Honda PCX160 Versi 2021 Meluncur Di Jepang, Indonesia Kapan?

Honda PCX160



Indomoto.com – Honda PCX160 meluncur lebih dahulu di Jepang. Yup benar, Honda PCX versi terbaru 2021 ini namanya berubah menjadi PCX160, sesuai dengan mesin yang diusungnya, yang kini punya kapasitas ruang bakar lebih besar.

Secara umum, garis desainnya tidak banyak berubah. Perubahan yang cukup menyolok tampak pada desain lampu depan dan lampu belakang, yang kini makin mirip dengan Honda Forza.

Kaki-kakinya juga mengalami perubahan, ban depan kini mempunyai tapak lebih lebar dengan ukuran 110/70-14, sedangkan ban belakang menggunakan rim 13 inch, dengan ukuran ban 130/70-13. Velg-nya punya desain baru yang unik.

Rangka PCX juga mendapat pembaruan desain yang membuat bobotnya menjadi lebih ringan, namun tetap mempertahankan kekuatannya. Rangka yang compact ini membuat kapasitas bagasi meningkat menjadi 30 liter.

Mesin Baru

Yang paling menarik dari Honda PCX160 ini tentu saja bagian dapur pacunya. Mesin baru yang diusungnya mempunyai kapasitas ruang bakar yang lebih besar, dari semula 149cc menjadi 156cc (dibulatkan menjadi 160cc). Peningkatan mesin ini tampaknya sengaja untuk menyaingi kompetitor yang bermesin 155cc, agar tak kalah dari sisi performanya.

Mesin baru ini memiliki 4 katup untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Diameter piston semakin besar, dan panjang langkah piston dikurangi untuk menurunkan beban gesek sekaligus meningkatkan rasio kompresi.



Cam chain tensioner-nya menganut sistem hidrolik untuk mengurangi gesekan, kebisingan, dan sekaligus mengurangi getaran mesin.

Mesin ini mempu memuntahkan tenaga hingga 12 KW pada putaran 8.500 rpm, dan torsi maksimal 15 Nm pada 6.500 rpm.

Fitur Baru

Berbagai fitur baru yang canggih pun disematkan pada generasi terbaru PCX ini. Di antaranya:

  • Honda Selectable Torque Control (HSTC)

    Fitur ini mampu mengurangi selip pada roda belakang dengan cara mengendalikan suplai bahan bakar berdasarkan sinyal dari sensor yang disematkan pada roda depan, belakang, dan posisi bukaan gas.

  • Soket USB

    Soket ini disematkan pada box depan untuk mengisi ulang daya gadget pengendara.

  • Honda SMART Key system

    Hanya dengan mendekatkan kunci pintar ini pada motor, sakelar utama dapat dibuka tanpa melepas kunci pintar itu sendiri.



Harga PCX160

Di Jepang, Honda PCX160 dibandrol dengan harga 407.000 Yen, atau setara dengan 55 Juta Rupiah. Skutik ini tersedia dengan warna Pearl Jasmine White (Putih), Candy Raster Red (Merah), Poseidon Black Metallic (Hitam), dan Matt Dim Gray Metallic (Abu-abu).

Nah, kapan ya kira-kira Honda PCX160 2021 ini mengaspal di Indonesia? Kita tunggu saja kabar berikutnya.

Honda PCX160 Warna Pearl Jasmine White (Putih)

Honda PCX160 Warna Candy Raster Red (Merah)

Honda PCX160 Warna Poseidon Black Metallic (Hitam)

Honda PCX160 Warna Matt Dim Gray Metallic (Abu-abu)

Add Comment

Tulis komentarmu

Exit mobile version