Mengisi Liburan Dengan Berwisata Ke Penangkaran Rusa Cariu

penangkaran-rusa-cianjur

Hari Minggu pagi kemarin (19/07/2015), saya mengajak Junior untuk berwisata alam ke Wana Wisata Penangkaran Rusa yang berada di Kampung Nanggung, Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor. Meskipun berada di Kecamatan Tanjungsari, tapi banyak orang mengira Penangkaran Rusa ini masuk wilayah Cariu.

Penangkaran Rusa ini dapat dicapai dengan mudah, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasinya berada di pinggir jalan, kurang lebih 12 km dari Cariu, arah ke Cianjur. Kondisi jalan cukup bagus, namun di beberapa titik agak bergelombang. Hari Minggu kemarin, saat saya melintas di jalan ini, jalan cukup padat dengan kendaraan yang mudik, balik, maupun yang berwisata.

Saat liburan lebaran ini, biaya parkirnya 5 ribu rupiah untuk sepeda motor, dan tiket masuk seharga 10 ribu rupiah per orang. Di hari biasa (bukan liburan lebaran) mungkin harga tiketnya lebih murah.

Setelah membayar tiket masuk, kita berjalan kaki menuju lokasi melalui jembatan gantung yang melintang di atas sungai Cibeet. Sungai Cibeet ini cukup lebar, tapi airnya tidak terlalu dalam. Apalagi di musim kemarau seperti ini. Sungainya dipenuhi dengan bebatuan besar dan kecil.

Setelah menyeberang kita masih harus berjalan kaki sekitar 400 meter di sisi sungai untuk menuju area penangkaran rusa. Sepanjang jalan ini ada beberapa pedagang menjajakan makanan dan minuman ringan.

Di area penangkaran, tersedia panggung untuk mengamati rusa. Berhubung rusanya tidak ada yang menampakan diri, saya turun ke padang rumput, yang sayang rumputnya menjadi kering di musim kemarau ini, dan berjalan ke hutan di seberangnya.

Sayangnya lagi, saya datang terlalu siang, sekitar jam 11:00, bahkan rimbunnya pepohonan yang menghiasi areal penangkaran ini tak mampu membendung terik matahari. Mungkin karena terlalu terik, sehingga rusanya memilih untuk bersembunyi di tempat yang teduh.

Alhasil, saya dan Junior hanya bisa melihat dua ekor rusa yang sedang lari kejar-kejaran. Itupun hanya sekejap saja, setelah itu mereka menghilang dari pandangan.

Sekedar saran bagi Anda yang ingin mengunjungi Wana Wisata Penangkaran Rusa ini, sebaiknya Anda sampai di sini pagi-pagi sekali. Karena di pagi hari, kesempatan Anda melihat rusa akan semakin besar, karena masih banyak yang berkeliaran di padang rumput.

Di siang hari, selain rusanya ngumpet, terik matahari juga kurang bersahabat untuk menghasilkan photo-photo yang bagus.

One Response

Add Comment

Tulis komentarmu Batalkan balasan

Exit mobile version