Modus Baru Pencurian Motor, Pencari Kerja Menjadi Target

on the move

Bagi brosis yang saat ini sedang sibuk mencari kerja, harap hati-hati dengan orang yang baru dikenal, tiba-tiba sok akrab dan menawarkan pekerjaan. Seorang adik teman, terpaksa kehilangan Suzuki Satria FU setelah mengalami bertemu dengan orang seperti itu.

Ceritanya panjang sebenarnya, namun akan Indomoto bikin lebih singkat. Hari Senin, minggu lalu, Budi (bukan nama sebenarnya) datang ke sebuah SMK di Karawang, untuk melihat-lihat pengumuman lowongan kerja yang biasanya dipajang di mading. Budi ini memang alumni sekolah tersebut.

Pulangnya dia nongkrong dulu di gerbang sekolah. Saat itulah ada seseorang mendekatinya dan mengajak gobrol, sebut saja namanya Agus. Saat Budi mengaku orang asli Kuningan, si Agus juga mengaku orang Kuningan, jadi klop deh ngobrolnya.

Setelah ngobrol ngalor-ngidul, akhirnya Agus menawarkan sebuah pekerjaan di PT CCC, Cikarang. Dia mengaku kakaknya kerja di sana, dia sendiri sudah test, dan tinggal tanda tangan kontrak saja. Budi yang sedang butuh kerja tentu senang dengan tawaran tersebut.

Namun anehnya, Agus ngasih syarat kalau melamar kerja ke sana harus bawa motor gede (motor sport mungkin maksudnya). Budi sempat curiga di sini, karena aneh juga ada perusahaan punya syarat seperti itu. “Wah kalo motor gede mah gak punya. Adanya itu doang”, kata Budi sambil nunjukin motor dia satu-satunya, Satria FU yang bodi plastik banyak yang dilepas.

“Ya udah, itu juga gak papa. Tapi plastik-plastiknya harus komplit dan bersih”, kata Agus. Si Budi seperti orang dihipnotis nurut saja. Akhirnya mereka berdua pergi ke rumah Budi. Di rumah, Budi mencuci semua plastik-plastik bodi dan memasangnya ke motor.

Setelah itu berangkatlah mereka berdua ke PT CCC, yang berada di Jababeka Cikarang. Sesampai di depan pabrik tersebut, Budi disuruh menunggu di luar oleh Agus, dan dia sendiri masuk ke kantor Security (Satpam) untuk menemui kakaknya, katanya.

Tak lama kemudian, Agus keluar dan meminta STNK dan KTP asli punya Budi, untuk parkir motor dan keperluan melamar kerja. Budi nurut saja, dikasihlah semuanya. Agus pun masuk lagi ke dalam kantor Security.

Namun tak lama si Agus keluar lagi, dan nanya ke Budi, “Lo bawa materai gak?”. “Gak”, jawab si Budi.

“Ya udah gini aja, Lo tunggu aja di dalam kantor Satpam. Ntar Lo dipanggil kakak gue. Gue pinjam motor Lo bentar ke depan, nyari materei”, kata si Agus.

Melihat peluang kerja sudah di depan mata, si Budi nurut saja, dan ngasih kunci kontak ke Agus.

Selanjutnya . . . brosis bisa tebak sendiri . . . Ya, benar, Si Agus gak balik lagi. Setelah menunggu hampir satu jam, Budi mulai panik, dan menanyakan KTP dan STNK-nya ke petugas Security. Namun petugas Security tidak ada yang menerima KTP dan STNK Budi.

Mereka juga tidak ada yang mengenal Agus. Memang benar Agus tadi masuk ke kantor tersebut, tapi dia duduk diam saja di sana. Petugas Security juga tidak ada yang curiga, mereka mengira Agus adalah karyawan dari supplier.

Akhirnya Budi sadar, dia telah tertipu . . .

Catatan: Ini kisah nyata. Diceritakan kepada Indomoto oleh kakak korban. Nama korban, pelaku, dan perusaaan adalah bukan nama sebenarnya.

Don’t talk to strangers
’cause they’re only there to do you harm
Don’t write in starlight
’cause the words may come out real
Don’t hide in doorways
you may find the key that opens up your soul
Don’t go to heaven
’cause it’s really only hell
~ DIO

Tags: , ,

Comments
    • Yoshi
  1. orong-orong
    • Yoshi
  2. Ferboes Richardson
    • Yoshi
  3. Ferboes Richardson
  4. Bapak'e Salma
    • Yoshi
  5. Hermawan - 4G92Mivec
    • Yoshi
  6. Plat-R
  7. motobikerz
  8. Arip Yeuh!
  9. ndesoedisi
  10. Evi
  11. Maskur
  12. Karpet karet avanza xenia
  13. motor terbaru

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: