6 Fakta Menarik Seputar Test Pra Musim MotoGP Jerez

Jorge Lorenzo

Indomoto.com – Dari hasil test pra musim MotoGP 2019 (hari pertama) yang digelar di sirkuit Jerez, di mana Danilo Petrucci menjadi pembalap dengan laptime tercepat, tampaknya peta persaingan di musim depan bakal berubah. Masih ada beberapa fakta menarik lainnya, yuk kita simak!

1. Takaaki Nakagami jadi pembalap Honda tercepat
Takaaki Nakagami

Pembalap team satelit LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami menempati posisi ketiga, sekaligus menjadi pembalap Honda paling kencang. Bahkan lebih kencang dari pada Marc Marquez, ini bukan sesuatu yang biasa terjadi. Kalau Nakagami bisa konsisten, MotoGP 2019 tentu bakalan lebih seru.

2. Marc Marquez mencoba aero fairing baru
Marc Marquez's New Aero fairing

Marc Marquez memasang fairing baru pada motor Honda RCV213 dengan desain bagian depan yang berbeda dengan motor yang dipakai saat ini. Hasilyang diharapkan tentunya aerodynamic yang lebih baik, sehingga motor menjadi lebih kencang.

Lalu bagaimana hasilnya? Belum ada komentar dari Marquez maupun team-nya, namun kalau dilihat dari hasil test, Marquez menempati posisi ke-4.

3. Jorge Lorezo pangkas tangki
Jorge Lorenzo's fuel tank

Pembalap baru Repsol Honda, Jorge Lorenzo memangkas fuel tank, alias tangki motor Honda RCV213 miliknya. Yup, ini persis seperti yang dilakukannya saat menjadi di Ducati. Modifikasi ini berhasil membuatnya jauh lebih kencang di Ducati. Apakah bakal berhasil di Honda?

Lorenzo saat ini masih mencoba beradaptasi dengan motor barunya. Dengan menempati posisi ke-7 di hari pertama test Jerez kemarin, artinya dia bisa cepat beradaptasi dengan motor yang memang terkenal paling mudah dikendalikan ini.

4. Joan Mir crash
Joan Mir crash

Rookie Joan Mir mengalami kecelakaan hebat di tikungan ke-7. Akibat kecelakaan ini, Mir dilarikan ke medical center untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Red flag pun dikibarkan karena track harus dibersihkan dari serpihan motor Mir.

Beruntung pembalap Suzuki Ecstar ini dinyatakan sehat wal ‘afiat, tidak kurang suatu apapun, dan boleh melanjutkan test.

5. Joan Mir menjadi rookie paling kencang
Joan Mir

Meski sempat mengalami kecelakaan, Mir membukukan laptime tercepat di antara rookie yang lain, yaitu Bagnaia, Quartararo dan Oliveira. Rins terkenal dengan gaya membalapnya yang smooth, seperti Alex Rins dan Jorge Lorenzo.

6. Valentino Rossi masih kedodoran
Valentino Rossi

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi masih kedodoran dan harus puas berada di posisi ke-17. Sangat kontras dengan hasil yang diraih rekan team-nya, Maverick Vinales yang menempati posisi ke-4. Kelihatannya Rossi masih belum menemukan setting yang pas buat motornya.



Advertisements

Tuliskan komentarmu

%d bloggers like this: