Kena Pinalti, Vinales Start Dari Grid Ke-6 Di MotoGP Catalunya

Maverick Vinales

Indomoto.com – Maverick Vinales batal menempati grid ketiga saat start race MotoGP Catalunya, yang bakal digelar petang nanti WIB (16/06/2019). Sebaliknya pembalap team Monster Energy Yamaha ini bakal start dari grid ke-6 karena mendapat sanksi pinalti akibat melakukan kesalahan di sesi kualifikasi.

Apa kesalahannya? Vinales melakukan wheelie (mengangkat ban depan) di racing line sambil melambaikan tangan ke penonton menjelang sesi kualifikasi berakhir. Dia tidak mengetahui bahwa sesi belum berakhir dan masih ada beberapa pembalap yang gas pol untuk mencetak laptime terbaik mereka.

Fabio Quartararo yang tepat berada di belakannya terpaksa ngerem mendadak. Beruntung Quartararo masih bisa menghindar sehingga insiden ini tidak mengakibatkan kecelakaan.

Akibat kelakuannya ini, FIM MotoGP Stewards memberinya sanksi mundur 3 grid saat start race MotoGP Catalunya nanti. Jadi Morbidelli, Rossi dan Dovizioso akan maju satu grid.

“Saya tidak tahu harus berkata apa, Saya kira kira saya melihat chequered flag (bendera tanda sesi berakhir), jadi saya melambaikan tangan ke penonton dan wheelie,” kata Vinales.

“Saya tidak mengerti ketika lihat Fabio, tapi sudah sangat terlambat. Saya tidak mengharapkan kejadian seperti ini,” lanjutnya.

Melalui akun Twiter-nya, Vinales juga meminta maaf atas kesalahannya tersebut, tapi itu tidak merubah sanksi yang telah ditetapkan.

Tuliskan komentarmu

%d bloggers like this: