Cara Mengganti Baterei Di Tablet Advan Vandroid

tablet-advan-e1-b

Tablet Advan Vandroid E1-B milik si Junior ini sudah beberapa minggu tidak dipakai, karena batereinya terlalu cepat habis. Pada saat di-charge, mungkin hanya perlu waktu 20 menit saja agar baterei penuh. Tapi begitu dipakai indikator baterei langsung drop.

Secara spec, tablet ini memang sudah gak layak lagi buat main game. Makanya si Junior udah dapat penggantinya yang lebih kekinian.

Tapi kalau Vandroid ini sehat kan lumayan buat buka-buka WordPress dan Twitter. Masalahnya nyari batereinya ternyata gak semudah nyari baterei hape. Muter-muter di konter-konter hape di Cileungsi, gak ada yang punya. Kalaupun ada harganya lebih dari 300 ribu rupiah, gak imbang sama harga tabletnya 🙁

Iseng-iseng nyari batereinya di Bukalapak, ternyata nemu seller yang menjual baterei Vandroid ini dengan harga hanya 100 ribu rupiah. Plus ongkir 10 ribu, jadi total 110 ribu rupiah. Oh ya, ini adalah pengalaman saya pertama kali bertransaksi di Bukalapak.com (mungkin lain kali saya tulis lebih detail).



Dua hari kemudian pesanan saya sudah datang (cepat juga ya). Tidak seperti baterei hape, baterinya tablet Vandrod ini panjang sekali (sekitar 15 cm).

Nah kini saatnya untuk memasang baterei baru ini.

1. Buka cover kecil penutup kartu dan memori di bagian belakang. Lepas kartu dan memorinya. Di sana akan terlihat dua buah screw kecil. Buka screw tersebut menggunakan obeng plus kecil (obeng elektronik).

2. Setelah itu buka cover belakang tablet. Gunakan kuku untuk mencongkel sisi cover, mulai dari bagian bawah tablet, dan melingkar hingga bagian atas. Hati-hati dengan antena TV-nya (Tablet Vandroid ini memang ada TV analognya bro).




3. Ambil baterei yang lama. Perhatikan bahwa baterei memiliki tiga kabel yang disolder ke bagian mainboard-nya, masing-masing kabel warnanya berbeda. Pasang baterei baru, solder kabel ke mainboard sesuai warnanya.

4. Pasang kembali cover belakang, screw, kartu dan memori, serta cover penutup kartu. Selesai.

Alhamdulillah . . . Tablet Vandroid ini sekarang sudah sehat seperti sedia kala. Sekarang dengan tablet ini saya bisa mengikuti group Whatsapp D’Gujubar yang berisik banget.



6 Comments

  1. rayman95
    03/09/2015
  • Supono Wahyudi
    03/09/2015
  • mansarPost
    03/09/2015
  • eljo
    19/04/2020
  • Add Comment

    Tulis komentarmu

    Exit mobile version