Cara Menghindari Mati Listrik Di Kantor

panel listrik kantor

Indomoto.com – Mati listrik merupakan hal yang sangat mengganggu, apalagi jika hal itu terjadi berkali-kali dalam satu hari. Mati listrik membuat berbagai peralatan di kantor tidak bekerja, sehingga dapat menurunkan produktivitas.

Banyak hal yang dapat menyebabkan mati listrik, entah dari daya listrik yang tidak kuat akibat tegangan listrik pada barang terlalu tinggi atau dari pihak PLN sendiri yang mengalami gangguan. Nah, berikut adalah penyebab terjadinya mati listrik yang umum terjadi, antara lain:

1. Faktor Cuaca
Faktor cuaca merupakan salah satu penyebab mati listrik yang paling umum terjadi. Berdasarkan data Edison Electric Institute, 70% pemadaman listrik di Amerika Serikat terjadi karena faktor cuaca. Fenomena alam yang bisa menyebabkan mati lampu antara lain petir, hujan, angin, hujan es, banjir, kebakaran hutan, bahkan debu.

2. Hewan
Hewan seperti burung besar, tupai, atau ular juga bisa menyebabkan matinya listrik ketika mereka memanjat peralatan krusial, seperti transformator dan sekering, yang kemudian menyebabkan peralatan tersebut mati.

3. Pohon Tumbang
Ketika ada angin kencang atau ketika seseorang memangkas pohon dengan tidak hati-hati, cabangnya bisa bersentuhan dengan saluran listrik dan menyebabkan gangguan.

4. Kendaraan
Kendaraan yang tiba-tiba menabrak tiang listrik juga bisa merusak tiang dan menyebabkan kabel rusak yang kemudian berujung pada gangguan pada jaringan.

5. Gempa Bumi
Gempa bumi dengan magnitudo berapa pun bisa menyebabkan kerusakan di fasilitas perlengkapan dan saluran listrik. Walau mati listrik massal ini terjadi dua hari setelah gempa Banten, PLN memastikan kedua kejadian ini tidak terkait.

6. Kelebihan Beban
Kelebihan beban listrik ini biasanya terjadi pada hari yang sangat panas dan terik, di mana banyak orang menggunakan pendingin ruangan sehingga sistem dan peralatan yang ada menjadi lebih tertekan.

7. Penggalian
Kadang penggalian atau pengeboran tidak sengaja merusak jaringan kabel listrik yang ada di bawah tanah. Jika jaringan ini terganggu, bisa menyebabkan listrik mati.

8. Layang-layang
Menerbangkan layang-layang atau balon di dekat saluran listrik bisa menyebabkan mati listrik dan membuat orang yang menerbangkan tersengat listrik. Jika ada layang-layang atau balon yang tersangkut di jaringan listrik, listrik harus dipadamkan terlebih dahulu untuk bisa memindahkan objek yang tersangkut.

Mati listrik memang sangat tidak menyenangkan, apalagi jika hal itu terjadi pada malam hari atau bahkan bisa seharian dilakukannya pemadaman listrik. Untuk mencegah kejadian seperti ini, anda perlu Jasa Perawatan Trafo untuk memastikan kondisi listrik di kantor anda selalu dalam kondisi siap sedia.

Selain itu anda juga bisa memanfaatkan jasa Cadangan listrik gedung perkantoran.

Add Comment

Tulis komentarmu

%d