Jadwal MotoGP 2019 Dan Jam Tayang Di Trans7

MotoGP 2019

Indomoto.com – FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) dan Dorna Sports resmi mengkonfirmasi jadwal MotoGP 2019. Masih sama seperti tahun lalu, MotoGP musim 2019 akan digelar sebanyak 19 seri, dimulai dengan seri Qatar pada 10 Maret mendatang, dan seri penutup digelar di Valencia pada 17 November.

MotoGP 2019 tentunya bakal berlangsung seru dan banyak kejutan, terutama dengan masuknya Jorge Lorenzo menggantikan Dani Pedrosa di team paling favorit, Repsol Honda. Selain itu, performa Danilo Petrucci yang sekarang menjadi team-mate Andrea Dovizioso di team pabrikan, Mission Winnow Ducati juga bikin penasaran.

Selain itu masuknya 4 rookie yang sangat berbakat diyakini bakal merubah peta persaingan di MotoGP, mereka adalah: Francesco Bagnaia (Alma Pramac Racing), Miguel Oliveira (Tech 3 Racing KTM), Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SIC), dan tentu saja Joan Mir (Team Suzuki Ecstar).



Tidak kalah seru, di kelas Moto2 bakal ada pembalap Indonesia yang bertarung satu musim penuh, yaitu Dimas Ekky Pratama. Pembalap yang memilih untuk mengenakan nomor #20 ini menjadi joki di Idemitsu Honda Team Asia.

Nah, kalian pasti sudah tak sabar menunggu musim 2019 untuk dimulai. Mari kita simak dulu jadwalnya lebih detail.

Jadwal MotoGP Maret – April 2019

Seri Grand Prix Sirkuit Tanggal Jam Tayang
1 QATAR Losail International Circuit 10 Maret *) 23:00 WIB
2 ARGENTINA Termas de Rio Hondo 31 Maret **) 01:00 WIB
3 AMERICAS Circuit of the Americas 14 April **) 02:00 WIB

Seri pertama MotoGP 2019 akan digelar di Sirkuit Losail, Qatar pada hari Minggu, 10 Maret. Seperti biasa, sebelum race day, ada sesi free practice pada hari Jumat, dan sesi kualifikasi pada hari Sabtu.

Dan masih seperti tahun-tahun sebelumnya, race MotoGP di sirkuit ini akan digelar pada malam hari. Maklum, pada siang hari sirkuit ini memiliki temperatur yang ekstrim, sehingga sangat berbahaya untuk keselamatan pembalap.

Sesi race kelas premier MotoGP Qatar akan ditayangkan secara live pada pukul 23:00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB), Minggu malam. Sebaiknya kamu siap-siap di depan TV setidaknya 2 jam sebelumnya, karena ada tayang race Moto2 yang tidak kalah menarik. Sayangnya race di kelas Moto3 tidak ditayangkan secara langsung.

Setelah Qatar ada jeda sepanjang 3 minggu untuk memberi kesempatan kepada para pembalap beserta team-nya untuk mengevaluasi hasil race seri pertama, agar lebih kompetitif pada seri-seri berikutnya, sehingga balapan motor paling bergengsi di dunia ini menjadi lebih menarik untuk ditonton.

Baca juga :

Seri kedua dan ketiga akan digelar di benua Amerika, tepatnya di Sirkuit Termas de Rio Hondo (Argentina) dan Circuit of the Americas (COTA, Amerika), masing-masing pada tanggal 31 Maret dan 14 April.

Perlu diperhatikan, kerena perbedaan waktu yang jauh, maka race MotoGP Argentina dan Amerika yang digelar pada Minggu siang waktu setempat, akan tayang langsung di Indonesia pada Senin (1 dan 15 April) dini hari. Catat bro, agar kamu tidak ketinggalan aksi pembalap idolamu.

Jadwal MotoGP Mei – Juni 2019

Seri Grand Prix Sirkuit Tanggal Jam Tayang
4 SPANISH Circuito de Jerez 5 Mei 19:00 WIB
5 FRENCH Le Mans 19 Mei 19:00 WIB
6 ITALIAN Autodromo di Mugello 2 Juni 19:00 WIB
7 CATALUNYA Circuit de Barcelona-Catalunya 16 Juni 19:00 WIB
8 DUTCH TT Circuit Assen 30 Juni 18:00 WIB

Dari benua Amerika, seluruh pasukan MotoGP akan terbang ke benua Eropa. Sirkuit Jerez, Spanyol mendapat giliran seri ke-4 sekaligus menjadi sirkuit Eropa pertama yang mengelar race MotoGP 2019. Race MotoGP Jerez bakal digelar tanggal 5 Mei. Di Indonesia, tayangan live-nya dapat ditonton di Trans7 pada pukul 19:00 WIB.

Selanjutnya seri ke-5 akan digelar di kandang Johann Zarco, Sirkuit Le Mans (Perancis). Disusul seri ke-6 dan ke-7 masing-masing di Sirkuit Autodromo di Mugello (Itali), dan Circuit de Barcelona (Catalunya). Tangalnya dapat disimak pada tabel tersebut di atas.

Masih sama dengan Jerez, race MotoGP pada ketiga sirkuit tersebut akan ditayangkan pada pukul 19:00 WIB.



Seri ke-8 digelar di Sirkuit Assen, Belanda pada 30 Juni. Sesi race MotoGP Assen akan disiarkan langsung pada pukul 18:00 WIB. Berbeda dengan seri-seri yang lain, di mana sebelum race kelas premier MotoGP akan didahului dengan gelaran race Moto2, maka di Assen Moto2 justru digelar setelah kelas utama MotoGP. Dan biasanya Moto2 tidak ditayangkan secara live.

Jadwal MotoGP Juli – Agustus 2019

Seri Grand Prix Sirkuit Tanggal Jam Tayang
9 GERMAN Sachsenring 7 Juli 19:00 WIB
10 CZECH Automotodrom Brno 4 Agustus 19:00 WIB
11 AUSTRIAN Red Bull Ring – Spielberg 11 Agustus 19:00 WIB
12 BRITISH Silverstone Circuit 25 Agustus 21:00 WIB

Selanjutnya, seri ke-9 digelar di Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada 7 Juli. Sirkuit ini cocok dengan karakter motor Honda, sehingga Marc Marquez menjadi pembalap yang meraih kemenangan paling banyak di sini.

Setelah seri ini, ada jeda lagi 3 minggu untuk libur paruh musim.

Seri ke-10, ke-11, dan ke-12 masing-masing digelar di Sirkuit Automotodrom Brno (Ceko), Red Bull Ring – Spielberg (Austria), dan Sirkuit Silverstone (Inggris). Tanggal dan jam tayang dapat dilihat pada tabel di atas.

Jadwal MotoGP September – Oktober 2019

Seri Grand Prix Sirkuit Tanggal Jam Tayang
13 SAN MARINO Misano World Circuit Marco Simoncelli 15 September 19:00 WIB
14 ARAGON MotorLand Aragon 22 September 19:00 WIB
15 THAI Chang International Circuit 6 Oktober 14:00 WIB
16 JAPANESE Twin Ring Motegi 20 Oktober 12:00 WIB
17 AUSTRALIAN Phillip Island Circuit 27 Oktober 10:00 WIB

Seri ke-13 digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli, San Marino, atau dulu lebih dikenal dengan nama Sirkuit Misano saja. Race MotoGP di sirkuit sepanjang 4,2 km ini akan dilangsungkan pad hari Minggu, 15 September siang waktu setempat, atau bertepatan dengan pukul 19:00 WIB.

Pasca seri Misano, pembalap dan team akan boyongan ke ke sirkuit MotorLand Aragon, untuk gelaran seri ke-14 pada 22 September.

Seri ke-15 MotoGP 2019 akan digelar di Chang International Circuit, Buriram, Thailand pada 6 Oktober, yang sekaligus menjadi gelaran MotoGP pertama yang dilangsungkan di benua Asia. Tidak ada perbedaan waktu atau Buriram dengan Jakarta, sesi race MotoGP Buriram ini akan ditayangkan secara live pada pukul 14:00 WIB.

Selanjutnya, seri ke-16 akan digelar di kandang Takaaki Nakagami, yaitu sirkuit legendaris Twin Ring Motegi, Jepang, pada 20 Oktober. Disusul oleh seri ke-17 di Sirkuit Phillip Island, Australia yang terkenal dengan banyaknya burung seagull yang beterbangan. Baik Motegi maupun Phillip Island berada pada wilayah waktu yang lebih awal dibandingkan Jakarta, jadi perhatikan jam tayang pada tabel di atas, agar tidak ketinggalan.

Jadwal MotoGP November 2019

Seri Grand Prix Sirkuit Tanggal Jam Tayang
18 MALAYSIAN Sepang International Circuit 3 November 13:00 WIB
19 VALENCIA Circuit Ricardo Tormo 17 November 20:00 WIB

Masih di benua Asia, seri ke-18 Shell Malaysia Motorcycle Grand Prix akan dilangsungkan di Sirkuit Sepang, Malaysia pada 3 November 2019. Sepang berada di wilayah waktu 1 jam lebih awal dibanding Jakarta, jadi sesi race MotoGP akan disiarkan secara langsung pada pukul 13:00 WIB.

Pasca MotoGP Sepang, para pembalap beserta seluruh kru akan boyongan lagi ke benua Eropa untuk gelaran seri pamungkas. Circuit Ricardo Tormo, Valencia masih menjadi langganan sebagai seri penutup dari rangkaian kompetisi balap motor paling bergengsi di dunia ini. Seri ke-19 Valencia akan digelar pada 17 November.

Karena seri Valencia adalah seri terakhir, maka setelah sesi race masih akan dilanjutkan dengan berbagai ceremony penyerahan piala juara dunia MotoGP, Moto2, maupun Moto3. Selain itu juga rookie of the year, juara konstruksi, dan lain-lain.

Jadwal MotoGP selengkapnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini, atau download di sini dan simpan di gadget atau laptop kamu agar tidak ketinggalan setiap sesinya.

Berikut jadwal MotoGP 2019 selengkapnya:

Jadwal MotoGP 2019



Add Comment

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: