Ini Lho 5 Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa




Indomoto.com – Sejak diluncurkan pertama kali tahun 2010 lalu, Honda Scoopy sudah mengalami berbagai perubahan, tidak cuma pada penampilannya, tapi juga pada pada mesin, rangka, hingga fitur-fitur yang disematkan. All New Scoopy yang resmi meluncur kemarin (10/11/2020) merupakan generasi kelima, sekaligus terbaru dari motor skutik bergaya retro modern ini.

Honda Scoopy merupakan salah satu motor terlaris PT Astra Honda Motor (AHM), pantas saja jika AHM selalu mempertahankan eksistensinya, bahkan selalu memberi penyegaran pada skutik ini dengan teknologi terkini agar tetap menarik sesuai dengan perkembangan jaman dan selera konsumen yang selalu berubah.

Skutik ini memiliki dimensi yang mungil, yang membuatnya mudah dikendarai, bahkan untuk pemula. Cocok banget buat remaja putra atau putri, dan ibu-ibu rumah tangga yang membutuhkan motor harian yang fungsional, tapi tetap tampil keren.

Desainnya yang retro ternyata juga membuat bapak-bapak melirik, tak heran jika di jalan kita akan sering menemui bapak-bapak yang mengendarai motor ini.

Setelah 10 tahun mengaspal di Indonesia, Honda Scoopy tenyata sudah mengalami 5 kali perombakan besar. Nah, mari kita simak perjalanan Honda Scoopy dari masa ke masa berikut ini:

Honda Scoopy Generasi Pertama (2010 – 2013)

Honda Scoopy pertama kali meluncur pada bulan Mei 2010. Tampil bergaya retro dengan lekukan bodi yang cenderung beradius besar, skutik ini segera mengikuti kesuksesan saudaranya, Honda Beat dan Honda Vario.

Lampu depan berbentul oval yang besar, dengan lampu sein yang terpisah dari bodi, semuanya masih mengandalkan lampu bohlam. Panel meter analog, hadir dengan cover mungil yang sederhana.

Sementara itu kaki-kakinya menggunakan velg 14 inch, dengan rem cakram di bagian depan, dan tromol di bagian belakang. Fitur-fitur menarik (saat itu) disematkan pada Scoopy versi ini, seperti secure key system (SKS) alias penutup lubang kunci, side stand switch, parking brake lock, dan choke otomatis. Fitur-fitur ini menjadi fitur standard yang diterapkan oleh AHM pada skutik-skutik entry level produksinya.

Pada dapur pacunya, Scoopy mengusung mesin yang sama dengan Honda Beat, yaitu mesin 110cc, 4 tak, berpendingin udara, dan masih mengandalkan karburator untuk suplai bahan bakarnya.

Honda Scoopy Generasi Kedua (2013 – 2015)

Perombakan besar pada generasi kedua ini adalah mesin yang telah menganut teknologi fuel injection. Mesin berkapasitas 108cc ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 6.27 kW pada putaran 8.000 rpm, dan torsi maksimal 8.68 Nm pada 6.500 rpm.

Sementara itu pada sisi desain, lampu sein dapan dan belakang yang sebelumnya terpisah dari bodi utama, sekarang menjadi bagian dari bodi. Headlamp tampil lebih menarik dengan projector yang membuat pencahayaan lebih optimal.



Selain itu, bagasi Scoopy menjadi lebih besar hingga dapat menyimpan helm di dalamnya (helm-in). Di sisi keamanan berkendara, fitur CBS (Combi Brake System) disematkan pada versi ini.

Honda Scoopy Generasi Ketiga (2015 – 2017)

Pada bulan Mei 2015, AHM kembali meluncurkan versi baru Honda Scoopy. Tidak ada perubahan pada sisi desain, kecuali warna dan grafis saja. Namun mesinnya mendapat update yang cukup signifikan.

Mesin Scoopy kini mengusung teknologi baru Honda, yaitu teknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang membuat sistem pembakaran lebih efisien, sehingga kinerja mesin menjadi lebih optimal.

Fitu ACG Starter (Alternating Current Generator) disematkan pada mesin ini, yang membuat suara mesin lebih halus saat dinyalakan. Mesin ini juga mengusung fitur ISS (Idling Stop System), yang membuat mesin mati secara otomatis jika berada dalam kondisi stasioner selama 5 detik, dan mesin akan menyala lagi secara otomatis jika gas dibuka. Fitur ini diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Scoopy generasi ketiga ini juga memiliki fitur baru Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari motornya saat berada di parkiran.

Honda Scoopy Generasi Keempat (2017 – 2020)

Desain Scoopy genesari keempat ini berubah cukup signifikan. Yang paling menyolok adalah penyematan ban berdiameter 12 inch, menggantikan ban 14 inch yang diusung versi sebelumnya.

Tampilan Scoopy semakin retro layaknya skutik-skutik Eropa dengan desain lampu depan yang lebih kecil dan bulat, dengan lampu sein menempel di sisi kanan dan kirinya. Semua lampu sudah menganut teknologi LED yang lebih terang, namun lebih hemat daya listik.

Panel meter juga mendapat update, dari sebelumnya analog, menjadi kombinasi analog dan digital yang dilengkapi dengan ECO indicator untuk berkendara hemat bahan bakar.

Fitur baru lainnya yang disematkan pada skutik ini adalah anti theft system, yaitu alam untuk mencegah tangan jahil yang hendak mencuri motor kita, serta Port USB Charger untuk mengisi ulang daya gadget pengendara.

Honda Scoopy Generasi Kelima (2020 – Sekarang)

All New Scoopy (Foto: @Kompascom)

Honda Scoopy kembali mendapat penyegaran. Ubahan kali ini boleh dibilang menyeluruh, dari desain, mesin, rangka, hingga penambahan fitur-fitur menarik.

Di sisi desain, lampu sein depan kini terpisah dengan lampu utama. Hal yang sama juga di bagian belakang, lampu sein belakang juga terpisah dari lampu belakang.



Skutik ini dibekali dengan generasi terbaru mesin 110cc eSP (enhanced Smart Power) yang sebelumnya telah diusung oleh Honda Beat dan Genio. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 6,6 kW pada putaran 7.500 rpm, serta torsi maksimal 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Scoopy tidak lagi menggunakan rangka tubular yang umum digunakan sepeda motor, tapi menggunakan rangka alias frame dengan teknologi baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Rangka ini diklaim mampu meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver.

Berkat mesin dan rangka yang lebih compact, pemanfaatan ruang menjadi semakin efisien, sehingga kapasitas bagasi dapat ditingkatkan menjadi 15,4 liter (mampu menampung helm Scoopy), serta kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar yaitu 4,2 liter.

Fitur-fitur baru juga disematkan pada generasi terbaru Soopy ini, antara lain Panel meter digital dengan layar LCD yang lebih besar dan mampu menyajikan informasi penting, Smart Key System (keyless) yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm, serta soket USB untuk mengisi daya gadget di bagian console box yang kini tidak membutuhkan adapter lagi, sehingga pengendara tinggal colok dengan kabel charger.

Nah, itulah perjalanan panjang Honda Scoopy dari masa ke masa. tenyata skutik ini selalu berubah, penampilan serta teknologi yang diusung selalu mengikuti perkembangan dan selera jaman.



Add Comment

Tulis komentarmu

Exit mobile version