Jelang Honda Bikers Day 2017, Ratusan Anggota Klub Belajar Tanggap Darurat dan Safety Riding

Pelatihan Safety Riding

100 orang anggota Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) ikuti pelatihan basic life support dan safety riding di PT. Wahana Makmur Sejati (WMS)




Indomoto.com – Menyambut gelaran akbar tahunan pecinta sepeda motor Honda, Honda Bikers Day yang akan berlangsung pada 14 Oktober mendatang di Yogyakarta, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) bekali anggota Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) ilmu basic life support dan tentu saja safety riding.

Berlokasi di Safety Riding Training Center Wahana, Jatake Tangerang pada Sabtu (30/09), sebanyak 100 orang anggota AHJ padati ruang safety riding center Wahana sejak pagi. Pelatihan ini sangat penting diberikan kepada anggota komunitas Honda yang ‘kecanduan’ melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor, khususnya menuju Honda Bikers Day 2017 di Lapangan Udara Gunung Kidul, Yogyakarta. Pelatihan basic life support yang diberikan ialah Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

“Tidak menutup kemungkinan, perjalanan jauh dengan sepeda motor rentan dengan kecelakaan baik yang di sebabkan oleh diri sendiri ataupun kondisi di jalan,” papar PIC Community Development Wahana, Agus Sigit.

Ia juga menambahkan, langkah awal antisipasi kondisi kecelakaan di jalan raya, maka Wahana berikan edukasi terkait cara penanganannya.

Pelatihan Safety Riding

Pelatihan Safety Riding di PT Wahana Makmur Sejati

Dalam pelatihan, komunitas AHJ di berikan beragam contoh dan praktek langsung penanganan kecelakaan mulai dari cara membuka helm, memeriksa kondisi korban hingga tindakan awal seperti luka dan patah tulang.

“Meski terlihat sepele, namun pengetahuan ini dipastikan dapat menjadi penyelamat pada saat gawat darurat kecelakaan di jalan raya,” tambah Sigit.

Senada dengan Sigit, Head Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani berikan perhatian terhadap sosialisasi berkendara aman kepada komunitas sepeda motor. Menurutnya banyak hal menyangkut safety riding kepada kelompok yang hobi berkendara jauh dengan sepeda motor.

“Tidak hanya skill di atas motor, anggota komunitas juga wajib anut prosedur berkendara aman yang lain,” papar Agus Sani.

Pelatihan Safety Riding

Anggota Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) asah skill Safety Riding

Menurutnya, selain kemampuan berkendara, diperlukan juga penggunaan pakaian berkendara (riding gear) yang aman dan mengecek kondisi motor secara teliti sebelum touring. Ketiga hal tersebut juga masih perlu ditunjang dengan kondisi badan yang fit agar perjalanan bisa makin aman.

“Setelah skill, riding gear dan kondisi kendaraan, seluruh persiapan touring harus di dukung dengan kondisi pengendara yang sehat,” sambung Agus Sani.

Persiapan khusus yang diberikan wahana kepada anggota Asosiasi Honda Jakarta ini diharapkan dapat mendukung kegiatan akbar nasional Honda Bikers Day 2017. Pengetahuan ini diharapkan tidak hanya berguna untuk diri sendiri namun juga ‘ditularkan’ kepada masyarakat lebih luas lagi oleh anggota komunitas sepeda motor Honda.






2 Comments

  1. ndesoedisi
    04/10/2017
    • Yoshi
      04/10/2017

Add Comment

Tulis komentarmu

%d