Tak Lagi Jadi Pembalap Team Pabrikan, Yamaha Akan Tetap Dukung Rossi

Valentino Rossi



Indomoto.com – MotoGP 2020 bakal menjadi musim terakhir buat Valentino Rossi untuk membalap bersama team pabrikan Yamaha. Mulai 2021, posisinya akan digantikan oleh pembalap muda asal Perancis, Fabio Quartararo.

Yamaha dan Rossi telah sepakat untuk mengambil keputusan terbaik untuk pemegang 9 gelar juara dunia tersebut pada pertengahan 2020 mendatang.



Setelah kehilangan posisi di team pabrikan Yamaha, artinya hanya dua kemungkinan yang akan diambil Rossi, pensiun atau pindah ke team yang lain. Beberapa waktu lalu, Rossi sudah menyatakan bersedia bergabung dengan team satelit Petronas Yamaha SRT.

Jika Rossi masih kepingin balapan, Yamaha meyakinkan bahwa pembalap Itali tersebut akan mendapatkan motor YZR-M1 yang sama dengan spesifikasi pabrikan, dan mendapat dukungan penuh dari Yamaha Motor Co., Ltd.

“Keputusan Valentino Rossi untuk mengukur daya saingnya pada tahun 2020 sebelum membuat keputusan untuk 2021 adalah sesuatu yang dihormati dan juga sepenuh hati disetujui oleh Yamaha,” ujar ujar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, dalam keterangan resminya.

“Meskipun kami sangat menghormati dan percaya diri pada kemampuan dan kecepatan Valentino untuk kejuaraan 2020 – pada saat yang sama Yamaha juga harus merencanakan masa depan.”

“Saat ini, dengan enam produsen sepeda motor di kelas MotoGP, talenta muda cepat sangat diminati, dan akibatnya persaingan pasar pembalap dimulai lebih awal. Jadi, ini sensasi yang aneh untuk memulai musim dengan mengetahui bahwa Vale tidak akan berada di Team Pabrik pada tahun 2021, tetapi Yamaha akan tetap mendukung Valentino, apa pun yang dia putuskan untuk masa depan.”



“Jika dia merasa percaya diri dan terus membalap, kami akan memberikan motor YZR-M1 dengan spesifikasi pabrik dan dukungan teknik penuh. Jika ia memutuskan untuk pensiun, kami akan melanjutkan dan memperluas kolaborasi kami di luar jalur dengan program pelatihan pembalap muda dari Akademi Penunggang dan Master Camp Yamaha VR46, dan bersamanya sebagai duta merek Yamaha.”

“Ngomong-ngomong, itu semua spekulasi – saat ini kami memiliki musim penuh di depan kami dan saya dapat meyakinkan para penggemar bahwa Valentino akan mendapat dukungan 100% kami setiap hari sampai akhirnya suatu hari ia memutuskan untuk pensiun,” pungkas Jarvis.

Sementara itu, Valentino Rossi mengaku masih ingin membalap pada musim 2021 mendatang, tapi sebelumnya dia berusaha untuk kompetitif di musim 2020 ini.

“Untuk alasan yang ditentukan oleh pasar pembalap, Yamaha meminta saya di awal tahun untuk membuat keputusan tentang masa depan saya. Sesuai dengan apa yang saya katakan selama musim lalu, saya menegaskan bahwa saya tidak ingin terburu-buru mengambil keputusan dan membutuhkan lebih banyak waktu,” ujar Rossi.

“Yamaha telah bertindak sesuai dan menyimpulkan negosiasi yang sedang berlangsung. Jelas bahwa setelah perubahan teknis terakhir dan dengan kedatangan kepala kru baru saya, tujuan pertama saya adalah untuk menjadi kompetitif tahun ini dan untuk melanjutkan karir saya sebagai pembalap MotoGP juga pada tahun 2021.”

Baca juga :

“Sebelum melakukannya, saya perlu memerlukan beberapa jawaban yang hanya bisa saya dapatkan dari beberapa balapan pertama nanti.”

“Saya senang bahwa, jika saya memutuskan untuk terus membalap, Yamaha siap mendukung saya dalam segala hal, memberi saya motor spesifikasi pabrik dan kontrak pabrik. Pada tes pertama saya akan melakukan yang terbaik untuk melakukan pekerjaan dengan baik bersama tim saya dan siap untuk awal musim,” tutup Rossi.



Add Comment

Tulis komentarmuBatalkan balasan

Exit mobile version