Breaking News: Jorge Lorenzo Pensiun Dari MotoGP Setelah Seri Valencia

jorge lorenzo pensiun

Jorge Lorenzo pensiun dari MotoGP – Photo dari @MotoGP

Indomoto.com – Jorge Lorenzo menyatakan akan pensiun dari balap MotoGP. Pernyataan ini disampaikannya pada saat press conference menjelang seri terakhir MotoGP 2019 yang bakal digelar Valencia akhir pekan ini. Seri ini bakal menjadi balapan terakhir buat Lorenzo.

Pemegang gelar juara dunia lima kali itu menegaskan bahwa ia tidak akan menjalani tahun kedua kontraknya bersama team Repsol Honda.

“Saya selalu berpikir bahwa ada empat hari penting dalam kehidupan seorang pembalap; balapan pertama Anda, kemenangan pertama, gelar juara dunia pertama, dan kemudian hari Anda pensiun,” kata Lorenzo.

“Seperti yang Anda bayangkan, saya di sini untuk mengumumkan bahwa hari ini telah tiba untuk saya. Ini akan menjadi balapan terakhir saya di MotoGP,” lanjutnya.



Lorenzo mengaku rangkaian cedera sejak September tahun lalu, dan patah tulang belakang di Assen pada Juni lalu, sebagai faktor utama dalam keputusannya.

Lorenzo mengawali karirnya di balap motor Grand Prix pada tahun 2002 di kelas 125cc.

Lorenzo meraih gelar juara dunia-nya yang pertama pada tahun 2006 di kelas 250cc bersama team Fortuna Aprilia. Tahun berikutnya dia mengulang sukses di kelas danteam yang sama.

Pada tahun 2008, Lorenzo naik ke kelas premier MotoGP bersama team pabrikan Yamaha dan menjadi team-mate Valentino Rossi.

Di kelas ini, Lorenzo berhasil meraih juara dunia pada tahun 2010, 2012, dan 2015.

Karirnya mulai memudar sejak dia pindah ke team pabrikan Ducati pada tahun 2017, di mana dia hanya meraih 3 podium, tanpa kemenangan dalam satu musim.

Tahun berikutnya, Lorenzo tampak mulai beradaptasi dengan Ducati, dan mampu mengamankan 3 kemenangan. Sayangnya kecelakaan yang dialaminya pada seri Aragon membuatnya absen beberapa seri. Cedera akibat kecelakaan inilah yang terus mengganggu penampilan Lorenzo.

Tahun 2019, Lorenzo pindah ke team Honda Repsol, menjadi team-mate Marc Marquez. Sayangnya, kondisi fisik Lorenzo membuatnya tidak mampu menaklukkan Honda RCV213, dan hanya mampu finish terbaik pada posisi ke-11.

Add Comment

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: