Pamerkan Winglet Tersembunyi, Ini Komentar Pembalap Suzuki Dan Aprilia

suzuki winglet fairing

Indomoto.com – Suzuki dan Aprilia menguji coba winglet yang tersembunyi di dalam fairing di sesi test pra musim MotoGP 2017 yang berlangsung di Phillip Island, Australia. Karena belum ada nama resminya, sementara kita sebut saja “winglet fairing“.

Winglet fairing” pertama kali diperkenalkan oleh Yamaha saat test Sepang 2 minggu lalu. Namun berbeda dengan punya Yamaha yang berada di bagian samping fairing, Suzuki dan Aprilia menaruh winglet mereka lebih ke depan, di atas ban depan motor.

aprilia winglet fairing



Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins mengaku bahwa winglet barunya belum membawa perubahan signifikan.

“Hasilnya belum jelas, saya hanya mengujinya sebanyak 10 lap. Tentu saya merasakan perbedaan dibandingkan dengan fairing normal, tapi kami masih memerlukan pengecekan, apakah winglet ini memperlambat atau mempercepat motor kami,” ujar Rins.

Menurut Boss Suzuki Ecstar, Davide Brivio, pihaknya belum memutuskan untuk menggunakan winglet tersebut saat race nanti.

“Kami sedang mengumpulkan data awal. Jadi masih terlalu dini untuk mengatakan apakah winglet ini bermanfaat atau tidak. Kami masih memerlukan pengujian dan analisa yang lebih mendalam,” ujarnya.

Rookie Alex Rins berada di posisi ke-6 di hari terakhir test pra musim Phillip Island, sedangkan team-mate-nya, Andrea Iannone menempati posisi ke-12.

Aprilia

Pembalap Aprilia Gresini, Aleix Espargaro mengungkapkan komentar yang hampir serupa.

“Kami sudah mencobanya di Itali, fairing ini menghasilkan downforce tanpa mengurangi top speed,” kata pembalap Spanyol berusia 27 tahun tersebut.

“Tapi di sini (Phillip Island) agak aneh, karena banyak tikungan dan sangat kencang, yang membuat motor terasa lebih berat. Kami akan mencobanya kembali di Qatar.”

Aleix Espargaro berada di posisi ke-10 di hari terakhir test pra musim Phillip Island, sedangkan team-mate-nya, Sam Lowes harus puas berada posisi ke-21.

jadwal motogp 2017



Add Comment

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: