Advertisements

Yamaha Indonesia Akan Produksi Engine Untuk Motor Besar Dan ATV

line perakitan engine matik di Yamaha

Line perakitan engine skutik di Yamaha – photo by Gilamotor

Indomoto.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bakal menjadi basis produksi engine untuk motor dan ATV (all-terrain vehicles) ber cc besar. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan fasilitas yang terpasang di YIMM.

Saat ini engine dengan kapasitas ruang bakar di atas 700cc dirakit di Iwata, Jepang. Pabrik ini mampu menghasilkan kurang lebih 200 ribu engine per tahun untuk sepeda motor dan sekitar 50 ribu engine per tahun untuk ATV.

Seperti dilansir oleh Nikkei Asian Review, Yamaha Jepang (Yamaha Motor Co., Ltd.) berniat untuk memindahkan sebagian bebannya ke Indonesia, sekaligus mengoptimalkan fasilitas yang telah terpasang.



Permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang terus menurun sejak 2011 mengakibatkan fasilitas terpasang di YIMM tidak berproduksi sesuai kapasitas.

Sesuai data AISI, tahun 2011 total sepeda motor yang terserap pasar domestik mmencapai 8.012.540 unit. Pada tahun 2016 lalu, angka ini turun menjadi 5.931.585 unit saja. Hal ini menyebabkan hampir semua pabrikan berproduksi di bawah kapasitas terpasang.

Yamaha Jepang akan mengucurkan puluhan juta dollar untuk menyiapkan line produksi yang mampu memproduksi engine hingga 20 ribu unit per tahun. Produksi diharapkan bisa dimulai pada 2019 mendatang.



Advertisements
Tags: , , , ,

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: