Advertisements

Habal-Habal, Ojek Motor Yang Bisa Angkut 10 Orang Sekali Jalan

habal-habal Philippines

Ojek sepeda motor ternyata tidak hanya dimiliki Indonesia saja. Jika di sini tukang ojek paling banter hanya mampu membawa 2 orang penumpang (3 orang dengan pengemudi), di Pilipina seorang tukang ojek mampu membawa sampai dengan 13 orang sekaligus. Lho kok bisa?

Tukang ojek motor di Pilipina, terutama di daerah pegunungan Mindanao, memodifikasi motornya dengan sangat ekstrim, sehingga mampu membawa penumpang lebih banyak. Sepeda motor hasil modifikasinya disebut habal-habal.

Ada dua tipe habal-habal. Yang pertama menambah panjang jok (seat) sehingga panjangnya melebihi roda belakang. Habal-habal tipe ini bisa membawa 4 penumpang di belakang pengemudi. Ini masih bisa bisa ditambah anak kecil atau orang dewasa yang berbadan kecil di depan pengemudi.

habal-habal Philippines

Baca juga :

Tipe kedua, modifikasi motornya jauh lebih menyeramkan. Dua buah papan kayu dipasang di kiri dan kanan badan motor, sehingga masing-masing mampu menampung 4 sampai 5 orang. Ditambah penumpang di belakang dan di depan pengemudi, sehingga total penumpang bisa mencapai 13 orang. Termasuk barang-barang bawaan, macam tas, sayuran, ayam, dan lain-lain.

Tidak habis pikir bagaimana si pengemudi menjaga keseimbangan motornya, apalagi saat melewati jalan yang rusak? Bagaimana pula cara menaikkan dan menurunkan penumpang?

Hmmm . . . entahlan. Seru-seru serem nih.

Catatan : gambar dari berbagai sumber.

——-
Silahkan bersilaturahmi dengan Indomoto.com melalui :

Advertisements
Tags: , , , , , ,

Comments
  1. KomMotor
  2. Wahyu
  3. RPMspeed
  4. 4G92Mivec
  5. touringrider
  6. motogokil
  7. agoey
  8. cahyadip
  9. nurahmanafandi
  10. klg
  11. vimax

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: