Templates by BIGtheme NET

Gak Kuat Bersaing Di Indonesia, Situs Belanja Online Rakuten Tutup!

rakuten indonesia tutup

Pagi ini saya membaca email yang mengejutkan dari situs belanja online Rakuten Indonesia. Email berjudul “Pengumuman penting dari Rakuten Belanja Online” tersebut memberitahukan bahwa situs Rakuten Indonesia akan menutup semua kegiatannya di Indonesia mulai 1 Maret 2016 mendatang.

Bagi pelanggan yang masih memiliki saldo, Rakuten masih memberi kesempatan hingga 29 Februari untuk membelanjakan saldonya. Dalam emailnya, Rakuten tidak menjelaskan alasan penutupan situsnya di Indonesia.

Sangat mengejutkan, bahwa situs yang didirikan oleh raksasa e-commerce Jepang tersebut ternyata hanya mampu bertahan selama 5 tahun di Indonesia (Rakuten berdiri masuk pasar Indonesia di tahun 2011). Padahal Rakuten adalah salah satu dari 10 besar perusahaan internet dengan pemasukan terbesar di dunia.

Saya sendiri mendaftar di Rakuten di awal-awal launching, karena saya mengira bahwa situs ini bakal menjadi besar. Paling tidak bisa bersaing dengan Bukalapak, Bhinneka atau Lazada. Ternyata prediksi saya salah.

Baca juga :

Penutupan Rakuten membuktikan kejamnya persaingan e-commerce di Indonesia. Sebelumnya, perusahaan Amerika Multiply, yang mengubah platform situsnya dari file sharing menjadi e-commerce, hanya mampu bertahan 1 tahun saja.

Situs e-commerce lokal juga banyak yang menjadi korban persaingan ini. Antara lain yang sebelumnya lumayan terkenal, Krazymarket dan Bejubel. Sedangkan situs e-commerce yang gak jelas, yang tutup sudah tidak terhitung jumlahnya.

——-
Silahkan bersilaturahmi dengan Indomoto.com melalui :

5 comments

  1. wah dulu pernah ikut kontesnya juga waktu pertama kali buka 😀 sayang banget tutup . . .
    http://stpblog.me/pelanggan-telkom-kecewa-terus-begini-nih/

  2. pemasarannya kurang begitu heboh spti bukalapak dan tokopedia

  3. ane malah baru denger ada rakuten, haha

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: