5 Pilihan Mobil MPV Paling Menarik Untuk Keluarga

pilihan mobil mpv di indonesia

Indomoto.com – Saat ini berbagai brand mobil MPV (multi-purpose vehicle), tersedia di pasaran. Hampir semua pabrikan roda empat tidak mau ketinggalan menghadirkan produknya di kelas yang paling populer di Indonesia ini.

Kelebihan utama MPV yaitu mampu membawa penumpang lebih banyak, cocok sekali dengan kebiasaan masyarakat di Indonesia yang memang suka bepergian bersama keluarga. Selain itu harga MPV juga relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis mobil yang lain.

Nah, jika kamu punya rencana untuk membeli MPV di tahun ini, berikut beberapa pilihan mobil MPV yang paling menarik:

1. Toyota Avanza

Toyota Avanza merupakan salah satu MPV yang paling banyak kita jumpai di jalan raya. Kepercayaan konsumen terhadap brand Toyota tampaknya sangat mempengaruhi keputusan saat melakukan pembelian, sehingga penjualan Avanza sangat stabil.

Avanza mampu mengangkut 6 – 7 penumpang sekaligus. Untuk kenyamanan selama dalam perjalanan, berbagai fitur entertainment disematkan di dalam kabin, salah satunya adalah Touch Screen Head Unit yang dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat gadget menggunakan koneksi bluetooth dan USB.

Avanza tersedia dalam bebeberapa varian dengan mesin berkapitas 1.300 cc dan 1.500 cc, dengan transmisi manual (M/T) maupun otomatis (A/T). Pilihan warnanya pun bervariasi, mulai dari warna putih (white), black metallic, bronze, dark blue, dark red, grey metallic, hingga silver metallic. Avanza dijual dengan harga mulai 197 juta rupiah.

2. Toyota Kijang Innova

Jika kamu membutuhkan MPV yang lebih nyaman, maka pilihan berikutnya adalah Kijang Innova. Secara dimensi, Innova lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi dibandingkan dengan Avanza, jadi wajar jika ruang kabin akan lebih lega untuk penumpang maupun untuk barang bawaan.

Innova juga mengusung mesin Dual VVT-i yang lebih tangguh. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 139 ps pada putaran 5.600 rpm, dan torsi maksimal 18,7 kg pada putaran 4.000 rpm.

Tak cuma fitur entertainment-nya yang lebih menarik, tapi fitur keamanan berkendara juga lebih mumpuni. Innova dilengkapi dengan kamera belakang untuk memudahkan saat parkir. Fitur lainnya adalah Dual + Knee Airbag, Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga mobil tetap stabil di tikungan, dan Hill Start Assist (HSA) untuk mencegah mobil selip saat di tanjakan, serta rem ABS & EBD (Anti-Lock Braking System and Electronic Braking-Force Distribution).

Innova dipasarkan dengan harga mulai 337,6 juta rupiah. Innova tersedia dalam berbagai varian, dengan mesin bensin 2.000 cc dan mesin diesel 2.400 cc, transmisi manual (M/T) maupun otomatis (A/T).

3. Mitsubishi Xpander

Kehadiran Mitsubishi Xpander membawa angin segar pada pasar MPV. Desain Xpander yang lebih modern menjadi pilihan menarik buat kosumen yang sudah mulai bosan dengan dominasi Avanza dan Xenia.

Xpander mengusung mesin 1.500 cc dengan transmisi manual dan otomatis. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 104 ps pada putaran 6.000 rpm, dan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Kabinnya diklaim lebih senyap, dengan interior yang didominasi warna-warna yang lembut. Tempat duduk baris kedua telah dilengkapi dengan sandaran lengan layaknya MPV kelas atas. Seperti halnya MPV pada umumnya, bangku di baris ketiga dapat dilipat untuk menambah kapasitas bagasi.

Xpander dipasarkan dengan harga mulai 217,8 juta rupiah untuk kondisi on the road (OTR) Jakarta. Tersedia dalam varian GLX M/T, GLS (M/T dan A/T), Exceed (M/T dan A/T), Sport (M/T dan A/T), dan varian tertingginya Ultimate A/T.

4. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga bisa menjadi pilihan yang tak kalah menarik. Kabinnya yang diklaim lebih luas, dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, antara lain head unit yang canggih, ventilated cup holder, USB charging port, dan double blower yang membuat perjalan menjadi lebih menyenangkan.

Di sisi keamanan berkendara, Ertiga telah dilengkapi dengan hill hold control yang mengatur mesin tetap stabil di tanjakan, Antilock Braking System (ABS), dual SRS airbag, dan fitur ISOFIX yang diklaim lebih aman untuk penumpang anak.

Suzuki Ertiga dibandrol dengan harga mulai 207 juta rupiah untuk varian terendah GA-MT, hingga 251 juta rupiah untuk varian tertinggi GX-AT. Harga tersebut berlaku untuk on the road (OTR) Jakarta, dan harga dapat berubah sewaktu-waktu.

5. Honda Mobilio

Honda Mobilio diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2013. Kehadiran mobil ini langsung mendapat respon positif dari pasar. Mobilia bahkan meraih gelar Car of The Year 2014 pada ajang Otomotif Award 2014.

Tidak mau kalah dengan brand yang lain, Honda menyematkan berbagai fitur menarik pada Mobilio, di antaranya One Touch Tumble Seats untuk melipat bangku baris kedua secara otomatis, Double Blower A/C untuk kesejukan yang lebih merata, head unit canggih dengan fasilitas hands free telephone, bluetooth connection, dan kamera belakang.

Mobilio mengusung mesin 1.500 cc, SOHC, iVTEC, dengan tenaga maksimal 118 ps pada 6.600 rpm, dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm.

Mobilio dipasarkan dalam varian S M/T, E M/T, E CVT, RS M/T, dan RS CVT, dengan harga mulai 203,4 juta rupiah.

Itulah 5 pilihan mobil MPV paling menarik untuk berkendara bersama keluarga. Pilih dengan bijak, sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

One Response

  1. Yayan Abdhi
    26/12/2020

Add Comment

Tulis komentarmu

Exit mobile version