AHM Tanam 12.000 Pohon untuk Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar

pt-ahm-tanam-12-ribu-pohon

PT Astra Honda Motor (AHM) mengakhiri rangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) 2014 dengan melakukan penanaman 12.000 pohon di area Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat. Penanaman ini melengkapi keseluruhan komitmen pelestarian lingkungan hidup yang tahun ini telah menanam 145.000 pohon di Tanah Air.‎

Aksi penghijauan AHM akhir tahun ini digelar untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan di Gunung Luhur, Cikuluwung, lingkungan Kasepuhan Ciptagelar, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat (18/12). Penghijauan yang dilakukan diharapkan dapat merivitalisasi fungsinya sebagai hutan resapan air demi terwujudnya kondisi lingkungan hidup yang lebih baik, yang salah satunya berfungsi menjaga debit air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro yang dibangun AHM untuk masyarakat adat Ciptagelar pada 2012.

Kegiatan penanaman pohon ini dilakukan AHM bersama anak perusahaannya yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, dan PT Showa Indonesia Manufacturing. Adapun jenis pohon yang ditanam adalah‎ damar, rasamala, puspa, akasia, dan mahoni.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyatakan selain dengan menuntaskan misi penerapan teknologi injeksi PGM-FI di semua lini produk sepeda motor Honda yang terbukti lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, AHM juga turut aktif melakukan beragam kegiatan peduli lingkungan diantaranya dengan penanaman ribuan pohon.

“Selain mewujudkan semangat peduli lingkungan, penanaman pohon kali ini merupakan upaya kami untuk menjaga keberlangsungan pembangkit listrik mikrohidro yang kami bangun sebelumnya yang memang sangat bergantung pada terjaminnya debit air. Selain sebagai resapan air, pohon ini nanti akan menjadi peneduh tanaman sekunder, termasuk kopi yang saat ini sedang dikembangkan masyarakat adat Ciptagelar.”

Untuk mendukung pemantauan pohon-pohon yang telah ditanam oleh masyarakat di kawasan penghijauan tersebut, AHM juga menyerahkan donasi berupa sepeda motor Honda Verza 150R yang diserahkan kepada Ketua Masyarakat Adat Kasepuhan Ciptagelar Kesatuan Adat Banten Kidul Ugi Sugriyana Rakasiwi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong kehidupan masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar yang sudah dikenal dengan upayanya menjaga kelestarian alam di sekitarnya.”

Untuk dapat mengoptimalkan program pelestarian lingkungan ini, AHM telah mengembangkan laboratorium kultur jaringan yang mampu menghasilkan ribuan bibit berbagai jenis pohon. Dengan program ini diharapkan program penanaman pohon ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan di masa mendatang. Di tahun 2014 ini, AHM telah meninggalkan jejak hijaunya dengan menanam 145.000 pohon di antaranya di Gunung Papandayan Jawa Barat, Gunung Burangrang Jawa Barat, Cicalengka Jawa Barat, Taman Kota PGC DKI Jakarta, Kawasan SMKN 5 Jember Jawa Timur, dan Kawasan Kali Ciliwung DKI Jakarta.

Selain aktifitas kepedulian lingkungan, perusahaan juga senantiasa menjalankan program CSR lainnya berupa kegiatan yang berorientasi pada pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat atau income generating activity (IGA). Program ini dilaksanakan sebagai upaya perusahaan untuk menjadi bagian dari aset yang bermanfaat bagi bangsa.

Add Comment

Tulis komentarmuBatalkan balasan

Exit mobile version