Tidak Sulit, Begini Cara Mengganti Ban Mobil Dengan Benar

cara mengganti ban mobil

Indomoto.com – Mengganti ban mobil adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang pengemudi mobil. Meskipun tidak ada orang yang menginginkan hal ini terjadi tetapi ban bocor atau ban kempes adalah kejadian umum yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Sering kali masalah ini terjadi saat kita jauh dari bengkel, maka mau tidak mau kita harus melakukan pengantian ban seorang diri.

Ban adalah salah satu komponen mobil yang mempengaruhi secara langsung kenyamanan dan keamanan berkendara, jadi saat ban mobil bocor atau kempes, maka harus segera diganti saat itu juga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perjalanan berikutnya.

Cara Mengganti Ban Mobil

Saat mengalami ban bocor atau ban kempes di jalan, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan jangan panik, karena mengganti ban mobil bukanlah kegiatan yang sulit dilakukan.

Tepikan mobil, cari tempat parkir yang aman dan memiliki permukaan tanah atau aspal yang datar untuk memudahkan kita memasang dongkrak. Pasang segitiga pengaman sekitar 4 meter di depan dan di belakang mobil, dan nyalakan lampu hazard sebagai peringatan kepada pengemudi lain di jalan.

Selanjutnya langkah-langkah mengganti ban mobil adalah sebagai berikut:

  1. Persiapkan peralatan yang diperlukan

    Dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan adalah peralatan yang wajib dibawa saat berkendara. Di saat seperti inlah kita memerlukan ketiga peralatan tersebut, maka keluarkan ketiganya dari bagasi.

  2. Kendorkan baut-baut ban

    Kendorkan baut-baut ban dengan urutan yang saling bersilangan. Gunakan kunci roda untuk melakukan hal ini, putar dengan arah berlawanan arah jarum jam. Cukup dikendorkan saja semua bautnya, jangan sampai dilepas.

  3. Pasang dongkrak mobil

    Pasang dongkrak di sisi dalam dari ban yang hendak dilepas. Pastikan dongkrak mengangkat mobil pada bagian rangka yang kokoh, dan pastikan pula posisi dongkrak tegak lurus ke atas, jika miring turunkan kembali dongkrak dan atur ulang posisinya.

  4. Lepas ban yang hendak diganti

    Jika ban sudah terangkat secukupnya, lepaskan semua baut yang sebelumnya sudah kita kendorkan. Simpan baut-baut tersebut di tempat yang aman dan mudah ditemukan saat kita membutuhkannya nanti.

    Lepaskan ban dari porosnya dan simpan dengan posisi tidur agar tidak menggelinding.

  5. Pasang ban cadangan

    Pasang ban cadangan pada poros roda. Pastikan posisinya sudah tepat, lalu pasang kembali semua bautnya dan kencangkan baut secukupnya, jangan terlaku kencang, sekedar untuk menjaga posisi ban agar tidak berubah lagi.

  6. Turunkan dongkrak dan kencangkan baut-baut

    Turunkan dongkrak lalu kencangkan baut-baut ban dengan urutan yang sama dengan saat melepaskan, yaitu saling bersilangan. Hal ini bertujuan agar pengencangan baut merata.

  7. Simpan semua peralatan

    Simpan kembali semua peralatan ke dalam bagasi. Jangan lupa juga untuk mengambil dan menyimpan segitiga pengaman.

Setelah mengganti ban yang bocor atau kempes, kini kita dapat melanjutkan perjalanan dengan lebih tenang.

Merawat Ban Mobil

Jangan lupa, kita masih punya satu pekerjaan rumah lagi, yaitu memperbaiki ban yang bocor, yang kini statusnya sebagai ban cadangan. Tentunya kita tidak menginginkan kejadian serupa terulang tanpa kita siap dengan ban cadangan.

Periksa kondisi ban bocor tadi, jika umur ban masih muda dan kondisinya permukaan ban masih bagus, kita bisa menambalnya di bengkel.

Sebaliknya jika permukaan ban sudah gundul dan licin, maka sebaiknya segera diganti dengan ban yang baru demi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Perlu diperhatikan, meskipun permukaan ban masih bagus, tapi jika umur ban sudah terlalu tua juga sangat berbahaya jika digunakan, karena semakin tua umur ban, kelenturannya akan berkurang, sebaliknya dia akan semakin getas dan mudah mudah robek. Oleh karena itu ban yang tua juga harus diremajakan kembali dengan menggantinya dengan ban baru.

Nah, jika saat ini kamu sedang mencari ban mobil berkualitas maupun aksesoris mobil lainnya, saat ini sedang berlangsung promo Shopee Men Sale hingga tanggal 5 Februari yang menawarkan promo Gratis Ongkir Xtra, COD Gratis Ongkir Rp0, dan Flash Sale Rp99, juga sederet promo untuk produk-produk otomotif di Shopee.

Langsung saja kunjungi Shopee untuk mendapatkan produk yang kamu mau dan manfaatkan promo spesialnya supaya belanja jadi lebih untung.

Tags: ban mobil

3 Comments

  1. dokter mobil
    20/01/2021
  2. bapakeVALKYLA
    20/01/2021
  • Anang
    20/01/2021

Add Comment

Tulis komentarmu

Exit mobile version