Advertisements

Cara Mudah Upload Foto Ke Instagram Lewat PC dan Laptop

Cara Mudah Upload Foto Ke Instagram Lewat PC dan Laptop

Cara Mudah Upload Foto Ke Instagram Lewat PC dan Laptop

Indomoto.com – Cara paling mudah upload foto atau video ke Instagram, tentu saja lewat aplikasi Instagram yang tersedia di smartphone. Media sosial yang lagi nge-trend tersebut hingga saat ini belum mengijinkan penggunanya untuk mengunggah lewat PC atau laptop. Entah apa alasannya, yang pasti mereka punya pertimbangan kuat.

Masalahnya, kalau foto atau video yang pengin kita unggah diambil dari kamera yang lain, misalnya DSLR, kamera saku, atau bahkan dari action cam, maka proses upload jadi agak ribet.

Seperti keribetan yang saya alami. Foto-foto saya yang bagus agak bagus biasanya saya ambil bukan dengan kamera hape, melainkan dari kamera saku jadul yang tidak punya koneksi bluetooth maupun wifi.

Jadi satu-satunya cara untuk menggunggah ke Instagram adalah men-download-nya terlebih dahulu ke laptop melalui koneksi kabel USB. Dari laptop, foto tersebut saya transfer ke hape. Baru deh bisa upload ke Instagram.



Ribet kan? Makanya, kalau kita bisa upload langsung dari laptop tentu bisa memangkas keribetan itu.

Dari pencarian di google, saya menemukan banyak blog yang menawarkan solusi. Biasanya mereka menyarankan untuk meng-install aplikasi Gramblr atau emulator semacam Bluestack atau MEmu.

Sayangnya saya sudah punya pengalaman buruk dengan Bluestack. Emulator ini memakan banyak resource di laptop, sehingga berat banget dan bikin laptop saya nge-lag luar biasa.

Hingga akhirnya saya menemukan trik yang jauh lebih simpel. Saat saya buka akun Instagram saya lewat browser Mozilla Firefox mobile di hape (bukan dari aplikasi Instagram), di sana ada tombol upload. Artinya kita bisa upload lewat browser di hape.



Nah, dari sini saya jadi kepikiran, bagaimana kalo browser saya di laptop saya rekayasa agar dikenal sebagai mobile browser. Di Firefox hal ini dapat dengan mudah dilakukan menggunakan add-on User Agent Switcher, kebetulan add-on tersebut sudah lama saya install di Firefox saya.

Maka saya buka akun Instagram saya lewat Firefox di laptop. Saat user agent saya rubah menjadi Android Phone / Chrome 59, dan saya refresh halaman Instagram tersebut, dan . . . jeng jeng . .. tombol upload muncul di Instagram.

Cara ini sangat praktis karena add-on ini ukurannya sangat kecil, mungkin kurang dari 100 kB, dan tidak perlu lagi software tambahan yang memberatkan kerja laptop.

Berikut step by step cara upload foto atau video ke Instagram lewat PC atau laptop:

  1. Temukan add-on User Agent Switcher di link ini, lalu klik tombol Add to Firefox. Jika muncul notifikasi “This site would like to install an add-on in Firefox: User Agent Switcher. Learn more…” Klik tombol “Install“.

    Step 1 - Cara upload foto Instagram lewat PC atau Laptop

    Jika proses installasi berhasil akan muncul notifikasi, “User Agent Switcher has been installed successfully.”

  2. Tombol setting User Agent Switcher akan nongol di pojok kanan atas browser Firefox. Jika tidak ada, restart browser-nya.

    Step 2 - Cara upload foto Instagram lewat PC atau Laptop

  3. Klik tombol tersebut, dan pilih user agent yang kita inginkan, misalnya Android Phone / Chrome 59.

    Step 3 - Cara upload foto Instagram lewat PC atau Laptop

    Brosis juga bisa bereksperimen dengan pilihan user agent yang lain.

  4. Buka Instagram, pastikan brosis sudah login, maka akan nongol tombol upload seperti gambar di bawah ini.

    Step 4 - Cara upload foto Instagram lewat PC atau Laptop

  5. Untuk upload foto tinggal klik tombol tersebut, pilih foto yg hendak di-upload, Klik tombol “Next” di kanan atas. Beri caption atau keterangan foto, tambahkan hashtag, atau mention teman kamu jika perlu.
  6. Klik “Share”. Selamat . . . Fotomu sudah terunggah di Instagram. Jika trik ini bermanfaat, silahkan follow indomoto di Instagram 🙂


Advertisements
Tags: , , , , , ,

Comments
  1. aris medikal
    • Yoshi

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: