Advertisements

Cek Akurasi Odometer Dengan Aplikasi SpeedView

SpeedView GS Speedometer

Aplikasi Android yang satu ini nampaknya cukup menarik dan bekerja sesuai deskripsinya. Meskipun cuma berukuran 1,57MB, SpeedView ini menawarkan fitur yang lumayan keren. Jika dijalankan, aplikasi buatan Code Sector ini dapat mencatat jarak tempuh, dan kecepatan rata-rata suatu perjalanan. Tentu saja fitur GPS di Android harus dinyalakan. Selain itu aplikasi ini juga bisa berfungsi sebagai kompas, penunjuk arah.

Nah, pagi tadi saya coba aplikasi ini untuk dibandingkan hasil pengukurannya dengan odometer di sepeda motor saya. Start dari Jonggol jam 06:07, saya reset dulu data yang telah tersimpan di SpeedView, sehingga data total distance dan moving average-nya menjadi nol. Begitu pula odometer di motor saya reset ke nol.

Setelah perjalanan kurang lebih 45 menit, saya berhenti di Cikalong untuk memeriksa hasilnya. SpeedView di Android saya menunjukkan bahwa total jarak tempuh adalah 31.10 km, dengan kecepatan rata-rata 40 km/j (jalan santai masbro).

speedview odometer

Sedangkan di motor saya, odometer menunjukkan angka 32.9 km. Berarti ada selisih 1.8 km, atau sekitar 6%. Ini adalah penympangan yang wajar, sebagaimana speedometer pada umumnya selalu menunjukkan angka yang lebih dari kecepatan sesungguhnya, maka odometer pun akan menunjukkan jarak yang lebih jauh dari jarak yang sesungguhnya.

cek akurasi odometer

So . . . SpeedView ini sangat bermanfaat untuk menjadi teman dalam perjalan touring masbro. Namun koneksi internet masbro juga harus dipastikan OK, sehingga GPS-nya bekerja dengan benar. Juga hati-hati, sering-sering perhatikan battery.

Advertisements
Tags: , , , ,

Comments
  1. ardiantoyugo
  2. agoey
  3. itemompong
  4. nbsusanto
  5. Darielle

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: