Indonesia Jadi Tuan Rumah MotoGP dan Superbike Tahun 2021, Ciyus Nih?

Sirkuit Mandalika, Lombok, Indonesia



Indomoto.com – Dorna Sports secara resmi mengumumkan bahwa Indonesia bakal menjadi tuan rumah MotoGP dan Superbike World Championship pada tahun 2021 mendatang. Kejuaraan balap paling bergengsi di muka bumi bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Kepastian ini didapat setelah penandatanganan kontrak kerjasama antara Dorna yang diwakili oleh CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dengan CEO ITDC (PT Indonesia Tourism Development Corporation), Abdulbar M. Mansoer, disaksikan oleh duta besar Indonesia untuk Spanyol, Drs. Hermono M.A. (28/01/2019).

“Yang unik dari proyek ini adalah, memiliki sirkuit perkotaan kelas dunia di negara, di mana MotoGP memiliki penggemar yang begitu besar,” kata Carmelo Ezpeleta di situs MotoGP.

“Indonesia adalah pasar utama bagi kami dengan persentase penggemar motorsport yang tinggal di sini, dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat begitu sirkuit selesai. Juga, dengan memasukkan Lombok ke kalender WorldSBK menjadikan penawaran ini menjadi lebih menarik bagi penggemar lokal, yang bisa memiliki dua event kelas dunia di daerah itu sepanjang tahun,” lanjut Ezpeleta.

Sirkuit Mandalika

Menjadi tuan rumah gelaran MotoGP dan Superbike tentunya sangat membanggakan, tapi juga . . . mengkawatirkan. Lha kenapa?

Sebelumnya kita juga sudah mempunyai wacana yang sama di Sirkuit Jakabaring mulai 2015 lalu. Bahkan pada tahun 2016, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin juga sudah bertemu dengan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. Mereka juga sudah menandatangani kesepakatan awal. Kurang serius apa?

Alex Noerdin bahkan sudah menyewa desainer sirkuit, Hermann Tilke yang optimis sirkuit bakal siap pada 2019. Nyatanya hingga hari ini pembangunan Sirkuit Jakabaring tak kunjung dimulai.

Tapi Ini Beda . . .

Yup, semoga kali ini berbeda. Membangun sirkuit kelas dunia dengan segala fasilitas pendukungnya, seperti hotel, infrastruktur, dan lain-lain, tentu membutuhkan biaya yang luar biasa besar. Inilah kendala yang dialami Jakabaring.

Di Mandalika, ITDC telah menggandeng investor asal Perancis, Vinci Construction Grande Projets yang siap menggelontorkan dana hingga 6 triliun rupiah. Penandatanganan kerjasama disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Prancis Francois Hollande.

Nah, kalau dua presiden dari dua negara yang berbeda telah menjadi saksi kerjasama ini, tentunya ini benar-benar serius.

Semoga saja para pejabat di bawahnya, dan profesional yang berada lapangan juga serius mengejar target yang telah ditentukan, sehingga Sirkuit Mandalika terealisasi tepat waktu, dan kita bisa menyaksikan Valentino Rossi (kalau doi belum pensiun) dan Marc Marquez di Lombok tahun 2021 mendatang.

Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika

Add Comment

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: