Yamaha Merilis R1S, Versi Hemat Dari Yamaha R1!

yamaha r1s

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Yamaha di luar negeri sana telah merilis secara resmi dua superbikenya yang memiliki kubikasi mesin 1000cc. Ya,adalah R1 dan R1M yang masing-masing sudah dirilis pertengahan tahun 2015 kemarin. Jauh sebelum kita melihat sosok R1 dan R1M secara gamblang, ternyata Yamaha sudah menyiapkan versi budget alias versi hemat dari kedua motor kencang ini. Ya, Yamaha R1S!

Dilansir oleh media Visordown,R1S memang sudah terkuak bahwa akan diluncurkan beberapa bulan setelah kedua siblingsnya dirilis ke hadapan publik. Sudah diduga, motor ini akan menjadi tipe yang paling rendah diantara keluarga Yamaha R1 diseluruh dunia.

Motor ini memiliki spesifikasi yang juga lebih rendah daripada kedua saudaranya. Maka dari itu, harganya pun menjadi lebih murah daripada kedua saudaranya. Contoh pengurangan harga tersebut adalah pengurangan kualitas part agar menekan harga menjadi semakin murah.

Contohnya, motor ini memakai setang piston dan exhaust header dari baja, bukan titanium seperti kedua saudaranya. Selain itu, pengurangan kualitas part juga terlihat dari velg, engine cover dan lainnya dari alluminium, bukan magnesium. Bobotnya pun menjadi lebih berat sekitar 4 kg.

Tidak adanya quick-shifter juga menjadi kekurangan tersendrii bagi Yamaha R1S. Namun, Yamaha tetap mempertahankan sistem kontrol traksi spesifikasi tinggi dengan unit pengukuran inersia (Inertia Measurement Unit/IMU).

Tidak punya uang yang cukup untuk menikmati sensasi kencang ala motor 1000cc baru seperti Yamaha R1 dan R1M? R1S bisa jadi pilihan (tentu buat orang bule di Washington sana, Indonesia belum kebagian :D). Tak ada embel-embel “S” pula di motor ini, menjadikannya tetap terkesan mewah tanpa ada kesan murah di motor ini.

Di Amerika Serikat, R1S dibanderol di angka US$ 14.990 (sekitar Rp 208 jutaan) lebih murah US$ 2.000 (sekitar 27 jutaan) dari versi R1 standar. Hmm, ada yang mau? Silahkan impor langsung dari amerika bro and sist! Pastinya keren dan beda dengan yang lain nih, si R1S! Semoga masuk Indonesia secepatnya.

Salam,
(mGue/AR)

Add Comment

Tulis komentarmu

Exit mobile version