Menubruk Oliveira di MotoGP Silverstone, Zarco Kena Hukuman Pinalti

Zarco - Oliveira crash

Indomoto.com – Pembalap team Red Bull KTM Factory Racing, Johann Zarco mendapat hukuman akibat kecerobohannya yang mengakibatkan dirinya dan Miquel Oliveira terjatuh pada race MotoGP Silverstone, hari Minggu lalu (25/08/2019). Dengan hukuman pinalti Zarco harus mundur tiga grid saat start di race MotoGP Misano mendatang (15/09/2019).

The FIM MotoGP Stewards mengganggap Zarco telah melakukan “irresponsible manner” (cara yang tidak bertanggung jawab) saat berusaha meng-overtake Oliveira di tikungan ke 14 pada lap 10.

Saat itu Zarco dan pembalap Red Bull KTM Tech 3, Oliveira sedang bertarung untuk memperebutkan posisi 12. Zarco yang berada di belakang hendak meng-overtake Oliveira dari sisi dalam. Tapi menyenggol motor Oliveria yang mengakibatkan kedua pembalap tersebut terjatuh.

“Saya pikir itu adalah insiden balap,” kata Zarco.

“Menjelang tikungan ke-14, saya masuk dan melambat dan berpikir dia akan melihat saya, dia melihat saya, dia mengatakan kepada saya bahwa dia melihat saya, tetapi sedikit terlambat sehingga dia tidak punya cukup waktu untuk menghindar,” lanjut Zarco.



Bagi Oliveira insiden ini membuatnya tidak mencapai garis finish untuk pertama kalinya musim ini. Tentu saja membuatnya sangat kecewa.

“Saya pikir dia terlalu optimis bisa menyalip di sana,” ujar Oliveira.

“Saya sedang mengendalikan ban saya, saya tidak mengira sama sekali ada pembalap lain yang akan menyalip saya di sana. Saya menikung dan tiba-tiba melihat motor yang datang entah dari mana.”

“Saya tidak tahu apa yang dia pikirkan. Dia adalah juara dunia dua kali dengan pengalaman di kelas MotoGP hampir tiga tahun, seharusnya dia tahu lebih baik tentang apa yang dilakukan pada motor dan di mana melakukannya,” pungkas Oliveira.

Johann Zarco saat ini berada di urutan ke-18 pada klasemen sementara MotoGP 2019.

Pasca seri Austria lalu, KTM telah mengkonfirmasi bahwa mereka dan Zarco telah setuju untuk mengakhiri kerjasama mereka setelah musim 2019 dan tidak ada perpanjangan kontrak untuk tahun kedua.

Hingga kini belum ada kejelasan tentang nasib Zarco di musim 2020.

Tuliskan komentarmu

%d bloggers like this: