Advertisements

Adu Spek Honda All New CBR 150R VS Yamaha YZF-R15

All New CBR 150R Indonesia

Honda All New CBR 150R yang dirilis hari ini memang akan bertarung head to head melawan Yamaha YZF-R15. Keduanya sama-sama bermesin 150cc, berbodi full fairing, bahkan harganya pun sangat dekat. Calon konsumen dipastikan akan galau untuk memilih satu di antara keduanya, karena dari sisi design keduanya sama-sama ganteng.

Nah, untuk sekedar pertimbangan, berikut ini saya buatkan tabel perbandingan spek antara kedua motor tersebut. Siapa tahu dapat membantu calon konsumen untuk mengambil keputusan.

adu-spek-honda-all-new-cbr-150r-vs-yamaha-yzf-r15

Dimensi All New CBR 150R VS YZF-R15

CBR 150R buatan PT AHM ini memiliki jarak sumbu roda yang lebih pendek, yang dapat membantunya untuk lebih mudah bermanuver di tengah kemacetan jalan. Tapi dia ternyata memiliki dimensi yang lebih gambot, sekaligus lebih berat dibanding rivalnya. Jadi skor untuk kemudahan bermanuver jadi 1 : 1.

Tinggi tempat duduk ini nampaknya perlu juga diperhatikan oleh calon konsumen. Jok CBR 150R ini 14 mm lebih rendah dibandingkan punya R15. Kalau brosis agak kurang tinggi (seperti saya) CBR akan lebih bersahabat, dari pada jinjit-jinjit balet saat macet.

Yamaha R15

Baca juga :

Oh ya, tinggi jok untuk pembonceng perlu dipertimbangkan juga brosis, apalagi yang senang touring bawa pasangannya. Pada spek keduanya tidak ada keterangan mengenai tingginya, namun kalau dilihat sekilas, nampaknya R15 jauh lebih nungging.

Kaki-kaki All New CBR 150R VS YZF-R15

Tidak banyak yang bisa dibahas di sini. Keduanya sudah mengaplikasikan ban tubeless. Ukuran ban belakang sama, sedang ukuran ban depan CBR satu step lebih lebar dibandingkan punya R15.

Tentang suspensi Pro-Link vs Link Type Monocross, terus terang saya belum punya pengalaman yang dapat saya jadikan acuan untuk membandingkannya.

Baca juga :

Kemampuan Engine All New CBR 150R VS YZF-R15

Nah di sini biasanya akan menjadi perdebatan seru antara FBY dan FBH, apalagi katup-katup CBR digerakkan oleh sistem DOHC, sedangkan R15 “cuma” mengandalkan sistem SOHC. Namun justru R15 menang telak pada kemampuan torsi maksimumnya.

Perbandingan kompresi CBR (11,0 : 1) lebih tinggi dari pada R15 (10,4 : 1). Perbandingan kompresi biasanya dihubungkan dengan boleh tidaknya minum premium. Makin tinggi kompresi, makin disarankan dia minum Pertamax.

Design All New CBR 150R VS YZF-R15

Kalau ngomong masalah design, ya memang relatif sekali brosis. Setiap orang bisa mempunyai penilaian yang berbeda. Kalau menurut brosis gantengan yang mana?

Advertisements
Tags: , , ,

Comments
  1. aripitstop
  2. Plat-R
  3. Bonsai Biker
  4. dwi
  5. Mas Sayur
  6. O=O
  7. zuroichi
  8. RPMspeed
  9. kudo78dk
  10. Maskur
  11. Terong Racing
  12. ImBluDi
  13. martin
  14. Sufyan Hamzah
  15. cbr lokal vs yamaha r15
  16. Among
  17. Medy
  18. Va'i
    • Ihromi Aji Yulianto
  19. Ihromi Aji Yulianto
  20. Abarai
  21. majid
  22. Love Speed
    • Cbr lover
  23. fathanjunivianto@gmail.com
  24. Rinaldi Septanto
    • radit
  25. Balikpapan
  26. heri

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: