Test Ride All New Honda PCX 160, Lebih Bertenaga, Handling Jempolan

Indomoto.com – Indomoto kembali mendapat kesempatan untuk melihat dan menjajal langsung All New Honda PCX 160 yang diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu yang lalu.

Bertempat di Safety Riding & Training Center, PT AHM di Cikarang, telah terpajang semua warna dan varian PCX 160 (CBS, ABS. dan e:HEV). Melihat secara langsung selalu memberi pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan melihat hanya dari foto.

Desain Honda PCX 160

Secara desain, PCX 160 ini masih memiliki garis yang sama dengan generasi PCX sebelumnya. Jika orang melihat sekilas di jalan, maka orang itu akan tahu bahwa ini adalah motor PCX.

Beberapa ubahan, seperti lampu depan dan lampu belakang yang memberi kesan lebih tegas dan modern, membuat PCX versi terbaru ini semakin cantik.



Yang menarik lagi adalah Speedometer yang memiliki desain dan kombinasi warna futuristik, sekaligus mampu menampilkan berbagai informasi penting buat pengendara.

Saat mencoba menaiki motor ini, jok yang lebar membuat duduk terasa nyaman. Tapi jok yang lebar ini juga membuat posisi kaki agak ngangkang, saya yang punya tinggi badan 164 cm terpaksa agak jinjit untuk menapak ke tanah.

Posisi stang membuat badan pengendara tetap tegak, pada dasarnya motor ini memang bukan motor sport, jadi berkendara jarak jauh akan lebih nyaman dengan posisi ini.

Test Ride Honda PCX 160

Seperti biasa, sebelum melakukan test ride, kami mendapat penjelasan singkat mengenai safety riding dan layout track. Area track untuk test ride ini sangat luas, di mana terdapat tikungan kanan kiri, u-turn besar dan kecil, track lurus untuk speeding, bahkan ada jembatan yang lumayan tinggi untuk menjajal kemampuan dan kestabilan suspensi.

Nah, bagaimana rasanya menjajal PCX 160 di track ini? Untuk test ride ini, kebetulan saya mendapat unit PCX 160 ABS warna merah.

Saat mesin dinyalakan, fitur ACG Starter bekerja dengan sempurna, mesin hidup dengan halus banget. Ini adalah salah satu fitur yang paling saya suka dari skutik Honda.

Di lap pertama, saya mencoba untuk menghafal track, agar tidak salah jalur di lap-lap berikutnya, sekaligus mengenali karakter motor ini.

Melewati berbagai tikungan dan u-turn, PCX 160 ini ternyata sangat nurut. Meskipun bodinya bongsor, motor ini enak banget diajak nikung kiri kanan. Jika ditanya apa yang paling saya suka dari PCX 160, maka saya pasti akan memberi rangking satu pada kemampuan handling skutik ini, sangat jempolan.

Lalu bagaimana dengan tenaganya? Wow banget Masbro, dari awal tarikannya enteng banget, tenaganya rata di setiap putaran. Yang jelas lebih powerful dibandingkan dengan PCX versi sebelumnya, maklum kapasitas mesin memang meningkat, ditambah lagi dengan fitur 4 katupnya yang membuat suplai bahan bakar semakin optimal.



Sayangnya track lurusnya tidak cukup panjang untuk mengeksplor putaran atas motor ini secara maksimal. Saya harus melakukan pengereman saat speedometer baru menyentuh 88 – 90 km/jam.

Nah, ngomong-ngomong soal pengereman, rem ABS pada motor ini bekerja dengan sangat baik. Saat saya melakukan hard braking di ujung track lurus, tidak ada oleng sedikitpun. Tentunya hal ini juga didukung oleh suspensi yang sangat stabil.

Terus terang saat test ride ini saya belum bisa merasakan sensasi dari fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Kebetulan kondisi track memang cukup bagus, jadi minim potensi untuk terjadi ban slip.

Sayangnya lagi, dari rencana 5 lap, kami hanya menyelesaikan 3 lap saja, dan petugas di sisi track sudah mengarahkan kami untuk kembali ke pit.

Maklum, memang waktunya sangat terbatas. Track akan digunakan untuk grup yang lain. PT AHM sangat menjaga protokol kesehatan, dan untuk menghindari penumpukan tamu undangan, waktu kunjungan sangat dibatasi.

Kesimpulan

Seperti sudah saya sebutkan di atas, meskipun punya dimensi yang lumayan bongsor, PCX 160 ini sangat mudah dikendalikan. Posisi riding juga sangat nyaman, cocok banget buat perjalanan jarak jauh.

Peningkatan kapasitas di mesinnya juga sangat terasa pada tenaga yang dikeluarkan oleh motor ini. Tentunya hal ini juga menjadi poin plus buat calon konsumen yang menginginkan motor yang tangguh.



One Response

  1. Kobayogas
    11/02/2021

Add Comment

Tulis komentarmu

Exit mobile version