Bikin Iannone Terjatuh Di Pitstop, Aleix Espargaro Minta Aturan Diubah

Aleix Espargaro

Aleix Espargaro minta aturan flag-to-flag dikaji ulang

Indomoto.com – Cuaca yang tidak menentu saat race MotoGP Brno digelar hari Minggu lalu, membuat balapan agak sedikit kacau. Para pembalap yang sudah siap di grid dengan motor ban basah, berebutan masuk ke pit untuk ganti motor dengan ban kering di lap-lap awal.

Kekacauan tersebut membawa korban, salah satunya Andrea Iannone. Pembalap Suzuki Ecstar tersebut terjatuh saat hendak masuk pit, karena berusaha menghindari pembalap Aprilia, Aleix Espargaro yang pada saat sedang keluar dari pitstop.

Bagi yang belum nonton, simak videonya di bawah ini:

https://twitter.com/indomoto/status/894175565380440064

Akibat insiden tersebut, Espargaro mendapat pinalti turun 3 posisi. Pasca race, Espargaro mengaku bersalah dan meminta maaf kepada Iannone dan team Suzuki Ecstar.

“Saya senang Andrea Iannone tidak mengalami cedera karena itu kecelakaan yang mengerikan, tidak ada yang bisa saya perbuat,” kata Espargaro.



“Saya tidak punya spion, jadi ini adalah kesalahan team. Saya dan Aprilia minta maaf kepada Suzuki dan Iannone.”

“Selanjutnya saya berharap peraturannya dikaji ulang, karena sangat mudah terjadi kesalahan. Saya kira ada yang perlu didiskusikan.”

Menurut Espargaro, MotoGP perlu mengadopsi peraturan yang saat ini berlaku di World Superbike Championship, di mana ada waktu minimum yang harus dilewati pembalap saat berapa di pitstop.

“Kamu punya waktu dan kamu bisa santai karena semua orang akan melewati waktu yang sama di pitstop,” begitu alasan Espargaro.



Tampaknya alasan Espargaro ini cukup masuk akal. Di MotoGP saat balapan flag-to-flag, semua pembalap berusaha secepat-cepatnya ganti motor. Hal ini sangat berbahaya karena bisa saja terjadi kecelakaan, misalnya menabrak kaki mekanik, atau bahkan lebih buruk.

Selain itu, balapan juga kurang fair, karena pembalap yang bisa berganti motor dengan cepat sangat beruntung bisa memangkas waktu lebih banyak. Padahal penonton pengin lihat balapan di track, bukan di pitstop.





Add Comment

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: