Jangan Asal Unik, Simak Nih 4 Tips Memilih Nama Domain !

Nama domain adalah alamat yang harus Anda miliki agar blog, website, atau toko online Anda dapat diakses di internet dengan browser. Jika Anda biasa menggunakan Firefox (atau browser yang lain), nama domain adalah alamat yang kita ketikkan di address bar.

Satu nama domain hanya dapat dimiliki oleh satu orang atau satu perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Sebelum jangka waktu tersebut habis maka domain tersebut harus diperpanjang agar dapat terus dimiliki oleh orang atau perusahaan tersebut. Jika tidak diperpanjang maka domain tersebut akan hangus (drop) sehingga siapa saja bebas untuk mendaftarkannya kembali sebagai miliknya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih domain :

#1 Pilihlah domain dengan akhiran dot com

Jika Anda serius dalam bisnis, pilihlah domain dengan akhiran dot com. Meskipun saat ini banyak alternatif akhiran domain, misalnya dot net, dot org, dot biz, dot info, dot tv, dot ws, dot cc, dan lain-lain, akhiran dot com masih yang paling populer.

#2 Sesuaikan nama domain dengan keyword Anda

Pilihlah nama domain yang sesuai dengan kata kunci (keyword) utama yang mencerminkan produk anda. Misalnya produk anda adalah sebuah e-book tentang bisnis di internet, maka nama yang bisa anda gunakan adalah rahasiabisnis.com atau trikbisbis.com atau bisnisinternet.com.

Lain lagi jika e-book Anda tentang sepak bola, domain Anda misalnya gilabola.com, bolamania.com, ligaindonesia.com, dan lain-lain.

Gunakan imajinasi dan kreatifitas Anda untuk menemukan nama domain yang paling sesuai dengan produk Anda.

#3 Pendek dan mudah diingat

Seperti halnya nama toko biasa, pilihlah domain yang pendek dan mudah diingat. Nama domain yang panjang atau nama domain yang tidak dapat dieja, misalnya domain yang terdiri dari huruf-huruf konsonan saja, akan sulit diingat, artinya . . . sulit untuk jadi populer.

Contoh nama domain yang TIDAK populer : llkghw.com, ssptkr.com, rahasia-bisnis-internet.com

#4 Jangan gunakan angka atau hyphen ( – )

Hindari penggunaan angka, atau hyphen ( – ). Meskipun banyak orang menggunakan hyphen untuk nama domain mereka, namun banyak pula pakar internet yang bilang bahwa penggunaan hyphen untuk nama domain hanya mengotori address bar saja.

Lagi pula jika nama domain Anda mengandung angka, atau hyphen, nama domain Anda akan jadi sulit untuk dieja. Sekali lagi, sulit dieja = sulit diingat = sulit untuk jadi populer.

Memilih nama domain yang dapat mewakili produk kita, sekaligus pendek dan mudah diingat adalah gampang-gampang susah. Domain dengan kata-kata dalam bahasa Inggris yang bagus (dan ada artinya) hampir pasti sudah didaftarkan orang. Demikian juga nama domain yang pendek, antara 1 sampai dengan 4 huruf.

Karena pasar yang anda bidik adalah pasar Indonesia, maka pilihlah domain dengan kata-kata dalam bahasa Indonesia. Memilih nama domain yang bagus dalam bahasa Indonesia masih lumayan mudah. Jika Anda kreatif, masih sangat mungkin menemukan nama domain yang bagus.

Tags: , , , ,

Comments
  1. ijul
  2. Kacang Hijau
  3. Admin
  4. Zhang
  5. Chuya
  6. minimo
  7. jasa penerjemah di jakarta
  8. ilmu komputer
  9. Robina Village
  10. capung2

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: