Templates by BIGtheme NET

Gila, Solo Riding Yogya – Milan Pake Vespa Tua

Andy Leeano

Andy Leeano, warga Umbulharjo, Yogyakarta, ini nekat solo riding ke Milan, Italia, menggunakan vespa tua. Berangkat hari Jumat, 1 Juni 2012, perjalanan Andy akan didampingi beberapa temannya selama di Indonesia. Selanjutnya Andy akan sendirian menempuh Malaysia, Thailand, Myanmar, Nepal, Bangladesh, India, Pakistan, Irak, dan Turki, dan akan berakhir di Italia. Total jarak yang ditempuh kurang lebih 27.000 kilometer, diperkirakan akan memakan waktu 1 tahun.

Tidak main-main, Andy menyiapkan dana tak kurang dari 980 juta rupiah, yang sebagian sudah digunakan untuk mempermak vespa Piaggio 150cc dengan nomor polisi AB-6229-KA miliknya. Sepeda motor keluaran 1961 tersebut telah dilengkapi dengan berbagai peralatan tambahan seperti GPS, kamera, dan pengeras suara untuk mengusir binatang buas. Andy juga menambahkan tangki bensin cadangan yang bisa memuat 30 liter untuk jarak tempuh 1.000 kilometer.

Menurut Andy, motor tersebut dibelinya 8 tahun lalu seharga 3 juta rupiah. Sebelumnya Andy juga sudah pernah keliling Indonesia dengan motor warna biru silver ini.

Setiba di Italia, ia akan berkunjung ke pabrik Piaggio dan museum Piaggio di Milan. Ia ingin membuktikan bahwa Vespa tua yang dimilikinya adalah kendaraan yang tangguh, yang bisa melaju di berbagai medan. Di Italia dan negara-negara yang dikunjungi, Andy juga akan melakukan promosi budaya Jawa, terutama batik yang ia kenakan selama menempuh perjalanan.

“Target saya minimal enam bulan, tapi bisa juga mencapai satu tahun karena melewati daerah konflik butuh waktu lama. Sesudah dari sana ya kembali naik pesawat, vespanya dipaketkan,” demikian menurut Andy yang punya koleksi ratusan vespa ini.

7 comments

  1. semoga selamat sampai tujuan

  2. Wih, nekat. Salut & mantap tu bro.

  3. jangan lupa pake helm. semoga sukses

  4. wogh manteb, harusnya juga pake helm ya mas ya :D, vespanya irit 1000 km/ 30 ltr = 33.333

  5. manteB .. baru juga mas andy ini memulai perjalanan , ehh aku udah pulang dari Milan.. ga bisa ketemu dehh 🙂

  6. Gak papa deh, yang penting oleh-olehnya 🙂

  7. skrg gimana ya nasibnya? udh di indo kah?

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: