Templates by BIGtheme NET

Bedah Blog : TMCblog.com Inspirator Blogger Otomotif Indonesia

bedah blog tmcblog.com

Siapa tidak kenal TMCblog.com, warungnya Wak Haji Taufik? Artikel-artikel TMCblog selalu menjadi referensi blog-blog dan situs-situs otomotif baik di Indonesia bahkan luar negeri. Begitu kondangnya TMCblog, sehingga menjadi inspirator lahirnya blogger-blogger otomotif di negeri kita tercinta ini, termasuk blog ecek-ecek Indomoto ini.

Sejak pertama kali ngeblog tanggal 17 Maret 2008, dengan artikel pertamanya Hello World, Wak Haji Taufik begitu konsisten mem-publish artikel-artikel bermanfaat. Konsistensinya ini yang susah ditiru oleh blogger-blogger pemula. Sampai saat artikel bedah blog ini ditulis, TMCblog, sesuai data di arsipnya, sudah memiliki 5.171 artikel.

Sesuai pengamatan Indomoto, TCMblog rata-rata menelurkan 3 sampai 5 artikel setiap hari. Hebatnya artikelnya panjang-panjang, sangat menarik, dan sangat update dengan kondisi terkini. Ini sungguh luar biasa, karena TMCblog dikelola oleh satu orang penulis saja. Hanya majalah otomotif dengan banyak wartawan yang bisa menandinginya. Kalau blog-blog yang cuma kopas sono sini ya jangan dihitung.

Google Pagerank TMCblog.com

tmcblog.com google pagerank

Berdasarkan CheckPageRank, domain TMCblog.com memiliki PR4, dengan 780.129 ribu backlinks dari 660 domain yang berbeda, termasuk 1.581 backlinks dari domain .edu (situs edukasi, milik sekolah-sekolah dan perguruan tinggi).

Menurut ilmu SEO (Search Engine Optimization), semakin banyak backlink, berarti semakin penting situs tersebut, itu sebabnya Google memberi Pagerank yang lebih tinggi (angka PR semakin tinggi semakin top). Coba bandingkan dengan blog brosis sendiri.

Sebagai gambaran, Indomoto hanya memiliki PR2. Artinya, jika TMCblog dan Indomoto menulis artikel dengan judul yang sama, isi konten sama persis, di-publish dalam waktu yang bersamaan, maka saat pencarian di google TMCblog akan berada di atas Indomoto. Dengan demikian TMCblog akan memperoleh klik lebih banyak.

Traffic Ranks TMCblog.com

tmcblog alexa rank

Berdasarkan data di Alexa, TMCblog.com adalah situs dengan trafik paling ramai peringkat 44.635 se-dunia dan peringkat 628 se-Indonesia (angka Alexa Rank semakin kecil semakin top).

Menurut situs WOW, TMCblog dikunjungi oleh 32.051 orang setiap harinya, dengan total 160.120 halaman yang dibuka (pageviews) perhari.

Asli Indomoto iri banget dengan pageview-nya. Trafik TMCblog sehari sama dengan trafik Indomoto setahun 🙁

Berapa Harga TMCblog.com?

tmcblog - worth of web

Ha ha . . . tentu saja tidak dijual sama Wak Haji Taufik. Kalau gak percaya, silahkan saja brosis tawar. Brosis harus bersyukur kalau cuma dipelototin Wak Haji. Lagi pula brosis punya duit berapa?

Masih berdasarkan data di situs WOW, TMCblog.com memiliki nilai setara dengan US$ 244,645. Jika US$ 1 sama dengan 12 ribu rupiah, maka nilai TMCblog adalah Rp. 2.935.740.000,- alias hampir tiga miliar Rupiah. #ngiler

Pendapatan Iklan TMCblog.com

Nah ini . . . nah ini yang paling seru. Berdasarkan jumlah pageview-nya, WOW memperkirakan pendapatan TMCblog dari iklan adalah US$ 480 perhari atau US$ 14,400 per bulan. Yuk kita rupiahkan . . . eng ing eng . . Rp. 172.800.000,- / bulan.

Perhitungan biasanya berdasarkan click rate Google Adsense. Berhubung TMCblog menggunakan WordAds, angkanya bisa berbeda. Tapi tetap saja luar biasa.

Catatan:

Semua angka di atas hanyalah estimasi yang dilakukan oleh program komputer milik situs-situs yang disebutkan. Tidak semuanya benar.

49 comments

  1. ajib tenan,..saingan om kicau nih…dibawah om.kicau dikit kayaknya…

  2. Salut sama wak haji taufik

  3. Like this….

  4. Wordads itu lebih besar daripada google advense katanya 😀

    Makanya Wordads ekslusif karena cuma lihat iklan tanpa klik dapat duit! 😀

    Artikele akeh ya, 5ribuan selama 6 tahun berarti setahun ada kurang dari 1000’an lah. Josss. Punyaku baru 7rts wkwk

    Impian yang belum tercapai 4. Pagerank, .com, duit iklan, dan diakui di Indonesia 🙂

    http://wongndeso1994.wordpress.com/2014/02/22/kelebihan-muatan-atau-memang-normal/

  5. Waduh di bedel bedel hehehe .. Apa iya angkanya kayak yang diatas? Akubkoq ya merasa nggak ada bedanya sama saat duku pertama ngeblog .. Ya blogger biasa aja yang kebetulan ada bahan untuk dishare

    • Ngapunten Wak, diedel-edel blognya 🙂
      Mengenai angkanya itu cuma estimasi robot, mengenai kebenarannya hanya Wak Haji yang tahu.

  6. Wih.. pendapatan kui sing penting.

  7. kalo iwanbanaran.com piye kang…

  8. dahsyat..top abisss..luar biasa..amazing..standing applause..ikut ngiler dan minta traktir..hehe..
    🙂

    http://hulssay.com/2014/02/21/5-potongan-rambut-undercut-terbaru-untuk-pria/

  9. Cuman ngeces liat hasil bedahnya…
    Semoga suatu saat kita bisa seperti TMC Blog.. :mrgreen:
    Amiiin…

  10. kang taufik niat awalnya cuma sharing sharing sharing dan sharing doang kata beliau bro, hehe. kalo dapet duit, itu bonuse katanya, hihi
    http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/02/23/test-ride-suzuki-inazuma-si-besar-yang-bersahabat-part-1/

  11. target berikutnya blognya si ipan jomblis om 😀

  12. salah satu inspirasi buat bikin blog. sudah mulai ngeblog saat saya mulai rutin main internet

  13. Widih, “meresensi” blog roda 2 kondang dengan komprehensif. Joss!

  14. Suzuki diam-diam siapakan produk baru http://bit.ly/1gXRsnR

  15. jros gandrossss…..

  16. semoga panjang umur kang haji, salam sukses dan kreatif http://www.bordiranku.com

  17. trafik blog adalah segalanya

  18. klo dilihat memang update bget blognya

  19. wow juga trafiknya. termasuk salah satu blogger wp.com yang diutamakan mungkin yah? artikelnya saja sudah ribuan. saya yang sampai saat ini baru 60an saja sudah kewalahan.

  20. melu seneng
    lam kenal, kurus mekanik motor terapan di Jogja
    http://www.auto-champion.com

  21. memang kalau fokus di satu web akan berbuah juga seiring waktunya..

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: