Begini Cara Menggunakan Custom Domain di WordPress.com

Wordpress.com Custom Domain

Tentang custom domain sudah saya bahas sekilas di sini. Namun berhubung ada pertanyaan dari beberapa pembaca blog, saya akan uraikan lebih detail caranya.

Dengan ngeblog di WordPress.com berarti kita setuju untuk mematuhi TOS yang mereka buat. Ada ribuan bahkan jutaan blog yang numpang di WordPress.com. Tidak mungkin mereka memantau satu-persatu blog secara manual. Jadi pemantauan pasti dilakukan oleh robot. Nah si robot ini kadang-kadang salah dalam mengidentifikasi blog yang melanggar TOS. Oleh karena itulah, kadang terjadi suspend blog tanpa kejelasan pasal mana yang dilanggar.

Menggunakan custom domain akan lebih aman. Selain mendapat prioritas keamanan dari proses suspend sepihak (ini dugaan saya saja, kan kita bayar masa di-suspend), kita juga dapat memindahkan konten kita dari satu hosting ke hosting yang lain. Jadi tidak tergantung di WordPress.com saja.

Untuk upgrade ke custom domain, sudah dijelaskan lengkap oleh WordPress.com di sini. Jadi kalau bingung dengan tulisan saya, silahkan merujuk ke sana.

Sebenarnya kita bisa beli paket nama domain sekaligus domain mapping dengan biaya $18/tahun. Tapi saya pribadi tidak rekomen seperti itu, karena saya lebih suka daftar domain langsung di registrar yang sudah terkenal, macam GoDaddy, Name, Dynadot, dan lain-lain.

Jika kesulitan tentang metode pembayaran, bisa menggunakan reseller domain lokal (yang sekaligus jualan web hosting), macam Rumahweb atau Hostingceria. Mereka terima pembayaran melalui transfer bank.

Nama Domain

Pertama yang harus kita lakukan adalah mendaftarkan nama domain yang kita inginkan. Pada umumnya, di situs registrar maupun reseller domain, kita disambut halaman pertama dengan domain name search bar. Di sana bisa kita masukkan nama domain yang kita inginkan. Jika available alias belum dimiliki oleh orang lain, maka nama domain tersebut dapat kita order. Untuk keperluan domain mapping ini, anda cukup beli domain saja, tidak perlu web hosting.

Misalkan saja kita daftar nama domain : BlogMotorSaya.com

Wordpress.com Custom Domain

Setelah pembayaran, kita akan mendapatkan username dan password untuk akses domain manager. Di domain manager ini kita bisa rubah data personal, name server, dan DNS record, dan lain-lain. Sementara abaikan saja fitur yang lain, fokus ke name server. Hapus name server default, ganti name server ke :
ns1.wordpress.com
ns2.wordpress.com
ns3.wordpress.com

managing domain name server

Urusan domain selesai.

Domain Mapping

Selanjutnya adalah menghubungkan domain yang telah kita daftarkan tadi dengan blog kita di WordPress. Dari Dashboard WordPress, klik Store –> Domains. Masukkan nama domain kita ke Add a domain, lalu klik tombol Add domain to blog.

Wordpress.com Domain Mapping

Di halaman selanjutnya, kasih centang di I already own . . . lalu klik Yes! Start Mapping My Domain. Isi data-data yang diperlukan, dan lakukan pembayaran.

Wordpress.com Domain Mapping

Selesai.

Silahkan akses situs Anda melalui nama domain yang baru tadi, misalnya BlogMotorSaya.com. Seharusnya menampilkan blog WordPress anda. Jika belum berubah, tunggu dan cek lagi beberapa jam kemudian. Proses propagasi ini membutuhkan waktu beberapa jam.

Ada pertanyaan?

Tuliskan komentarmu

%d bloggers like this: