Pengalaman Bayar Pajak Sepeda Motor Dan Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Samsat Cibinong

Perpanjangan STNK di Samsat Cibinong

Perpanjangan STNK di Samsat Cibinong – Foto by Bapenda.Jabarprov.go.id




Indomoto.com – Waktu berjalan dengan cepat sekali, brosis. Tak terasa motor Honda Beat saya sudah berusia 5 tahun, sudah saatnya melakukan perpanjangan STNK dan TNKB.

Yup, sebagai warga negara yang baik, kita haruslah taat hukum. Sesuai dengan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 70, yang menyatakan bahwa Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) berlaku selama 5 (lima) tahun, dan harus mengajukan permohonan perpanjangan sebelum berakhir masa berlakunya.

Biasanya saya membayar pajak tahunan di Outlet Samsat Cileungsi. Sayangnya outlet ini belum bisa memproses perpanjangan STNK dan TNKB. Jadi kali ini saya terpaksa pergi ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap alias Samsat Kabupatan Bogor, yang berlokasi di Cibinong.

Honda Beat Tahun 2012

Honda Beat Tahun 2012 ini yang minta perpanjangan STNK

Sebagai orang yang baru pertama kali mengurus perpanjangan SNTK dan TNKB, tentu saja saya agak bingung, harus mulai dari mana. Karena ketidaktahuan ini, saya harus bolak balik dari satu pos ke pos yang lain. Nah, pengalaman ini saya bagikan, agar pembaca yang pengin mengurus perpanjangan SNTK dan TNKB lima tahunan tidak mengalami kebingungan seperti yang saya rasakan.

Nah, sebelum berangkat ke Samsat, persiapkan bekal-bekal berikut ini:

  • KTP asli pemilik kendaraan
  • BPKB asli
  • STNK asli
  • Sepeda motor yang hendak diperpanjang
  • Pulpen untuk tulis-menulis
  • Uang untuk bayar pajak dan perpanjangan STNK

Apakah dokumen-dokumen perlu di-fotocopy? Tidak perlu. Nanti saya jelaskan kenapa saya bilang tidak perlu di-fotocopy.

Bawa semua bekal tersebut ke Samsat. Sebaiknya datang lebih pagi untuk menghindari antrian yang panjang. Pengalaman saya datang jam 08:30 masih cukup lancar dan cepat.

Berikut alur proses perpanjangan STNK, yang saya buat berdasarkan pengalaman saya:

Alur Perpanjangan STNK Lima Tahunan Di Samsat Cibinong

Alur Perpanjangan STNK Lima Tahunan Di Samsat Cibinong

Mari kita bahas satu persatu lebih detail.

Cek Fisik

Begitu datang ke Samsat, langsung bawa sepeda motor ke lokasi cek fisik. Di sini kita akan ditawari untuk mengerjakan sendiri gesek nomor rangka dan nomor mesin, atau dibantu oleh petugas.

Cek Fisik Sepeda Motor Di Samsat Cibinong

Cek Fisik Sepeda Motor Di Samsat Cibinong – Foto by Viwimoto.com

Gesek nomor rangka dan nomor mesin ini gampang-gampang susah. Bagi yang belum pengalaman bisa-bisa nomor rangka dan nomor mesinnya tidak terbaca jelas pada hasil gesekan. Jadi mendingan percayakan sama petugas yang berada di sana.

Hasil gesek nomor rangka dan nomor mesin tersebut akan ditempel pada formulir cek fisik. Formulir ini akan diberikan kepada kita.



Ambil Arsip Sepeda Motor

Bawa formulir hasil cek fisik ke Gedung Arsip. Tapi sebelumnya fotocopy dulu KTP, BPKB, dan STNK di tempat fotocopy yang berada tepat di samping pintu ruang arsip. Bilang saja kepada petugas fotocopy bahwa dokumen tersebut untuk perpanjangan STNK.

Gedung Arsip Samsat Cibinong

Gedung Arsip Samsat Cibinong – foto by OcehanBurung.com

Hasil fotocopy akan disatukan dan disusun oleh petugas di tempat fotocopy tersebut. Kalau kita menyusun sendiri dokumen tersebut mungkin akan kurang rapi dan tidak sesuai dengan keinginan petugas di ruang arsip. Makanya percayakan sama petugas fotocopy yang sehari-hari mengurusi hal itu.

Bawa dokumen yang telah disusun tersebut ke ruang arsip, dan berikan kepada petugas yang berada di sana. Tidak butuh waktu lama, kita akan mendapatkan arsip sepeda motor kita beserta hasil cek fisik tadi dalam satu map.

Pengesahan Hasil Cek Fisik

Pengesahan Hasil Cek Fisik Di Samsat Cibinong

Pengesahan Hasil Cek Fisik Di Samsat Cibinong – Foto by OcehanBurung.com

Masukkan dokumen arsip tersebut ke loket Pengesahan Cek Fisik Kendaraan Bermotor. Tunggu antrian untuk dipanggil. Lama atau tidaknya tentu saja tergantung banyaknya antrian. Berdasarkan pengalaman saya, tidak butuh waktu lama, sekitar 5 menit kita akan dipanggil, dan dokumen yang sudah disahkan akan dikembalikan kepada kita.

Pengambilan Formulir Daftar Ulang 5 Tahun

Masukkan dokumen dalam satu map tersebut ke loket pengambilan formulir daftar ulang 5 tahun atau perpanjangan STNK. Kalau di Samsat Cibinong, posisi loket berada tepat di samping pintu masuk gedung utama. Lihat gambar di bawah ini:

Loket Pengambilan Formulir Daftar Ulang Samsat Cibinong

Loket Pengambilan Formulir Daftar Ulang Samsat Cibinong – Foto by Foursquare.com

Petugas di loket tersebut akan memeriksa kelengkapan dokumen kita. Jika sudah lengkap, petugas akan memngembalikan seluruh dokumen disertai dengan satu formulir Perpanjangan STNK yang harus kita isi. Nah, di sinilah perlunya kita bawa pulpen, karena pulpen yang disediakan di Samsat Cibinong sangat terbatas jumlahnya, sedangkan orang yang membutuhkan pulpen tersebut banyak sekali.

Isi formulir tersebut, seperti merk motor, tipe motor, nomor rangka, nomor mesin, nama dan alamat pemilik kendaraan, dan lain-lain. Contek saja semuanya dari BPKB.

Pendaftaran Perpanjangan STNK

Setelah formulir terisi, satukan formulir tersebut dengan dokumen yang lain dalam satu map. Masukkan dokumen tersebut ke loket Pendaftaran Perpanjangan STNK. Loket tersebut berada di dalam gedung utama Samsat. Setelah pintu masuk, loket berada di posisi paling kiri.

Loket Pendaftaran Perpanjangan STNK Di Samsat Cibinong

Loket Pendaftaran Perpanjangan STNK Di Samsat Cibinong – Foto by Viwimoto.com

Petugas di loket tersebut akan memberi kita secarik kertas dengan tulisan nomor polisi kendaraan kita. Lalu kita disuruh untuk antri di loket pembayaran (kasir).

Pembayaran Pajak Tahun Kelima dan Perpanjangan STNK

Loket Pembayaran (Kasir) Samsat Cibinong

Loket Pembayaran (Kasir) Samsat Cibinong

Simpan kertas tersebut, duduk manis saja di ruang tunggu di depan loket Kasir. Jangan jauh-jauh supaya kita dengar saat dipanggil.

Dari pengalaman saya waktu tunggunya tidak lama, sekitar 15 menit kita sudah dipanggil ke loket kasir. Petugas di loket tersebut akan menyebutkan biaya yang harus kita bayar. Besarnya biaya tentu saja berbeda-beda tergantung tipe motor dan tahun pembuatannya.

Bayar biaya tersebut sambil berikan kertas yang kita dapat dari loket pendaftaran. Kertas tersebut akan diberi stempel “LUNAS” dan dikembalikan kepada kita.

Kewajiban kita sudah selesai, kini saatnya menunggu pencetakan STNK dan TNKB yang baru.

Pengambilan STNK Baru

Ruang Tunggu Penyerahan STNK Samsat Cibinong

Ruang Tunggu Penyerahan STNK Samsat Cibinong

Saatnya menunggu penyerahan STNK yang baru. Pindah duduk, masih di ruang tunggu yang sama tapi posisinya lebih ke sebelahan kanan.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, kita akan dipanggil. Petugas akan menyerahkan kepada kita STNK baru, bukti pembayaran pajak, dan secarik kertas untuk pengambilan plat nomor atau TNKB.

Pengambilan TNKB

Di Samsat Cibinong, loket pengambilan TNKB berada di samping lokasi cek fisik. Gedungnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Loket Pengambilan Plat Nomor (TNKB) di Samsat Cibinong

Loket Pengambilan Plat Nomor (TNKB) di Samsat Cibinong – Foto by Foursquare.com

Serahkan kertas yang kita terima saat penyerahan STNK ke petugas yang berada di loket pengambilan TNKB. Plat nomor alias TNKB kita akan segera diproses di gedung tersebut.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, kita akan dipanggil oleh petugas, dan TNKB yang baru akan diserahkan kepada kita.

Yes . . . selesai sudah kewajiban kita.

Kesimpulan

Pelayanan Samsat Cibinong kini sudah sangat bagus. Terbukti dari waktu tunggu yang tidak lama di setiap posnya.

Saya datang jam 08:30, dan semua proses sudah selesai pada jam 11:00. Artinya perpanjangan STNK butuh waktu sekitar dua setengah jam saja. Sebenarnya proses ini bisa jauh lebih cepat kalau saya sudah tahu alurnya. Saya kemarin sempat bolak balik beberapa kali di Loket Pengambilan Formulir karena persyaratan yang belum saya lengkapi.

Tapi masih banyak ruang untuk perbaikan sistem. Misalnya Pengambilan Arsip, Pengesahan Hasil Cek Fisik, Pengambilan Formulir, dan Pendaftaran Perpanjangan STNK bisa digabung dalam satu loket. Ini tentu akan membuat proses perpanjangan STNK jauh lebih mudah buat pemilik kendaraan bermotor.



Add Comment

Tulis komentarmu

%d blogger menyukai ini: