Benarkah Mesin Dengan 4 Katup Lebih Unggul Daripada 2 Katup?




Indomoto.com – Honda PCX160 telah resmi meluncur di Jepang. Besar kemungkinan skutik ini juga akan segera diluncurkan di Indonesia.

Selain mengusung mesin dengan kapasitas ruang bakar yang lebih besar, mesin PCX versi terbaru 2021 ini juga memiliki 4 valves atau 4 katup pada cylinder head-nya, berbeda dengan mesin PCX generasi sebelumnya yang hanya memiliki 2 katup.

Lalu benarkah mesin dengan 4 katup lebih unggul dari pada 2 katup? Jawabnya adalah . . . tergantung. Setiap teknologi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, termasuk mesin tipe ini. Jika bicara tentang performa, maka betul mesin 4 katup lebih hebat dari pada 2 katup. Tapi jika bicara soal harga, pastinya mesin 4 katup akan lebih mahal.

Keunggulan Mesin 4 Katup

Secara performa, mesin dengan 4 katup (2 katup masuk, dan 2 katup keluar) memang lebih unggul dari pada mesin 2 katup (1 katup masuk dan 1 katup keluar). Ada beberapa hal yang membuat mesin 4 katup lebih unggul, mari kita simak alasannya berikut ini.

1. Bahan Bakar Yang Masuk Lebih Optimal

Mesin 4 langkah membutuhkan campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar untuk terjadinya ledakan pembakaran, di mana ledakan ini akan menghasilkan tenaga dorong pada piston. Selanjutnya tenaga ini didistribusikan melalui roda-roda gigi di mesin, rantai atau v-belt, hingga ke ban motor.

Katup merupakan jalur masuk (intake) campuran bahan bakar ke dalam ruang bakar. Semakin besar jalur masuk ini maka campuran bahan bakar akan lebih mudah masuk . . . dengan kata lain bahan bakar yang masuk akan lebih banyak, sehingga menghasilkan pembakaran yang lebih efisien.



Secara matematika, mesin dengan 2 katup masuk memang memiliki jalur masuk yang lebih besar (bidang antara kubah silinder dengan katup, saat katup terbuka), dibandingkan dengan mesin 1 katup masuk (untuk diameter silinder yang sama).

Umumnya mesin dengan 2 katup masuk memiliki 40% – 50% intake area yang lebih luas dari dari mesin 1 katup. Oleh karena itu pembakaran pada mesin multi katup memang lebih efisien.

Sementara jumlah katup keluar memang tidak terlalu signifikan pengaruhnya terhadap performa mesin, karena mendorong keluar gas sisa bakar memang relatif lebih mudah dari pada menarik masuk bahan bakar.

2. Posisi Busi Di Tengah, Pembakaran Lebih Sempurna

Kelebihan yang lain dari mesin 4 katup adalah secara desain memungkinkan penempatan penempatan busi tepat di tengah kubah silinder, sehingga api dari busi terdistribusi lebih baik dan menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.

Hal ini tidak mungkin didapat pada mesin 2 katup, karena tidak ada area yang cukup untuk penempatan busi di tengah kubah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak pada gambar berikut di bawah ini:

Posisi Busi (warna biru) pada Kubah Silinder Mesin 4 Katup dan 2 Katup

3. Lebih Efisien di Putaran Atas

Katup yang lebih kecil dan lebih ringan pada mesin 4 katup membuatnya menjadi lebih mudah bergerak . . . alias lebih lincah pada putaran tinggi, dibanding dengan katup yang besar dan berat pada mesin 2 katup.

Hal ini membuat pasokan bahan bakar ke ruang bakar relatif lebih optimal, sehingga kinerja di putaran atas lebih baik.



Kelemahan Mesin 4 Katup

Dengan segala keunggulannya, bukan berarti mesin 4 katup tidak mempunyai kelemahan. Mesin tipe ini jelas lebih rumit dalam perancangan dan pembuatannya, sehingga wajar kalau harganya lebih mahal.

Oleh karena itulah, motor-motor kelas entry level, di mana harga masih menjadi pertimbangan utama, tetap mengandalkan teknologi 2 katup yang konvensional.

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan mesin 4 katup dibandingkan dengan mesin 2 katup. Mau pilih yang mana, tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada.



Add Comment

Tulis komentarmu

Exit mobile version