Vixion cuma 795 mm. Sedangkan kapasitas tangkinya lebih kecil dari pada Vixion, yaitu 10,4 liter.

Rangka
Tipe rangka Deltabox
SUSPENSI DEPAN Telescopic Form ( Inverted )
SUSPENSI BELAKANG Link Monoshock
BAN DEPAN 110/70-17M/C (54S)
BAN BELAKANG 140/70-17M/C (66S)
REM DEPAN Disc Brake
REM BELAKANG Disc Brake

Mt-15 mempunyai rangka deltabox yang mirip punya Vixion, mengusung ban tubeless dengan ukuran depan 110/70-17, serta ban belakang yang terbilang cukup lebar untuk ukuran motor 150cc, yaitu 140/70-17.

Suspensi depan up-side down (USD) dengan warna gold yang eye-catching. Sedangkan suspensi belakang Link Monoshock. Swing arm atau lengan ayun yang terbuat dari aluminium tidak hanya bikin motor ini makin ganteng, tapi juga membuat bobotnya makin menjadi lebih ringan.

Sementara itu di sisi keamanan berkendara, MT-15 dilengkapi disk brake untuk roda depan maupun belakang.

Kelistrikan
Sistem pengapian CDI/Transistor
Battery YTZ4V
Tipe Busi MR8E9

DI bagian kelistrikan, MT-15 dibekali dengan akki MF (maintenance free) buatan Yuasa dengan tipe YTZ4V. Akki MF atau biasanya disebut dengan akki kering ini tidak memerlukan perawatan khusus.

Pilihan Warna Yamaha Mt-15

Yamaha MT-15 dipasarkan dengan tiga pilihan warna yang menarik, yakni Matte Grey (abu-abu), Matte Blue (biru), serta Metallic Black (hitam). Seperti apa penampilannya? Simak galeri foto di bawah ini (klik untuk memperbesar gambar):

Harga Yamaha Mt-15

Tak bisa dipungkiri, harga masih menjadi salah satu pertimbangan saat calon konsumen berniat untuk membeli motor. Nah, dengan penampilan yang keren, fitur serta spesifikasi yang menawan, berapa harga yang cocok buat MT-15 ini?

YIMM di situs resminya menyatakan bahwa harga Yamaha MT-15 adalah Rp 34.950.000,- untuk kondisi on the road (OTR) Jakarta. Untuk wilayah lain biasanya akan ada sedikit penyesuaian. Untuk lebih jelasnya, silahkan datang langsung ke dealer Yamaha terdekat di kota kamu.

Harga Yamaha MT-15

Dengan hadirnya MT-15 ini, peta persaingan di kelas motor sport, terutama naked bike 150cc sedikit banyak tentu akan mengalami pergeseran. Di kelas ini, YIMM sendiri saat ini telah memiliki Vixion, Byson, Xabre. Sementara Honda memiliki CB150R dan Verza, sedangkan Suzuki punya GSX-S150 dan GSX150 Bandit. YIMM pastinya telah mempersiapkan strategi khusus untuk memasarkan Yamaha MT-15, motor terbarunya ini.

Advertisements

Tuliskan komentarmu

%d bloggers like this: