Suzuki Avenis 125 Usung Fitur-Fitur Menarik, Simak Spesifikasi Dan Harganya

Suzuki Avenis 125

Indomoto.com – Beberapa waktu lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan produk sepeda motor terbaru Suzuki Avenis 125, di gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022. Skutik ini merupakan produk global, karena sebelumnya sudah dipasarkan di India, Eropa, dan beberapa negara di Asia.

Mengusung tagline “Your City, Your Way“, Avenis 125 memiliki desain dan mesin yang dirancang untuk kebutuhan berkendara harian, dan terutama di perkotaan. Apa saja yang ditawarkan Suzuki Avenis 125 ini untuk menarik minat pasar Indonesia? Yuk, kita simak ulasannya di bawah ini.

Desain Modern dan Futuristik

Avenis 125 memiliki desain dengan sudut-sudut yang tajam dan tegas, sehingga berkesan modern dan futuristik.

Dari depan, skutik ini menampilkan desain yang kekar dan aerodinamis, dengan headlamp dan DRL berbentuk garis vertikal yang telah dilengkapi dengan teknologi LED yang membuat pencahayaan menjadi lebih terang sekaligus hemat energi. Lampu sein yang unik disematkan pada cover stang, di mana terpasang visor kecil berwarna hitam yang manis.

Tampak samping, Avenis 125 memiliki dek yang rata dan luas, membuat pengendara nyaman menempatkan kakinya. Bodi samping tampil dengan lekukan-lekukan yang tajam. Dengan ban depan berukuran 90/90-12 inci, ban belakang 100/90-10 inci, serta ground clearance 160 mm yang membuat perjalanan menjadi lebih nyaman untuk berbagai kondisi jalan.

Suzuki Avenis 125 Warna Metallic Matte Fibroin Grey / Lush Green (Dual Tone)

Sementara itu, dari belakang tampak sepasang stoplamp yang cukup besar, dan lampu sein yang disematkan secara terpisah. Tutup fueltank disematkan di belakang jok, sehingga pengisian bahan bakar menjadi lebih praktis, karena pengendara tidak perlu membuka jok.

Secara keseluruhan, skutik ini berukuran kompak, dengan panjang 1.895 mm, lebar 710 mm, serta tinggi 1.175 mm. Ukuran yang kompak ini memudahkan untuk bermanuver saat berkendara di perkotaan yang padat.

Mesin Bertenaga dan Ramah Lingkungan

Avenis 125 mengusung mesin 125cc, 4-stroke, 1-cylinder, air-cooled, SOHC, FI, yang mampu memuntahkan tenaga hingga 8,7 PS pada 6750 rpm dan torsi puncak 10 Nm pada 5500 rpm.

Mesin ini telah dilengkapi dengan teknologi Suzuki Eco Performance (SEP) yang diklaim mampu menghasilkan akselerasi yang kuat dan respons instan terhadap putaran throttle, sekaligus tetap hemat bahan bakar dan emisi yang ramah lingkungan.

Fitur Menarik dan Fungsional

Motor terbaru Suzuki ini juga membawa berbagai fitur menarik dan fungsional yang menjadi keunggulan Suzuki Avenis 125, berikut di antaranya:

  • Kompartemen dan Bagasi yang luas

    Avanis 125 memiliki dua kompartemen di bagian depan, dengan berkapasitas 1 liter yang bisa digunakan untuk menyimpan handphone, sarung tangan, dan lain-lain.

    Sementara itu bagasi di bawah jok memiliki kapasitas besar, sekitar 22 liter. Bagasi ini mampu menampung berbagai barang bawaan pengendara, seperti jas hujan, sepatu atau sandal cadangan, barang belanjaan, serta peralatan bengkel sederhana.

  • Full Digital Panel Meter

    Skutik ini dilengkapi dengan panel meter digital yang dapat menampilkan berbagai informasi penting yang dibutuhkan oleh pengendara, seperti speedometer, indikator bensin, trip meter, konsumsi bahan bakar, eco drive indicator, dan lain-lain.

  • USB Outlet

    Pengendara tidak perlu kawatir kehabisan daya ponsel mereka, karena mereka dapat mengisi ulang melalui USB Outlet yang disematkan di kompartemen depan yang mudah diakses. Fitur ini tentunya sangat bermanfaat, terutama saat perjalanan jauh.

  • Combined Brake System

    Teknologi pengereman CBS (Combined Brake System) disematkan untuk pengereman yang lebih stabil. Pada saat tuas rem kiri dioperasikan, maka tenaga pengereman akan disalurkan ke rem cakram pada roda depan dan rem tromol pada roda belakang secara bersamaan, sehingga pengeraman menjadi aman, bahkan untuk pengendara pemula sekalipun.

  • Suzuki Easy Start System

    Suzuki Easy Start System merupakan fitur canggih yang sebelumnya hanya disematkan pada moge Suzuki. Dengan fitur ini menyalakan mesin menjadi jauh lebih mudah, hanya cukup dengan sekali menyentuh tombol electric starter.

    Saat tombol electric starter ditekan, ECU akan mengontrol pasokan listrik dan bahan bakar, sehingga mesin dipastikan hidup dengan jeda maksimal 4 detik.

Selain fitur-fitur di atas, Avenis 125 juga membawa fitur-fitur standar yang sudah disematkan Suzuki pada skutik-skutik mereka, seperti Theft Deterrent Key System (sistem kunci untuk mencegah pencurian), Rear Brake Lock, dan Side Stand Interlock System.

Harga Suzuki Avenis 125

Suzuki Avenis 125 dipasarkan dengan bandrol harga Rp. 29.970.000,- untuk kondisi on the road (OTR) Jakarta dan sekitarnya. Untuk daerah lain mungkin akan sedikit berbeda. Seperti halnya motor Suzuki yang lain, skutik ini dapat dibeli secara cash maupun kredit.

Terdapat 3 pilihan warna menarik, yaitu Metallic Matte Black, Pearl Mirage White / Metallic Mat Fibroin Grey (Dual Tone), dan Metallic Matte Fibroin Grey / Lush Green (Dual Tone).

Buat kalian yang penasaran dengan skutik ini, kalian bisa melakukan test ride Suzuki Avenis 125 agar dapat merasakan secara langsung sensasi mengendarinya. Untuk info selengkapnya, kalian bisa mengunjungi situs resmi Suzuki atau datang langsung ke dealer Suzuki terdekat.

Spesifikasi Suzuki Avenis 125

Overall length 1,895 mm (74.6 in.)
Overall width 710 mm (28.0 in.)
Overall height 1,175 mm (46.3 in.)
Wheelbase 1,265 mm (49.8 in.)
Ground clearance 160 mm (6.3 in.)
Seat height 780 mm (30.7 in.)
Curb mass 107 kg (235.9 lbs.)
Engine type 4-stroke, 1-cylinder, air-cooled, SOHC
Bore x stroke 52.5 mm x 57.4 mm (2.1 in x 2.3 in.)
Engine displacement 124 cm³ (7.6 cu. in.)
Compression ratio 10.3 : 1
Fuel system Fuel injection
Starter system Electric + Kick
Lubrication system Wet sump
Transmission CVT
Front suspension Telescopic, coil spring, oil damped
Rear suspension Swingarm type, coil spring, oil damped
Rake / trail 26°30′ / 89 mm (3.5 in.)
Front brake Disc
Rear brake Drum
Front tire 90/90-12, tubeless
Rear tire 90/100-10, tubeless
Ignition System Electronic ignition (transistorized)
Fuel tank capacity 5.2 L (1.4 / 1.1 US / lmp gal)
Oil capacity (overhaul) 0.8 L (0.2 / 0.2 US / lmp qt)


Add Comment

Tulis komentarmuBatalkan balasan

Exit mobile version