Fungsi Dan Cara Kerja Honda Selectable Torque Control (HSTC)

Honda Selectable Torque Control (HSTC)



Indomoto.com – Salah satu kelebihan Honda PCX160 versi 2021 adalah fitur canggih yang diusungnya, yaitu Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini sebelumnya sudah disematkan juga pada Honda Forza 250 dan beberapa moge Honda. Apa fungsi dan bagaimana cara kerjanya, mari kita simak bersama-sama.

Secara fungsi, HSTC sebenarnya tidak berbeda dengan Traction Control System (TCS) yang diusung Yamaha NMAX. Hanya berbeda nama paten saja.

HSTC berfungsi mencegah terjadinya ban selip saat melewati jalan yang basah atau licin, sehingga meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.



Cara kerjanya, fitur ini mendeteksi putaran roda depan dan belakang melalui sensor yang disematkan pada kedua roda tersebut. Jika dideteksi adanya perbedaan putaran antara roda depan dan belakang, yang merupakan indikasi selip, maka Electronic Control Unit (ECU) akan memberikan informasi kepada Engine Torque Control untuk membatasi asupan bensin ke ruang bakar.

Efeknya, mesin seakan-akan dipaksa untuk mati sementara, sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meredakan selip yang terjadi.

Fungsi HSTC ini merupakan kebalikan dari Anti-lock braking (ABS). Jika ABS mencegah hilangnya traksi saat mengerem, maka HSTC ini mencegah hilangnya traksi saat gas dibuka.

Penyematan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) ini tentunya merupakan nilai tambah pada Honda PCX160, untuk melawan dominasi kompetitornya.



Add Comment

Tulis komentarmu

Exit mobile version