Komponen Harga Bukan Cuma Kualitas Material

Skutik TVS Dazz

Menjelang liburan lebaran Idul Fitri, dipastikan harga tiket bus, kereta, pesawat terbang, naik semua. Kadang kenaikannya sampai 2 kali lipat. Mengapa? Sederhana saja, demand-nya (permintaannya) melonjak drastis. Kasus yang sama terjadi pada harga kambing saat menjelang Hari raya Idul Adha.

Lalu apa hubungannya sama otomotif?

Beberapa hari yang lalu PT TVS Motor Company Indonesia (PT TVSMCI) meluncurkan produk baru, skutik Dazz. Harga yang dibandrol cukup mengejutkan, hanya 9,99 juta rupiah saja. Dibandingkan dengan skutik merk lain, harga ini memang sangat murah. Bagaimana dengan kualitasnya? Apakah murahan juga?

Tidak semudah itu mengadili sebuah produk. Apalagi informasinya cuma dari bisikan teman, belum melihat dengan mata sendiri. Berburuk sangka itu namanya.

Jangan lupa bahwa komponen harga itu bukan cuma kualitas material. Namun ada yang lebih mendasar, yaitu suppy vs demand. Hukum dasar ekonomi, buka lagi pelajaran ekonomi di SMA. PT TVSMCI kelihatannya paham betul bahwa demand terhadap produknya masih sangat minim, jadi tidak mungkin mereka membrandrol produknya sama dengan produk merk lain, dengan spek yang sama, yang demand-nya memang sudah melimpah.

BTW, industri otomotif itu sekarang sudah mirip-mirip industri komputer. Apapun merknya, Lenovo, HP, Acer, Toshiba, menggunakan prosesor buatan Intel.

Produsen sepeda motor yang serius, biasanya juga menggunakan supplier yang sama. Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, TVS, meng-inject plastik di supplier yang sama, di mesin yang sama, dengan material yang sama, hanya beda mould saja.

Mereka juga meng-inject aluminium di supplier yang sama, di mesin yang sama, dengan material yang sama, hanya beda dies saja.

Gak percaya? Tanya saja suppliernya!

Tags: , , , ,

Comments
  1. Mas Sayur
    • Yoshi
  2. Erit07
  3. Rio
  4. bocah
  5. Mase
  6. avokadojuice
  7. kasamago
  8. ipanase
  9. st3v4nt
  10. syahsyah
  11. Erviani Carolina

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: