Villa Khayangan, Destinasi Wisata Kekinian Di Sukamakmur Bogor

Villa Khayangan

Indomoto.com – Wisata Alam Khayangan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Villa Khayangan adalah destinasi wisata yang berada di desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Lokasinya berada tidak jauh dari Curug Cipamingkis.

Beruntung minggu lalu saya berkesempatan untuk jalan-jalan ke tempat wisata yang masih relatif baru ini, bersama dengan junior yang kebetulan sedang libur sekolah. Dari pada dia bete di rumah dan main tablet melulu, saya ajaklah dia momotoran 🙂

Kenapa memilih Villa Khayangan? Terus terang saya memilih untuk jalan-jalan ke sana setelah mendengar cerita positif dari beberapa teman, terutama sekali tentang air kolam renangnya yang sangat jernih dan sangat dingin. selain itu juga karena melihat foto-foto di Instagram, tampaknya lokasi ini memang benar-benar layak untuk dikunjungi.



Kami berangkat dari rumah di Cileungsi sekitar pukul 07:00 pagi. Jam di hape saya menunjukkan pukul 09:00 saat sampai Villa Khayangan. Saat itu lokasi masih masih sepi, tepat seperti yang kami harapkan, sehingga kami leluasa untuk foto-foto dan berenang.

Jadi seperti apa rasanya main ke Villa Khayangan? Nah, simak pengalaman kami selengkapnya di bawah ini.

Rute Yang Menantang

rute menuju villa khayangan

Villa Khayangan bisa dijangkau lewat beberapa rute alternatif, yaitu jalur Cipanas – Puncak Dua, atau dari Citeureup – Sukamakmur, dan bisa juga dari Jonggol – Sukamakmur. Nah, pada kesempata kali ini saya menuju Villa Khayangan lewat alternatif terakhir tadi dengan motor.

Sejak dari Jonggol, rute menuju ke Villa Khayangan sangatlah menarik. Kita bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan, berupa sawah-sawah yang hijau dan gunung-gunung di kejauhan. Pemandangan yang tidak bisa kita dapatkan di kota, seperti Jakarta misalnya.

Tak cuma itu udaranya juga bersih dan sejuk. Semakin kita mendekati tujuan, udara semakin dingin.

Buat kalian yang mengaku biker, rute ini pasti sangat menantang sekaligus menyenangkan, karena banyak tikungan-tikungan tajam, disertai dengan tanjakan dan turunan yang cukup terjal. Melewati jalur ini mesti ekstra hati-hati.

Untuk permukaan jalan secara umum sudah cukup memadai, hanya saja ada beberapa titik yang kurang bagus karena permukaan jalan yang bergelombang dan aspal yang mengelupas.

Tapi sebelum berangkat pastikan motormu dalam kondisi sehat wal ‘afiat, karena saya beberapa kali menemui motor yang gak kuat nanjak di jalur ini.

Harga Tiket Masuk Yang Terjangkau

harga tiket masuk villa khayangan

Yup, harga tiket masuk Villa Khayangan masih sangat bersahabat. Hanya Rp. 25.000,- per orang. Sedangkan tarif parkir Rp. 5.000,- per motor. Untuk tarif parkir mobil saya lupa menanyakan 🙁

Harga tiket ini tentunya sangat terjangkau apalagi jika dibandingkan dengan destinasi wisata yang lain, misalnya: Taman Buah Mekarsari, Water Kingdom, Taman Mini Indonesia Indah, atau Taman Matahari di Cisarua.

Catatan: Harga tiket bisa sewaktu-waktu berubah. Jika harga yang saya sebutkan tadi tidak valid tolong diinformasikan di kolom komentar.

Udara Yang Sejuk

Villa Khayangan

Udara di Villa Khayangan sangat sejuk dan minim polusi, mungkin karena lokasinya yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh hutan. Tidak seperti di kota yang pengab dan jenuh dengan asap kendaraan. Bernafas di sini berasa segar sekali, benar-benar fresh

Suhu udara bahkan cenderung dingin. Kalau main kesini jangan lupa bawa jaket.

Air Yang Bening Dan Dingin

villa khayangan

Villa Khayangan menyediakan kolam renang dengan air yang berasal dari sumber mata air. Beningnya benar-benar alami. Menyelam di kolam renang ini tidak membuat mata merah, karena airnya tidak mengandung bahan kimia penjernih.

Tapi hati-hati, airnya sangat dingin. Jangan buru-buru terjun ke air, kamu bisa kaget. Cobalah beradaptasi terlebih dahulu sebelum nyemplung ke air.

Spot yang Menarik dan Instagramable

Villa Khayangan

Pengelola Villa Khayangan tampaknya paham betul trend jaman now, yaitu kebiasaan orang untuk selfie dan upload foto dan status ke media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Maka dibuatlah spot-spot menarik untuk pengambilan foto-foto, seperti sayap raksasa, pigura raksasa, perahu, dan lain-lain.

Selfie di kolam renang juga menjadi pilihan yang menarik, pasalnya airnya yang bening dengan dasar berwarna biru, dijamin hasil fotonya bakalan cantik banget.

Kebersihan Yang Selalu Terjaga

Villa Khayangan

Salah satu yang membuat saya kagum di sini adalah banyaknya tempat sampah yang sangat mudah ditemukan di setiap sudut. Dengan banyaknya tempat sampah diharapkan pengunjung tidak membuang sampah sembarangan. Ini adalah sinyal positif bahwa destinasi wisata ini dikelola dengan serius.

Meski demikian tidak bisa dihindari adanya pengunjung-pengunjung yang ndableg. Untungnya ada banyak petugas kebersihan yang secara cekatan memungut sampah-sampah yang berserakan, sehingga taman ini tampak selalu bersih.

Salut banget.

Advertisements

Tuliskan komentarmu

%d bloggers like this: