Tips Membeli Mobil Bekas untuk Persiapan Pulang Kampung

mobil bekas

Mobil bekas / Gambar: Freepik

Indomoto.com – Pulang kampung atau mudik memang paling enak memakai mobil sendiri. Namun sayangnya tak semua orang punya kendaraan pribadi. Dengan budget terbatas, sebagian dari mereka berharap menemukan mobil bekas yang tidak mengkhawatirkan. Kalau Anda bernasib serupa, bisa jadi Anda juga membutuhkan tips membeli mobil bekas berikut ini.

Banyak diantara pembeli mobil bekas yang kerap merasa kecewa setelah transaksi. Mobil bekas yang dibelinya menunjukkan performa yang kurang bagus. Makanya banyak yang bilang membeli mobil bekas itu soal untung-untungan. Padahal kalau mengetahu tipsnya sejak awal, tentu persoalan ini tidak akan muncul.



Nah daripada berpanjang kata, apa saja sih tips dalam membeli mobil bekas? Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan ketika memilih mobil bekas.

1. Membawa Orang yang Mengerti Mobil Bekas

Apabila Anda memiliki kenalan orang yang mengetahui seluk-beluk mobil bekas, tentu sangat disarankan kalau dia diajak. Pertemukan dia dengan mobil bekas yang Anda incar. Lalu biarkan dia menilai keseluruhan mobil bekas tersebut tanpa intervensi dari siapapun.

Adakalanya dia segan untuk menunjukkan kekecewaan terhadap mobil yang Anda incar. Nah, tugas Anda adalah meyakinkannya kalau Anda menyerahkan sepenuhnya keputusan membeli mobil tersebut seolah-olah dia yang membelinya. Dengan begitu dia tidak memiliki beban untuk menilai mobil tersebut sesuai kapasitasnya.

Cara ini tentu mewajibkan Anda untuk mengeluarkan kocek yang lebih besar daripada seharusnya. Namun percayalah, hal ini jauh lebih baik daripada Anda harus menilai sendiri mobil bekas tersebut sesuai dengan pengetahuan Anda soal mobil bekas yang masih sedikit.

Kalau Anda tak punya kenalan orang semacam ini, ada baiknya Anda menambah pengetahuan Anda dengan tips selanjutnya.

2. Melihat Orisinalitas Tampilan

Tampilan mobil yang bagus bukan berarti mobil tersebut tidak memiliki masalah apapun. Akan lebih baik Anda memilih tampilan mobil yang masih orisinal. Keaslian eksterior, interior, dan cat mobil menunjukkan kalau mobil tersebut dirawat dengan baik oleh pemiliknya.

Kalau Anda mau membeli mobil hasil modifikasi tentu tidak masalah. Namun sebaiknya kalau Anda membelinya untuk tujuan pulang kampung, utamakan membeli mobil yang standar. Ya siapa tahu di tengah jalan Anda malah terkena tilang karena beberapa hal dari modifikasi tersebut tidak memenuhi standar lalu lintas.

Cara untuk mengetahui orisinalitas ini cukup dilihat di BPKB, buku panduan, maupun situs resmi mobil tersebut. Silakan bandingkan kondisi mobil saat pertama kali baru keluar dari pabrik dengan mobil bekas yang bakal dibeli oleh Anda tersebut.



3. Teliti Kondisi Bodi dan Rangka

Ada beberapa hal yang mesti Anda telisik lebih dalam dari mobil bekas. Yakni apakah bodi mobil itu pernah tergores atau baret, tabrakan, dan atau terendam air. Bodi mobil yang baret memang bisa diselesaikan dengan dempul dan cat yang sama dengan aslinya. Namun untuk tabrakan dan banjir pasti menyisakan bekas.

Untuk mobil yang bekas tabrakan biasanya ada beberapa sambungan las yang ada di rangka mobil. Silakan periksa saja bagian depan maupun belakang mobil tersebut. Kalau ditemukan ada sambungan las yang tidak wajar, silakan pertimbangkan untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan transaksi tersebut.

Begitu juga dengan mobil yang pernah terendam banjir. Ada sisa-sisa kerak yang sukar dihilangkan dari genangan air yang pernah masuk kedalam mobil. Biasanya ditemukan ketika Anda membuka seal pintu mobil.

Jika ditemukan ada bekas tabrakan maupun banjir, maka Anda tetap bisa melanjutkan transaksi tersebut dengan menanggung risiko yang bisa jadi muncul di kemudian hari. Tapi jangan lupa, kalau mau melanjutkan pastikan harganya turun dari harga semula karena kondisi tersebut.

4. Perhatikan Kondisi Mesin

Kondisi mesin pada mobil bekas memang urgen untuk diperhatikan. Namun ia membutuhkan pemahaman dan ketelitian yang baik tentang mesin. Kabarnya orang-orang yang sudah mahir bisa mengetahu kondisi mesin hanya dari suaranya saja.

Ya, suara bisa jadi menentukan. Sebab mobil yang pernah turun mesin dengan mobil yang masih bagus performanya bakal terdengar dari suara ini.

Mesin mobil yang masih bagus juga bisa terlihat dari manuver-manuver kecil saat dikendarai. Maka dari itu, Anda wajib melakukan test drive ketika mau membeli mobil bekas.

5. Surat-Surat dan Kunci Cadangan Masih Lengkap

Surat-surat pasti menjadi satu hal yang tak akan terlewatkan oleh Anda. Namun tidak ada salahnya untuk diingatkan kembali agar pembelian mobil bekas yang Anda lakukan tidak terkendala suatu apapun.

Anda juga perlu memperhatikan apakah dalam paket pembelian tersebut bakal dibantu untuk balik nama atau tidak. Penting juga untuk diketahui darimana biaya-biaya tambahan yang timbul. Sehingga ketika Anda mengeluarkan budget untuk membeli mobil, tidak terbebani dengan biaya tambahan yang lainnya.

Tips diatas merupakan pengetahuan yang perlu dilatih. Sehingga kalau Anda benar-benar masih awam, sebaiknya ketika tidak ada tips nomor satu, maka Anda bisa berkunjung ke Seva Mobil Bekas. Sebab disini ada Pilihan Expert yang bakal menyajikan mobil bekas yang sudah dipilih oleh para ahli.

Demikian tips membeli mobil bekas yang bisa disampaikan. Apabila ada yang perlu ditambahkan silakan kemukakan di kolom komentar. Akhir kata selamat menempuh perjalanan menuju kampung masing-masing. Stay safe!



Add Comment

Tulis komentarmu

Exit mobile version