Templates by BIGtheme NET

Ternyata Kampas Rem Depan TVS Apache Sama Dengan Punya Supra X

Kampas rem depan TVS Apache

Pagi ini, saat saya dorong Apache di garasi, kok terdengar suara sret . . sret . . dari roda depan. Beberapa hari yang lalu juga ada suara yang sama, tapi hilang setelah saya cuci. Kok sekarang nongol lagi. Setelah saya intip, ternyata kampas rem depannya sudah sangat tipis. Wah, lama kurang diperhatikan ini.

Ya sudah, hari ini harus diganti. Tapi . . . kemana? Bengkel TVS terdekat ada di Tambun (dealer baru), jaraknya 1 jam perjalanan dari tempat saya. Atau ke Kalimalang? Halah . . . malah lebih jauh lagi. Kalau begitu mending pakai kampas rem motor yang lain saja. Tapi motor apa?

Setelah googling, berhasil menemukan beberapa artikel yang menulis bahwa kampas rem alias brake shoe, atau kadang disebut juga brake pad, milik TVS Apache sama persis dengan punya Supra X.

Langsung ngacir ke bengkel terdekat, dan pesan kampas rem Supra X. Seperti biasa, yang punya bengkel tanya, “Mau yang bagus apa yang biasa?” Saya pilih yang bagus. Harga 30 ribu rupiah, plus ongkos pasang 5 ribu. Deal.

Akhirnya saya disodori kampas rem bermerk Aspira, tapi mana tulisan Supra X-nya? Yang ada malah tulisan Suzuki, Tornado, dan Shogun. Hmm . . . mungkin sama juga.

Setelah antri sebentar, tiba giliran mekanik memasang kampas rem saya. Tak butuh waktu lama, kurang lebih 5 menit saja, itu kampas rem sudah sukses diganti.

Josss, benar-benar plug n play.

——————–

Artikel terkait:

28 comments

  1. Kayaknya ada yang pernah pasang di Ninjanya.. lupa

  2. Kalau kaliper remnya masih 2 piston.. Masih bisa subsitusi punya honda n suzuki karena sama.. Beda dengan kaliper punya yamaha…karena walaupun 2 piston..tapi beda ukuran..

  3. kampas depan shogun sama dgn supra juga… malah ‘katanya’ bagusan punya supra, lebih mahal juga..

  4. kayaknya pabrikan sudah kompak, jadi bisa saling subtitusi part…:D

  5. di cikarang sekarang sudah ada beres tvs..

  6. itu kampas remnya sama juga sama punya ninja, kapan2 kalo abis lagi boleh jajal merk bendix, ane pakai sendiri dan jual juga buat nambah2 receh…hahahaha sofar ga makan cakram + awet, pengereman mantab. harga cm beda dikit sama yg bagus… numpang promo 😛 slamat tahun baru om

  7. wah asik gak usah bingung, sukur bisa ketemu semua partany pake apa hehe

  8. kalau kampas rem belakang????

  9. gan kalo buat sil master rem dpan bisa substitusi pke ap ya?

Tulis komentarmu

%d bloggers like this: