Sudah Ingin Kredit Mobil Baru? Begini Cara Mengatur Uangnya!

kredit mobil

Indomoto.com – Membeli mobil secara tunai memang akan bisa menghemat dan mempermudah transaksi karena Anda tidak akan dibebani bunga kredit secara berkepanjangan. Namun, Anda harus memiliki budget yang pas dulu untuk bisa menikmati sistem ini. Kadang harus menabung dahulu dalam waktu yang cukup panjang.

Walaupun demikian, dengan uang pas-pasan tentu Anda bisa juga membeli mobil baru. Salah satunya dengan cara kredit mobil. Walaupun akan cukup membebani, namun jika dapat mengaturnya dengan baik, Anda tidak akan keberatan walaupun dengan uang yang pas-pasan.

Cara Mengatur Uang Untuk Kredit Mobil

Seperti yang telah dijelaskan bahwa sistem kredit akan memberikan beban berkepanjangan untuk Anda, namun ini merupakan suatu cara terbaik untuk mempunyai mobil tanpa mengorbankan dana untuk kepentingan penting yang lain.

Mungkin hal berikut dapat menjadi panduan yang tepat untuk Anda yang ingin mengajukan kredit mobil dan melindungi agar tidak over budget. Berikut penjelasannya:

  1. Tentukan Mobil Yang Tepat

    Pertama, pastikan terlebih dahulu tujuan dan kebutuhan Anda memiliki mobil itu untuk apa? Selain itu, keadaan keuangan juga harus sadar betul untuk dipahami. Jangan sampai Anda menentukan jenis mobil berdasarkan trend dan hanya untuk bergaya-gaya.

    Sebenarnya sah-sah saja, namun hal itu harus diimbangi juga dengan finansial yang cukup stabil karena biasanya mobil-mobil tersebut berharga cukup mahal. Bisa jadi, Anda akan keteteran nantinya pada saat masa pembayaran kreditnya.

  2. Jangan Malas untuk Survei Harga

    Setelah mengetahui kebutuhan mobil Anda, Langkah selanjutnya adalah dengan mencari tahu harga-harga yang sedang beredar di pasaran untuk mobil idaman Anda tersebut.

    Anda dapat mencari tahu harga-harga tersebut dengan cara mendatangi dealer secara langsung ataupun dengan melihat di situs resminya di internet.

  3. Jauhi Uang Muka Dari Uang Pinjaman

    Mengapa hal ini sangat tidak dianjurkan bagi pembeli dengan sistem kredit? Apabila cara ini dilakukan, maka akan menyulitkan keuangan Anda sendiri.

    Di satu sisi, Anda memiliki tagihan kredit mobil dan di sisi lain Anda juga mempunyai tagihan untuk uang pinjaman tadi yang keduanya harus sama-sama dibayar. Lebih baik jika Anda tidak menggunakan cara ini.

  4. Tentukan Suku Bunga Terbaik

    Ketika pembelian kredit biasanya memakai dua tipe suku bunga kredit, yaitu: Suku bunga mengambang (floating rate) dan suku bunga terus (fixed rate).

    Kedua suku bunga tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Maka dari itu Anda harus pahami karakter keduanya. Pilihlah yang sekiranya berdampak baik bagi keuangan Anda dan tidak terlalu merepotkan.

  5. Pilih Penjual Dengan Persyaratan Yang Mudah

    Hal yang cukup penting untuk diperhatikan adalah persyaratan awal kredit. Seperti biasa, lembaga perbankan dan perusahaan pembiayaan tentu saja membutuhkan berbagai dokumen agar proses kredit mobil tersebut berjalan dengan seharusnya.

    Kepemilikan Kartu Tanda Penduduk, slip gaji, dan rekening tabungan merupakan dokumen yang biasanya menjadi syarat untuk mendaftarkan kredit mobil tersebut.

    Namun ada juga lembaga yang memberikan syarat tambahan seperti dokumen rekening listrik dan telepon bahkan hingga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Semua hal itu sangatlah wajar dan Anda harus mematuhi itu semua. Tapi jika persyaratan lebih dari itu, bagi Anda yang malas ribet lebih baik tinggalkan saja.

  6. Siapkan Dana Cadangan

    Usaha ini dilakukan supaya ketika tidak lagi memiliki uang ketika jatuh tempo, Anda dapat membayarnya dengan uang cadangan tersebut.
    Upayakan untuk terus menyisihkan beberapa dari pendapatan untuk tabungan spesial ini dan juga harus dipisahkan dengan pengeluaran untuk cicilan.

    Terlebih lagi jika menggunakan aplikasi SEVA, sebuah platform informasi mobil yang akan memberikan banyak  melalui promo-promo, cashback, diskon yang tentu saja akan semakin mengamankan keuangan pribadi Anda. Sehingga niat untuk membeli mobil impian dapat tercapai.

 

Add Comment

Tulis komentarmu

Exit mobile version