Diperkenalkan Oleh Rossi Dan Vinales, Yamaha New R15 Versi 2017 Sudah Adopsi Teknologi Assist & Slipper Clutch

launching yamaha new r15 versi 2017

Indomoto.com – Duo pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, hari ini (22/01/2017) datang ke Jakarta untuk menghadiri meeting nasional tahunan main dealer dan dealer Yamaha Indonesia yang digelar di Ciputra Artpreneur Theater, Jaksel. Yang bikin heboh, ternyata Rossi dan Vinales memperkenalkan motor sport terbaru Yamaha New R15 versi 2017.

Seperti photo-photo spyshot yang sebelumnya beredar, Yamaha New R15 memiliki style yang lebih modern, dengan lampu depan yang jauh lebih sipit dibandingkan dengan generasi R15 sebelumnya yang “bermata” besar. Lampu ini telah mengaplikasikan teknologi LED.

All New Yamaha YZF-R15 - 2017

All New Yamaha YZF-R15 – 2017

Tak cuma itu, R15 terbaru ini juga telah mengadopsi shock depan upside down, seperti yang sebelumnya telah dijejalkan pada Yamaha Xabre.

Valentino Rossi memperkenalkan Yamaha New R15 versi 2017

Valentino Rossi memperkenalkan Yamaha New R15 versi 2017




Maverick Vinales memperkenalkan Yamaha New R15 versi 2017

Maverick Vinales memperkenalkan Yamaha New R15 versi 2017

Dan yang paling bikin heboh adalah bahwa ternyata engine New R15 telah dilengkapi dengan teknologi VVA (Variable Valves Actuation) dan Assist & Slipper Clutch. Yamaha New R15 menjadi motor sport 150cc yang pertama di dunia yang mengadopsi teknologi Assist & Slipper Clutch ini.

Apa itu Assist & Slipper Clutch ?

Tidak seperti clutch konvensional, assist & slipper clutch punya dua cam, assist cam dan slipper cam. Keduanya menggerakan clutch hub dan mengoperasikan pelat kopling bersamaan, atau terpisah.

Sesuai penjelasan yang dilansir Kompas, pada penggunaan normal assist cam berfungsi sebagai mekanisme self-servo, yakni menarik clutch hub dan mengoperasikan pelat secara bersamaan untuk menekan pelat kopling. Ini membuat beban per kopling berkurang. Pengendara semakin merasa ringan saat menekan tuas kopling.

cara kerja assist and slipper clutch

Cara kerja assist and slipper clutch

Kebalikannya, saat pengendara melakukan engine brake dengan menurunkan gigi ke posisi lebih rendah, slipper cam gantian bekerja. Komponen ini memaksa clutch hub dan pelat terpisah, yang membuat tekanan pada pelat kopling berkurang.

Alhasil, pada saat kita melakukan down shift (penurunan gigi) secara cepat, maka gejala torsi berlebihan pada kopling (disebut juga back torque) yang menyebabkan ban belakang mengalami skid (mengunci) dan hilang traksi tak akan muncul.

Buat pecinta kecepatan, kerugian akibat munculnya back torque ini cukup mengganggu. Saat mengurangi gigi dengan cepat, lalu terjadi skid, mesin langsung drop dan kurang akseleratif saat diajak kembali “narik”.

Launching R15 Di Sentul

Sesuai teaser yang sebelumnya beredar, Yamaha Indonesia akan meluncurkan produk terbarunya besuk (Senin, 23/01/2017) di Sentul International Circuit. Tentunya sekarang sudah bisa ditebak bahwa produk terbaru tersebut adalah Yamaha New R15 versi 2017.

Maverick Vinales akan hadir di Sentul untuk menguji motor sport terbaru Yamaha tersebut. Sedangkan Rossi kabarnya tidak ikut ke Sentul.



Tags: , , , , , ,

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: